Kerinduan Nolito pada Sang 'Ayah' Mungkinkan Kepindahannya ke Barcelona

Berita

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Kerinduan Nolito pada Sang 'Ayah' Mungkinkan Kepindahannya ke Barcelona

Terus meroket menjadi salah satu pemain yang diperhitungkan di kancah La Liga Spanyol, penyerang sayap Celta Vigo dan tim nasional Spanyol, Manuel Nolito Agudo Duran, ternyata tak lupa akan jasa seorang Luis Enrique. Pelatih yang kini membesut tim senior Barcelona tersebut pernah mendongkrak permainan dan kepercayaan diri Nolito sejak di Barca B dulu.

“Luis (Enrique) banyak memberikanku pelajaran yang berharga saat empat tahunku bersamanya di Barca B. Semua bagian terbaik dari sepakbola dan yang buruknya. Ia sangat percaya kepada kemampuanku,” ungkap Nolito kepada Sportium seperti yang dikutip dari laman Sport. “Ia (Luis Enrique) merupakan ayahku dalam karier keolahragaanku,” imbuh Nolito.

Tak sulit memang untuk Nolito berkata demikian karena Luis Enrique-lah yang menemukan bakat Nolito saat masih berseragam Ejica Balompie, salah satu langganan penghuni divisi segunda B (setara dengan divisi tiga) sepakbola Spanyol. Total 106 pertandingan Nolito mainkan dibawah asuhan Luis Enrique di Barca B saat itu.

“Saat di Barcelona B, Luis Enrique meyakinkan diriku bahwa saya bisa mencari nafkah dan penghidupan dari sepakbola. Luis Enrique pun terus menyuruhku untuk terus meningkatkan kemampuan serta melakukan diet agar diriku bisa mengeluarkan seluruh potensi terbaik saat bermain.” ujar pemain yang kini berumur 29 tahun tersebut.

“Saran-sarannya sangat penting untuk diriku saat terus melangkah dalam jenjang karir sepakbolaku. Aku selalu berharap yang terbaik untuknya (Luis Enrique),” sambung Nolito.

Setelah sempat melanglang buana ke Portugal bersama Benfica, Luis Enrique yang kembali melatih keseblasan Spanyol lainnya yaitu Celta Vigo, tak ragu untuk membawa kembali sang anak emasnya tersebut untuk memperkuat Celta di musim 2013-14. Sayang, saat Luis Enrique melatih tim utama Barcelona pada awal musim 2014-15 lalu, Nolito tak disertakan dalam reuninya di Camp Nou.

Perkembangan pesat Nolito seiring umurnya yang semakin matang juga membuat dirinya kini diwaspadai permainannya oleh para lawan di La Liga bersama Celta. Total tujuh gol dan empat assist sampai saat ini membuat namanya kian mentereng.

Baca juga:

Eduardo Berizzo, Pelatih Argentina yang Mendongkrak Performa Celta Vigo

Nolito yang Mematikan dan Barcelona yang Kedodoran


Bahkan saat Celta berhasil menundukkan Barca beberapa pekan yang lalu, Luis Enrique sudah mewanti-wanti bahwa mantan anak didiknya tersebut  akan bermain luar biasa jika ia pada hari terbaiknya. Benar saja, Nolito menyumbangkan satu gol dan satu assist. Berkat permainannya yang  terus menanjak, ia juga dipanggil oleh Vicente del Bosque dalam skuat tim nasional Spanyol dan beberapa media Sapnyol mulai menghubung-hubungkan dirinya untuk reuni dengan Luis Enrique di Camp Nou.

“Saat ini aku tenang, aku mencoba fokus dan menjauhi gosip-gosip transfer yang menyangkut dengan masa depanku,” ujar Nolito saat ditanya tentang ketertarikan Barcelona.

“Aku tidak akan pernah bilang tidak jika itu (Barcelona memboyong dirinya) memang terjadi. Tapi aku saat ini senang berada di kota Vigo dan akan menghormati Celta Vigo,” sambung Nolito.

Pihak Barcelona sendiri yang diwakili oleh Robert Fernandez, direktur olahraga mereka telah berujar bahwa Blaugrana tidak menutup kemungkinan untuk merekrut Nolito dan bisa saja (merekrut Nolito) tersebut adalah kemungkinan yang paling terbaik.

“Ia adalah pemain yang bagus dan sedang menjalani performa terbaiknya. Ia juga menjadi bagian dari tim nasional Spanyol yang mana itu adalah hal yang bagus bagi dirinya,” ungkap Fernandez kepada stasiun RAC1 yang dinukil dari harian Marca. “Kita mengetahui tentang situasi (kontrak) dirinya bersama Celta, akan tetapi kami (Barca) mempunyai beberapa opsi yang lainnya."

Menarik untuk ditunggu apakah kelanjutan saga transfer sang anak (Nolito) dan sang ayah (Luis Enrique) ini akan kembali bereuni di Camp Nou atau pihak Barcelona lebih memlilih pemain lain sebagai tujuan transfer di musim dingin bulan Januari nanti.

Sumber gambar: insidespanishfootball

Komentar