Peluang Lolos Arsenal Terjaga, Namun Tetap Kecil

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Peluang Lolos Arsenal Terjaga, Namun Tetap Kecil

Kedua pertandingan matchday lima Grup F Champions League 2015/16 dimenangi oleh kesebelasan tuan rumah, Bayern München dan Arsenal. Bayern menang 4-0 atas Olympiakos di Allianz Arena sementara Arsenal menang tiga gol tanpa balas ketika menjamu Dinamo Zagreb di Emirates Stadium. Dengan hasil ini Bayern dipastikan lolos sebagai pimpinan klasemen sementara Arsenal tetap terbuka peluangnya untuk lolos ke 16 besar.

Arsène Wenger, manajer Arsenal, tampak puas dengan kemenangan yang tercipta berkat satu gol Mesut Özil (29’) dan dua gol Alexis Sánchez (33’, 69’) tersebut. Dengan kemenangan atas Zagreb dan kekalahan Olympiakos dari Bayern, Arsenal terbebas dari kemungkinan mengakhiri fase grup di peringkat keempat. Kesebelasan berjuluk the Gunners tersebut sekarang menduduki peringkat ketiga dengan jumlah poin enam, tiga angka di belakang Olympiakos yang akan menjadi lawan mereka di matchday enam.

“Kami bermain dengan kecepatan yang baik, bermain dengan kualitas permainan yang kami harapkan,” ujar Wenger dalam jumpa pers setelah pertandingan. “Saya yakin kecepatan pergerakan dan umpan kami merepotkan Zagreb. Dari sana, begitu kami mencetak gol pertama, Anda lihat sendiri peluang berdatangan. Penting bagi kami untuk tidak kebobolan gol pertama seiring dengan berbahayanya kami ketika menyerang. Secara keseluruhan kami mengontrol kualitas permainan dengan baik.”

Setelah mengalahkan Zagreb, tugas Arsenal tinggal satu: mengalahkan Olympiakos di Georgios Karaiskakis pada 9 Desember dengan skor akhir yang bukan 1-0 atau 2-1; karena jika Arsenal menang dengan skor itu, mereka akan tetap tertahan di peringkat ketiga dan karenanya gagal lolos ke 16 besar.

“Apa yang kami inginkan adalah menyudahi pertandingan ini dengan peluang lolos dan kami perlu menyelesaikan tugas dan Bayern München juga perlu menyelesaikan tugas dan mereka menyelesaikannya dengan baik,” ujar Wenger, masih dalam kesempatan yang sama. “Itu memberi kami peluang namun seberapa besar peluangnya saya tidak tahu. Saya yakin kami bisa lolos.”

Skenario paling aman untuk Arsenal adalah menang dengan selisih dua gol atau setidaknya bisa membalas kekalahan 2-3 di Emirates Stadium. Mengenai hal ini, Wenger berujar: “Kami hanya perlu menang. Mungkin kemenangan saja tidak akan cukup, namun maksud saya adalah jika kami unggul 1-0 maka kami akan dalam situasi di mana kami mungkin gagal dan di mana kami mungkin berhasil, jadi kami harus berusaha memenangi pertandingan (dengan selisih gol yang dibutuhkan). Jika bisa menang 1-0, maka menang 2-0 pun bisa. Ini adalah pertandingan yang harus kami menangi dan tugas kami di sini jelas.”

Komentar