Ekspansi Perusaahaan Tiongkok ke Kota Barcelona

Berita

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ekspansi Perusaahaan Tiongkok ke Kota Barcelona

Sejak sepuluh tahun terakhir, La Liga Spanyol didatangi beberapa investor asing termasuk dari benua Asia. Tercatat nama-nama Syaikh Abdullah bin Nasser Al Thani saat mengakuisisi Malaga CF pada tahun 2010 silam dan Peter Lim mengambil alih kesebelasan Valencia CF di medio 2014 lalu.

Kini, yang terbaru, salah satu kesebelasan asal Barcelona yaitu RCD Espanyol dikabarkan 56% sahamnya diambil alih oleh perusahaan asal Tiongkok yaitu, Rastar Group. Kabar ini dibenarkan dan telah dirilis langsung oleh pihak kesebelasan Espanyol lewat laman resminya pada 4 November lalu. Tak lupa juga mereka berterimakasih pada presiden Rastar Group yaitu Chen Yansheng atas keputusannya untuk memperkuat klub ini.

Mantan presiden Espanyol yang juga salah satu pemegang saham di klub, Daniel Sanchez Llibre, menyatakan pengakuisisian itu tak boleh dilewatkan. Hal ini cukup masuk akal mengingat Espanyol dikabarkan terlilit hutang perihal pajak kepada pemerintah Spanyol dan pihak Rastar Group siap untuk menanggung pembayaran pajak tersebut.

“Dengan masuknya Rastar Group, maka akan menghadirkan garansi berupa stabilitas dalam klub ini. Espanyol akan menuju arah yang lebih baik lagi, setidaknya mampu untuk bersaing di posisi empat, lima atau enam di papan klasemen Liga Spanyol,” ungkap Sanchez  kepada AS seperti yang dinukil dari laman Football-Espana.

Daniel Sanchez yang sudah menjabat di posisi presiden klub selama 14 tahun sejak kurun 1997 hingga 2011 itu sangat mengerti betul kondisi internal dari kesebelasan yang berjuluk Los Periquitos tersebut. Bahkan  Sanchez menyebut bahwa masuknya Rastar Group mampu mengakhiri penderitaan dari Espanyol.

“Ini adalah proyek yang luar biasa, aku mengetahui betul Mr. Chen dan proyeknya. Investasi yang ditujukan untuk klub ini akan mencapai nilai 65 juta euro sampai 100 juta euro. Sebagian besar mungkin akan dibayarkan hutang dan tanggungan pajak klub ini,” sambung Sanchez.

Baca juga: "Ketika Barcelona Edisi KW Bertemu Espanyol Ori"

Sedangkan Chen Yansheng langsung berjanji akan mempertahankan tradisi dan nilai luhur dari kesebelasan Espanyol. Bahkan ia sendiri mengakui sangat mengikuti perkembangan Liga Spanyol dan ia mengetahui banyak tentang Espanyol dalam sesi wawancara di awal perkenalannya yang dikutip dari laman Mundo Deportivo.

“Kami (Rastar Group) menyukai klub ini karena sejarahnya dan ini adalah tradisi yang sangat panjang. Kami percaya dan yakin betul Espanyol memiliki masa depan yang cerah,” ungkap Chen.

“Para warga Tiongkok sangat mengikuti sepakbola Spanyol dan dengan kedatangan kita ke sini (Espanyol) akan mencoba mengambil kesempatan dengan liga terbaik ini untuk membuka pasar di Tiongkok. Kami akan berusaha menjadi contoh bagi perusahaan Tiongkok yang lain,” sambung sang presiden Rastar Group tersebut.

Rastar Group yang bergerak dalam bidang model mobil dan dan bisnis bahan baku ini dikabarkan akan menempatkan Chen Yansheng sebagai presiden klub menggantikan presiden saat ini yaitu Joan Collet. Sedangkan untuk rencana transfer pada bulan Januari ini mungkin tak ada transfer besar-besaran mengingat Rastar Group akan terlebih dahulu memfokuskan pada pelunasan hutang-hutang mereka.

Skuat Espanyol akan dibangun secara bertahap dan sangat dipercayakan kepada sang pelatih Sergio Gonzalez dan direktur olahraga mereka, Oscar Pernau. Pembelian pemain sesuai kebutuhan dan yang tersedia di bursa transfer menjadi prioritas mereka dan bukan tak mungkin, bursa transfer musim panas di awal 2016-2017 nanti menjadi kebangkitan kesebelasan Espanyol di kancah La Liga.

Baca juga: "Andres Iniesta; Sang Juru Damai Espanyol dan Barcelona"

Sumber gambar: Marca

Komentar