Sedikit Peningkatan Liverpool pada Kemenangan Pertama Klopp

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Sedikit Peningkatan Liverpool pada Kemenangan Pertama Klopp

Jürgen Klopp meraih kemenangan pertamanya bersama Liverpool di ajang Capital One Cup. Ia mengaku puas dan merasakan sesuatu yang lebih menyenangkan dari bermain imbang. Dari segala hal yang terjadi sebelum, selama, dan setelah pertandingan, tampaknya pertandingan ini tidak hanya meninggalkan kesan mendalam untuk Klopp.

Klopp bermain imbang tanpa gol pada pertandingan pertamanya sebagai manajer Liverpool, melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane di ajang Premier League. Pada dua pertandingan setelahnya Klopp membawa Liverpool mencetak masing-masing satu gol di tiap pertandingan, tapi dalam dua pertandingan itu The Reds juga kebobolan satu kali di masing-masing pertandingan.

Pada pertandingan keempatnya, melawan AFC Bournemouth di ajang Capital One Cup, Klopp lagi-lagi menyaksikan kesebelasannya mencetak satu gol. Bedanya dengan pertandingan-pertandingan yang dijalani sebelumnya: Liverpool menjadi satu-satunya kesebelasan yang mencetak gol. Mereka tidak kebobolan.

Bisa jadi ini adalah bukti bahwa Liverpool, sedikit demi sedikit, mengalami peningkatan. Dari tidak mampu mencetak gol ke dapat mencetak gol tapi kebobolan lalu dapat mencetak gol dan clean sheet dalam satu pertandingan yang sama. Jika benar ini adalah indikasi peningkatan, maka Klopp harus membuktikannya di Stamford Bridge, melawan Chelsea, 31 Oktober nanti.

Gol tunggal Liverpool tercipta pada menit ke-17 setelah João Teixeira, debutan kesebelasan utama, mengelabui Adam Federici, penjaga gawang Bournemouth. Pergerakan Teixeira memudahkan Nathaniel Clyne mencetak gol ke gawang yang ditinggalkan penjaganya. Clyne, sejak bergabung dari Southampton, belum pernah mencetak gol untuk Liverpool. Gol ke gawang Bournemouth adalah gol pertamanya untuk kesebelasan barunya.

Selain Teixeira, dua pemain lain menjalani debut di pertandingan ini: Connor Randall dan Cameron Brannagan. Ketiganya mendapat kesempatan karena berhasil membuat Klopp terkesan dalam latihan.

“Saya sudah berada di sini sekitar dua minggu dan saya melihat pemain-pemain ini di latihan, dan bukan hanya mereka namun juga Pedro (Chirivella) dan (Jerome) Sinclair,” ujar Klopp sebagaimana dikutip dari situs resmi Liverpool. “Mereka menghabiskan kebanyakan waktunya di latihan bersama kami (kesebelasan utama). Saya melihat mereka dan jelas sudah, jika saya memiliki peluang untuk diberikan kepada mereka, saya akan memberikannya.”

Sebagaimana ia puas dengan penampilan tiga pemain debutannya, Klopp juga merasa puas terhadap kemenangan pertamanya bersama Liverpool.

“Kemenangan pertama saya terasa lebih baik dari hasil imbang,” ujar Klopp sebagaimana dikutip dari BBC. “Saya sangat puas karena kesebelasan (susunan pemain) ini tidak pernah bermain bersama dan para pemain muda bermain bagus. Kami menciptakan banyak peluang melawan kesebelasan yang bermain dengan nyaris tim utama. Kami dominan, bermain sepakbola, dan meraih kemenangan yang pantas kami dapatkan.”

Berkat kemenangan ini Liverpool melaju ke delapan besar dan akan berhadapan dengan Southampton. Tak seperti Manchester United, Arsenal, Chelsea, dan Leicester City yang harus tersingkir lebih dini.

Komentar