?ech Bisa Lampaui James, Mustahil Lewati Seaman

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

?ech Bisa Lampaui James, Mustahil Lewati Seaman

Lewat kemenangan dua gol tanpa balas di kandang Aston Villa, Arsenal sempat mencuri puncak klasemen sementara. Lewat hasil yang sama, Petr ?ech menorehkan clean sheet Premier League ketujuhnya bersama Arsenal. Dengan kata lain itu merupakan clean sheet-nya yang ke-169 di Premier League. Di Villa Park, ?ech menyamai rekor clean sheet Premier League terbanyak sepanjang masa.

“Saya tidak benar-benar tertarik kepada rekor atau penghargaan pribadi. Namun ada beberapa pencapaian yang tidak dapat diabaikan dan berada di posisi yang memungkinkan saya memecahkan rekor clean sheet sepanjang masa tidak pernah terpikirkan sebelumnya,” ujar ?ech sebagaimana dikutip dari situs resmi Arsenal. “Ketika saya tiba, orang-orang membicarakan clean sheet dan rekor dan saya rasa 169 mustahil dicapai. Saya harus berada di sini sangat lama, bermain di setiap pertandingan dan tidak di setiap pertandingan kita mencatat clean sheet. Sebuah prestasi bisa mencapai titik ini.”

Rekor, menurut ?ech, lebih dari sekadar angka. Rekor adalah bukti konsistensi di level tertinggi. Catatan-catatan positif yang ditorehkan adalah kenangan di benak orang banyak.

“Saya senang orang-orang menyadari apa yang berusaha saya raih,” ujar penjaga gawang berkebangsaan Republik Cheska tersebut. “Sebagai pemain kita berusaha mencapai hal-hal yang membuat orang-orang mengingat kita. Tidak hanya mencetak satu gol atau satu penyelamatan, tapi memberi contoh bahwa ini bukan keajaiban satu musim atau satu pertandingan. Kita harus memastikan diri dapat bersaing dan tampil baik dalam setiap pertandingan, bahwa kita mempersiapkan diri dan memberi contoh konsistensi di level tertinggi selama mungkin. Saya senang dapat mencapai semua ini, orang-orang sadar bahwa saya telah bekerja keras untuk meraih ini. Penghargaan ini terasa luar biasa.”

Dengan clean sheet-nya yang ke-169 ?ech menyamai rekor David James. Mengingat James sudah tidak aktif bermain, ?ech berpeluang besar melampaui rekor James dan menjadi pencetak clean sheet Premier League terbanyak sepanjang masa. Penjaga gawang aktif yang jumlah clean sheet-nya paling dekat dengan ?ech adalah Mark Schwarzer (Leicester City) dengan 152 clean sheet.

?ech sebenarnya telah menduduki peringkat yang lebih tinggi dari James tanpa harus benar-benar meraih clean sheet ke-170. James menorehkan 169 clean sheet dalam 572 pertandingan bersama Liverpool (72 clean sheet), Aston Villa (21), West Ham (18), Manchester City (20), dan Portsmouth (39). ?ech, sementara itu, meraih jumlah clean sheet yang sama dalam 349 pertandingan saja; 162 di antaranya ia raih bersama Chelsea.

Sangat mungkin ?ech melampaui rekor James. Jika ada yang mustahil ia lakukan, itu pastilah melampaui rekor David Seaman sebagai peraih 138 clean sheet Premier League bersama Arsenal; terbanyak sepanjang masa.

Komentar