Kemenangan Beruntun Kelima Juventus yang Pertama dalam Setahun

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Kemenangan Beruntun Kelima Juventus yang Pertama dalam Setahun

Kemenangan dua gol tanpa balas di kandang Lazio tidak hanya mengangkat Juventus ke peringkat kelima. Kemenangan tersebut juga menandai kemenangan kelima Juventus dalam lima pertandingan Serie A terakhir mereka. Tercatat, terakhir kali Juventus menorehkan catatan ini pada Oktober 2014 – lebih dari satu tahun lalu.

Satu tahun satu bulan dan 29 hari, tepatnya; atau 60 minggu lima hari telah berlalu sejak Juventus terakhir kali meraih kemenangan dalam rangkaian lima atau lebih kemenangan Serie A secara beruntun. Saat itu Juventus meraih enam kemenangan dalam enam pertandingan pertama Serie A 2014/15.

Dalam lima pertandingan pertama (Chievo Verona 0-1 Juventus, Juventus 2-0 Udinese, Juventus 0-1 AC Milan, Juventus 3-0 AC Cesena, Juventus 0-3 Atalanta) Juventus malah tidak kebobolan sama sekali. Barulah pada pertandingan keenam mereka kebobolan dua kali ketika menjamu AS Roma dalam pertandingan yang skor akhinya adalah 3-2 untuk kemenangan Juventus. Rangkaian kemenangan berhenti di pekan ketujuh, 1-1 melawan Sassuolo.

Setelah enam kemenangan beruntun tersebut, sedekat-dekatnya Juventus dengan enam (atau lima) kemenangan beruntun adalah pada pekan kesepuluh hingga 13 di musim 2014/15 (Empoli 0-2 Juventus, Juventus 7-0 Parma, Lazio 0-3 Juventus, Juventus, 2-1 Torino; terhenti di pekan ke-14: Fiorentina 0-0 Juventus) dan pekan ke-26, hingga ke-29 di musim yang sama (Juventus 1-0 Sassuolo, Palermo 0-1 Juventus, Juventus 1-0 Genoa, Juventus 2-0 Empoli; terhenti di pekan ke-30: Juventus 0-1 Parma).

Jangankan menyamai catatan mereka awal musim lalu, dalam sepuluh pertandingan pertama mereka di Serie A musim ini Juventus hanya tiga kali menang. Jumlah kekalahannya lebih banyak: empat, dan yang terbaru adalah 0-1 melawan Sassuolo di pekan kesepuluh. Namun setelahnya, Juventus hanya mengenal kemenangan.

Rangkaian lima pertandingan selalu menang ini dimulai dengan kemenangan kandang 2-1 atas Torino. Empat kemenangan berikutnya pun mengikuti: Empoli 1-3 Juventus, Juventus 1-0 AC Milan, Palermo 0-3 Juventus, dan Lazio 0-2 Juventus. Peringkat Juventus pun terus naik, dari peringkat 12 ke peringkat 10 ke peringkat 7 ke peringkat 6 lalu ke peringkat 5.

“Para pemain mengalahkan kesebelasan yang sangat hebat malam ini,” ujar Massimiliano Allegri, pelatih kepala Juventus, selepas pertandingan. “Pertandingan ini tidak mudah, terutama ketika energi fisik dan mental banyak terkuras, seperti yang kami alami sebelum jeda karena menekan mati-matian. Saya senang melihat betapa rapatnya kami. Kadang kita memiliki penguasaan bola yang lebih sedikit, namun penting untuk tetap solid. Kami bisa bermain lebih baik setelah jeda, namun yang penting kami menang.”

Sementara itu kapten Juventus, Gianluigi Buffon, mengingatkan bahwa kemenangan ini bukan apa-apa.

“Bahkan setelah malam ini kami belum mencapai apa pun,” ujar Buffon sebagaimana dikutip dari situs resmi Juventus. “Kami memenangi pertandingan yang sangat sulit dan membawa kami terus berada di jalur yang benar namun sebaiknya kita tidak lupa, bahkan jika hasil semua pertandingan besok menguntungkan kami, kami hanya akan berada di peringkat empat. Juventus tidak bisa menduduki peringkat empat. Kami lebih baik dari itu.”

Komentar