Kenangan Welbeck dalam Persiapan Desember Arsenal

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Kenangan Welbeck dalam Persiapan Desember Arsenal

Di antara semua pemain Arsenal, Danny Welbeck mungkin adalah yang paling bersemangat menyambut kedatangan Sunderland di Emirates Stadium dalam lanjutan Premier League Sabtu (5/12) ini. Eks penyerang Manchester United tersebut pernah bermain selama satu musim penuh bersama the Black Cats.

“Yeah, Sunderland adalah satu tahun yang luar biasa bagiku. Itu pengalaman yang baik, aku belajar banyak hal dari pengalaman itu dan itu adalah titik balik dalam karirku karena saat itulah aku menjalani masa pinjaman di kesebelasan Premier League pertama kali,” ujar Welbeck berkisah sebagaimana dikutip dari situs resmi Arsenal.

“Tentu saja lingkungan baru juga menjadi bagian dari pengalaman itu – pindah dan tinggal sendiri,” lanjutnya. “Aku tinggal di Newcastle dan tempat latihan dapat dicapai dalam sekitar 15 menit namun aku harus belajar memasak dan mencuci sendiri. Sebelumnya aku tinggal bersama ibu dan keluargaku, jadi pengalaman itu menjadi pengalamanku belajar banyak hal dan itu adalah satu tahun dan pengalaman yang luar biasa.”

Selain mendewasakan Welbeck sebagai manusia, pengalamannya di Sunderland juga membuatnya lebih matang sebagai pemain. Welbeck hanya bermain sebanyak delapan kali dalam dua musim pertamanya di Premier League. Setelah pulang dari Sunderland, Welbeck tampil dalam 30 pertandingan Premier League 2011/12 bersama United; lebih banyak dari jumlah pertandingannyanya bersama Sunderland musim sebelumnya, 26.

“Steve Bruce (manajer Sunderland) baik kepadaku. Ia memberiku kesempatan bermain di Premier League dan seingatku kami memenangi cukup banyak pertandingan musim itu,” ujar Welbeck. “Aku sering tampil dan ia benar-benar percaya kepadaku sepanjang musing. Aku sangat menghargai itu.”

Welbeck mencetak enam gol dalam 26 pertandingan Premier League bersama Sunderland. Melawan Sunderland sendiri ia sudah sembilan kali; tujuh kali di Premier League dan dua lainnya di Capital One Cup. Dalam sembilan pertandingan tersebut Welbeck menang empat kali, semuanya di Premier League (tiga saat bermain untuk Manchester United dan satu saat bermain untuk Arsenal); namun tidak sekali pun Welbeck berhasil mencetak gol ke gawang Sunderland.

Dan ia jelas tidak akan mencetak gol ke gawang Sunderland kali ini. Welbeck tidak akan tampil karena masih cedera; sama seperti Alexis Sánchez, Francis Coquelin, Santi Cazorla, dan Mikel Arteta. Kabar baiknya, Laurent Koscielny dan Theo Walcott kemungkinan sudah siap bermain kembali. Kieran Gibbs, sementara itu, dipastikan sudah cukup bugar untuk bermain penuh.

“Ya (saya senang November telah berakhir) karena dalam beberapa pekan kebelakang kami kehilangan Francis, Alexis, dan Santi – pada dasarnya tiga pemain dalam dua pertandingan,” ujar Arsène Wenger sebagaimana dikutip dari situs resmi Arsenal. “Tentu saja itu terlalu banyak, namun mudah-mudahan Theo akan sembuh dalam waktu dekat, dan Koscielny juga siap bermain kembali.”

Arsenal saat ini menduduki peringkat keempat dengan 27 poin, dua poin di belakang Manchester City yang sementara ini memimpin klasemen. Sunderland sendiri berada di peringkat 17 dengan 12 angka, tepat di atas zona degradasi dan hanya berselisih dua angka dengan AFC Bournemouth dan Newcastle United.

Komentar