Yakin Lolos Grup Liga Champions, Van Gaal Pesimis Juara

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Yakin Lolos Grup Liga Champions, Van Gaal Pesimis Juara

Manchester United dan Wolfsburg akan saling bertemu dalam partai lanjutan grup B Liga Champions Eropa Selasa (8/12) waktu Jerman. Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan agar langsung mendapat kepastian bisa berlaga di fase selanjutnya.

Lolosnya  United atau Wolfsburg memang dipengaruhi juga oleh hasil pertandingan di tempat lain, yaitu laga yang mempertemukan antara PSV Eindhoven dengan CSKA Moskow. Namun kemenangan pada laga yang akan digelar di Volkswagen arena akan mengunci satu tiket ke babak 16 besar.

Pelatih MU, Louis Van Gaal, percaya diri bisa mengalahkan tuan rumah Wolfsburg dan melenggang ke babak selanjutnya.“Ya, kami yakin bisa mengalahkan mereka pada pertandingan nanti, karena kami sudah pernah melakukannya, (mengalahkan Wolfsburg) di kandang kami sendiri,” sebut Van Gaal ketika ditanya mengenai peluang kemenangan timnya.

“Saya tahu Wolfsburg tidak akan terlalu banyak menyerang, hasil imbang saja sudah cukup untuk membuat mereka lolos. Kami lebih banyak membuat peluang gol di kompetisi Eropa dibandingkan ketika bermain di Liga Inggris, jadi saya yakin kami akan mencetak gol,” tambah Van Gaal seperti yang dilansir The Guardian.

Meskipun percaya diri dengan tren positif selama bermain di Eropa, Van Gaal wajib waspada karena tim asuhannya sudah sebanyak empat kali bermain imbang tanpa gol dari sembilan pertandingan terakhir mereka.

Tuan rumah Wolfsburg membutuhkan kemenangan nanti bukan hanya sebagai penentu lolos tidaknya ke fase knock-out, tetapi mereka juga ingin mengobati luka setelah dikalahkan oleh Borussia Dortmund pada akhir pekan lalu yang sekaligus merusak rekor 29 pertandingan tanpa kalah mereka di kandang.

Bukan hanya urusan bertahan, lini serang Wolfsburg juga menunjukan hasil impresif. 20 dari 23 gol yang dicetak Julian Draxler dan kawan-kawan sepanjang Bundesliga musim ini dihasilkan kala mereka berlaga di kandang sendiri.

Menghadapi Wolfsburg yang tangguh di kandang, sementara permasalahan lini serang masih belum bisa dipecahkan oleh pelatih asal Belanda ini. Manchester United dan Van Gaal bisa berharap keberpihakan sejarah kepada mereka.

United memiliki rekor bagus kala berhadapan dengan tim Jerman. Dari 29 laga ketika bermain melawan tim peserta Bundesliga, United berhasil menang sebanyak 14 kali, tujuh kali imbang, dan delapan kali menelan kekalahan. Mencetak 51 gol dan kemasukan 32 gol.

Rekor Pertemuan United dan Wolfsburg Kala Berhadapan Dengan Tim-Tim Lain Dari Kedua Negara
Rekor Pertemuan United dan Wolfsburg Kala Berhadapan Dengan Tim-Tim Lain Dari Kedua Negara

Sementara tuan rumah Wolfsburg baru sekali menang atas tim Inggris baik dalam laga kandang ataupun tandang. Yaitu ketika mereka mengalahkan Portsmouth dengan skor 3-2 di kompetisi UEFA Cup tahun 2008.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 8 September 2012, di venue yang sama dengan laga yang akan digelar nanti. Satu gol yang dicetak oleh Edin Dzeko dibalas oleh Hat-trick Michael Owen.

Selebrasi Michael Owen Kala Cetak Hat-trick Ke Gawang Wolfsburg
Selebrasi Michael Owen Kala Cetak Hat-trick Ke Gawang Wolfsburg

Meski optimis timnya akan memenangkan pertandingan dan melaju ke babak selanjutnya, Van Gaal tak yakin skuat asuhannya tersebut bisa menjadi mengakhiri kompetisi sebagai juara.

“Saya tidak yakin kami bisa menjuarai Liga Champions musim ini. mungkin tahun depan, ketika kami sudah lebih kuat, kami pikir kami bisa mengalahkan siapapun, tetapi kami juga harus bersikap realistis kalau kami tidak cukup bagus untuk memenangkan Liga Champions musim ini” ujar Van Gaal seperti yang diwartakan Sky Sports

Foto : dailystar.co.uk , dailymail.co.uk, dan uefa.com

Komentar