Sterling Temukan Pengganti Suárez

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Sterling Temukan Pengganti Suárez

Kevin De Bruyne dan Luis Suárez jelas bukan dua pemain yang sama. Keahlian keduanya berbeda. Sementara Suárez mahir mencetak gol, keahlian De Bruyne adalah membantu pemain-pemain lain mencetak gol. Terlepas dari perbedaan tersebut, Raheem Sterling – yang pernah bermain bersama Suárez di Liverpool dan sekarang bermain bersama De Bruyne di Manchester City – melihat kesamaan antara kedua pemain tersebut: sama-sama jaminan terciptanya gol.

“Bersama Suárez, begitu ia masuk dan berada di sekitar kotak penalti, kita tahu apa yang bisa ia lakukan – biasanya sebuah gol tercipta,” ujar Sterling sebagaimana dikutip dari The Guardian. “Bersama Kevin sama adanya, ia mencari pemain lain ... lihat saja jumlah assist yang sudah ia cetak dan ia juga secara reguler mencetak gol.”

Semasa bermain untuk kesebelasan Jerman, VfL Wolfsburg, De Bruyne dikenal sebagai raja assist. Dalam 73 pertandingan di semua kejuaraan, De Bruyne mencetak 37 assist untuk Wolfsburg. Puncaknya adalah musim lalu, ketika ia mencetak 28 assist di Bundesliga, DFB-Pokal, dan Europa League.

Termasuk di antara banyak orang di dunia yang menyadari keahlian De Bruyne melepas umpan-umpan kunci dengan ketepatan yang baik hingga mempermudah pemain lain mencetak gol adalah Sterling.

“Sejujurnya saya tidak banyak memerhatikannya saat ia di Chelsea,” ujar Sterling, masih dikutip dari sumber yang sama. “Tidak banyak dari kita yang memperhatikannya. Namun jika Anda melihatnya di Jerman, jumlah keterlibatannya dalam gol, jelas sekali bahwa ia pemain bagus. Datang ke Inggris selalu menjadi ujian bagi para pemain, (tidak mudah) bermain secara reguler dan berkontribusi sebanyak dirinya. Ia pantas mendapat pujian, ia luar biasa.”

Luar biasa mungkin benar, namun De Bruyne jelas bukan yang terbaik. Enam assist dalam sepuluh pertandingan Premier League jelas terhitung catatan yang baik, namun ada pemain yang lebih baik darinya dalam urusan jasa bantuan mencetak gol. De Bruyne tepat berada di belakang raja assist Premier League musim ini, Mesut Özil. Pemain Arsenal tersebut telah mengumpulkan sebelas assist di Premier League.

Secara keseluruhan De Bruyne terlibat langsung dalam sepuluh dari tiga puluh gol Manchester City di Premier League musim ini. Rinciannya, dalam sepuluh pertandingan, pemain berkebangsaan Belgia ini mencetak empat gol dan enam assist. Sementara itu pemain yang menyamakan dirinya dengan Suárez, Raheem Sterling, baru mencetak empat gol dan dua assist.

Komentar