Messi, Florenzi, dan Wendell, Kandidat Peraih Pusk?¡s Award

Berita

by redaksi

Messi, Florenzi, dan Wendell, Kandidat Peraih Puskás Award

Sejak tahun 2009, federasi sepakbola internasional FIFA menominasikan tiga gol terbaik yang terjadi pada setahun kebelakang. Penghargaan itu sendiri dinamakan Puskas Awards sebagai bentuk penghargaan terhadap legenda sepakbola Hungaria, Ferenc Puskas yang terkenal sebagai pemain yang sering mencetak gol dengan cara tidak biasa.

Kriteria yang menjadi hitungan dari penghargaan ini bukan saja secara estetik bagaimana gol tersebut diciptakan, prosesnya pun menjadi penilaian tersendiri. Apakah gol tersebut merupakan suatu kebetulan atau bukan, kemudian nilai fair play yang terkandung ketika gol ini diciptakan, dan terakhir karena penghargaan ini bersifat terbuka juga merangkum seluruh pertandingan secara global maka tidak tertutup kemungkinan gol dari turnamen amatir pun ikut masuk nominasi, juga gol dari kompetisi sepakbola perempuan.

Pemberian penghargaan sendiri diberikan bersamaan dengan pemberian penghargaan pemain terbaik dunia atau Ballon DÂ’Or. Sejak tahun 2009 kebanyakan gol terbaik berasal dari turnamen-turnamen besar, seperti Piala Dunia, Piala Eropa dan liga-liga top Eropa. Hanya gol yang dicetak Neymar dan berhasil meraih penghargaan pada 2011 menjadi satu-satunya gol terbaik yang dicetak di kompetisi major dan liga top Eropa.

Pemenang pertama dari penghargaan ini adalah Cristiano Ronaldo, dengan gol yang dicetak saat klubnya saat itu Manchester United berhadapan dengan FC Porto pada perempat final UEFA Champions League 15 April 2009. Ronaldo melepaskan sebuah sepakan keras dari jarak yang sangat jauh dan menaklukan penjaga gawang Helton.



Nominasi Tahun Ini

Seperti yang dilansir laman resmi FIFA, Ada tiga nominasi yang akan memperebutkan penghargaan pada tahun ini. Tiga nominasi ini berasal dari 10 kandidat lain yang sudah disaring terlebih dahulu oleh komite FIFA. Dan dengan peforma luar biasa pada awal hingga tengah tahun 2015 ini, masuknya nama Leo Messi sebagai nominator jelas tidak mengherankan.

La Pulga mencetak sebuah gol brilian kala timnya Barcelona berhadapan dengan Athletic Bilbao pada ajang Copa Del Rey musim lalu. Messi menggiring bola dari sisi kanan pertahanan lawan melewati tiga orang pemain, kemudian merangsek masuk ke kotak penalti, memperdaya seorang pemain bertahan lagi, kemudian mengakhiri dengan sebuah sepakan kaki kiri yang menaklukan Gorka Iraizoz.

Penantang pertamanya adalah Alessandro Florenzi, yang mencetak gol indah melalui sepakan dari jarak sekitar 60 yard, saat AS Roma berhadapan dengan Barcelona di babak penyisihan grup Liga Champions pada september lalu. Uniknya partai tersebut merupakan partai ke 100 di Liga Champions Messi yang juga menjadi nominator penghargaan.

Satu gol lain, adalah atas nama Wendell Lira saat Goianesia berhadapan dengan Atletico Goianese di kompetisi Campeonato Goiano yang merupakan kompetisi lokal di negara bagian Goias, Brasil. Menerima umpan di dekat kotak penalti, Wendell menyelesaikannya dengan sebuah bicycle kick yang menjebol gawang lawan.

Yang mana gol nominasi Puskas Awards Favoritmu?

Gol Nominasi Puskas Awards 2015




Sumber Foto : FIFA.com

Komentar