Arsenal dan Kutukan Matchday 6 di Olympiakos

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Arsenal dan Kutukan Matchday 6 di Olympiakos

Ada kabar buruk untuk pendukung Arsenal. The Gunners tidak pernah memenangi pertandingan tandang melawan Olympiakos. Tiga kali Arsenal bertanding di Georgios Karaiskakis, tiga kali Arsenal kalah. Dan ketiga pertandingan tersebut sama-sama digelar pada matchday 6, seperti pertandingan kali ini.

Ini bukan menakut-nakuti. Memang seperti itu adanya. Tidak termasuk musim ini, Arsenal tiga kali berada dalam satu grup yang sama dengan Olympiakos. Kesebelasan berjuluk Kokkinoi tersebut selalu berhasil mengalahkan Arsenal jika bermain kandang di matchday 6: Olympiakos 1-0 Arsenal musim 2009/10, Olympiakos 3-1 Arsenal (2011/12), dan Olympiakos 2-1 Arsenal (2012/13). Jika sejarah memang memiliki kecenderungan untuk berulang, tak perlulah para pendukung Arsenal berharap menang.

Namun tunggu dulu. Perlu diperhatikan kepentingan Arsenal dalam ketiga kekalahan tersebut: dalam ketiga pertandingan tandang melawan Olympiakos di matchday 6 status Arsenal selalu sudah dipastikan lolos.

Pertandingan musim 2009/10 menentukan bagi Olympiakos, namun tidak bagi Arsenal. Kalah pun Arsenal lolos, sementara kemenangan 1-0 ini membawa Olympiakos melaju ke 16 besar. Musim 2011/12, kemenangan hanya membawa Olympiakos menduduki peringkat ketiga. Arsenal yang kalah, lolos sebagai juara grup, dengan Olympique de Marseille di belakang mereka. Musim 2012/13 Olympiakos kembali harus puas menduduki peringkat ketiga lewat kemenangan atas Arsenal, yang duduk di peringkat kedua dan hanya berselisih satu angka dengan mereka.

Kepentingan Arsenal kali ini berbeda dengan tiga pertandingan sebelumnya sehingga bisa saja hasilnya pun berbeda. Bisa saja Arsenal menang namun mereka harus ingat bahwa menang 1-0 atau 2-1 saja tidak akan membawa mereka ke fase gugur. Olympiakos sendiri hanya membutuhkan hasil imbang.

Pertandingan dini hari nanti akan sama-sama berat untuk kedua kesebelasan. Esteban Cambiasso dan Omar Elabdellaoui (Olympiakos) sama-sama akan dijatuhi larangan bertanding jika mendapat kartu kuning di pertandingan ini. Begitu juga dengan Joel Campbell dan Mesut Özil (Arsenal). Namun, mengingat pertandingan ini sangat menentukan, keempat pemain tersebut sangat mungkin tidak disimpan.

Sementara Cambiasso dan Elabdellaoui akan tetap dimainkan, tidak begitu halnya dengan Felipe Pardo, Giannis Maniatis (kapten kesebelasan), dan Andreas Bouchalakis yang masih cedera. Arsenal sendiri tidak akan bermain tanpa Santi Cazorla, Alexis Sánchez, Francis Coquelin, Mikel Arteta, Jack Wilshere, Tomáš Rosický, dan Danny Welbeck.

Komentar