Siapa Mau Penyerang Dermawan?

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Siapa Mau Penyerang Dermawan?

Steven Naismith memang bukan pemain kelas dunia, namun ia jelas berpengalaman. Berkualitas atau tidak itu relatif, tapi yang jelas ia mencetak hattrick ke gawang Chelsea di Premier League musim ini; sebagai pemain pengganti pula. Dan kehadirannya di sebuah kota adalah jaminan kebahagiaan para pencari kerja. Everton dengan rela akan melepasnya jika peminat datang. Siapa cepat dia dapat, karena Norwich City sudah siap.

“Tawaran dari Norwich datang sangat terlambat dan saya tidak memiliki waktu untuk mencari penggantinya,” ujar manajer Everton, Roberto Martínez, sebagaimana diwartakan the Guardian, mengenai tawaran Norwich yang mereka tolak musim panas lalu. “Saya jujur kepada sang pemain dan berkata kepadanya ia terlalu penting bagi kesebelasan untuk dibiarkan pergi. Saat itu saya tidak tahu akan seperti apa Arouna Koné atau Gerard Deulofeu, namun saya memiliki gambaran jelas bahwa Steven masih akan memberi banyak kontribusi, dan memang terbukti demikian. Ia selalu tampil konsisten sejak saya datang ke sini, namun di usia 29 tahun saya dapat sepenuhnya paham keinginannya untuk pindah ke mana ia rasa ia dapat menjadi pemain utama.”

Musim ini Naismith jarang bermain sebagai starter. Dalam sembilan pertandingan Premier League, Naismith hanya empat kali bermain sejak menit pertama. Dan dalam empat pertandingan tersebut hanya satu kali ia bermain penuh. Posisi penyerang tengah musim ini menjadi milik Romelu Lukaku, sementara para pemain yang rutin bermain sebagai penyerang sayap adalah Arouna Koné dan Gerard Deulofeu.

“Saya menghargai Steven sebagai seorang pemain dan profesional. Ia mengerahkan seluruh kemampuannya dan ketika ia mengatakan sesuatu kita tidak bisa tidak mendengarkan. Saya tidak ingin kehilangan (Naismith) namun saya mengerti keadaannya. Saya rasa jika Naisy masih berusia 22 tahun ia akan dengan senang hati memperjuangkan tempat utama – kita memiliki kepercayaan diri di usia semuda itu – namun jika ia berusia 29 tahun dan tidak bermain sesering yang kita harapkan, tentu situasinya berbeda. Jika ia merasa kami dapat menawarkannya sesuatu yang dapat ia nikmati selama enam bulan kedepan maka semuanya dalam kendali; jika tidak kami akan membantunya menemukan kesebelasan baru.”

Dalam sembilan pertandingan musim ini Naismith baru mencetak tiga gol. Ketiganya ia cetak ke gawang Chelsea dalam pertandingan Premier League pekan kelima, saat Everton menang 3-1 di Goodison Park. Naismith masuk di menit kesembilan menggantikan Muhamed Beši? yang cedera.

Komentar