Pentingnya Kehadiran Petr ?ech Bagi Arsenal dan Kiper Generasi Baru

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Pentingnya Kehadiran Petr ?ech Bagi Arsenal dan Kiper Generasi Baru

Para pendukung Arsenal semakin bersemangat melihat peluang meraih gelar musim ini karena melihat suatu keyakinan baru telah ditemukan dalam skuat klub berjuluk The Gunners tersebut. Salah satu keyakinan baru tersebut tentu ada dalam diri Petr Cech yang merupakan pilihan tepat Arsene Wenger, Manajer Arsenal, mendatangkannya dari Chelsea pada bursa transfer musim panas lalu.

Sejauh ini Cech sendiri sudah terlihat memberikan efek positif pada The Gunners untuk meraih trofi musim ini. Kiper asal Cheska tersebut menuai pujian dari Wenger atas performa gemilangnya ketika mengalahkan Everton dengan skor 2-1 pada pertandingan pekan ke-10 Liga Primer Inggris 2015/2016.

Salah satu aksi gemilang ketika menghadapi Everton adalah ketika menepis tendangan jarak dekat Gerard Deulofeu. Andai saja ia gagal menyelamatkan peluang krusial tersebut mungkin Arsenal harus puas bermain imbang.

"Itu adalah momen vital hanya beberapa saat sebelum pertandingan berakhir. Bila tendangan itu (Deulofeu) masuk, kami tidak punya waktu untuk membalas. Itulah mengapa saya membutuhkan seorang kiper papan atas," ujar Wenger dikutip dari Just Arsenal.

Selanjutnya Arsenal akan menghadapi Sheffield Wednesday pada Piala Liga 2015/2016 di Stadion Hilsborough, Rabu (28/10) dini hari, dan kiper 33 tahun tersebut diisyaratkan Wenger akan tetap dimainkan. Padahal beberapa waktu terakhir manajer asal Prancis tersebut sering menurunkan kipernya secara bergantian dalam kompetisi berbeda.

Akan tetapi David Ospina masih dirundung cedera bahu dan Wenger seolah tidak punya opsi lain kecuali memainkan kembali Cech, “Ospina tidak bisa dimainkan. Jadi Cech yang akan dimainkan,” cetus mantan Pelatih Nagoya Grampus Eight tersebut seperti yang dikutip Talk Sports.

Tapi rasanya Wenger tidak perlu khawatir berlebih karena Cech juga hadir di The Gunners sebagai mentor bagi kiper yang jauh lebih muda. Wenger pun mempromosikan Matt Macey dari akademi dan berlatih secara khusus dengan Cech selama seminggu terakhir ini. Tentunya Macey akan belajar banyak dari kiper yang pernah memperkuat Rennes dan Chelsea tersebut.

2DCD499800000578-0-image-a-24_1445869702703
Matt Macey pada sesi latihan sebelum menghadapi Sheffield Wednesday

Siapakah Macey? ia merupakan pemain yang didatangkan dari Bristol Rovers pada 2013, mengalahkan Everton yang juga meminatinya. Dikabarkan The Gunners membayar 100 ribu poundsterling untuk kiper 21 tahun tersebut. Dirinya sempat dipinjamkan ke klub Liga Dua, Accrington Stanley, pada Januari lalu meski hanya tampil sebanyak lima kali di sana.

Pada satu kesempatan ini, pengalaman kiper bisa memperlihatkan dan memberi tahu juniornya tentang tetap tenang menahan bola dan tetap berkonsentrasi walau berada dalam tekanan. Cech sudah mendapatkan tepuk tangan dari para suporter Arsenal di tribun stadion dan waktunya untuk memberikan kepada Macey cukup tepat.

Sesuai dengan karakternya Cech dipastikan memiliki kata-kata yang baik untuk juniornya itu menjelang melawan Sheffield. Pasalnya bukan tidak mungkin Wenger akan berubah pikiran dengan memainkan Macey pada laga melawan klub dari divisi Championship tersebut.

Mentor sendiri merupakan sumber bernilai bagi kesuksesan seseorang. Saat itulah ia menuntun seiring pertumbuhan, perubahan dan krisis, membantu menjadi apa yang diinginkan. Maka bukan suatu spekulasi jika Cech bertahan lama akan mencetak dirinya yang baru kepada Macey.

Sumber lain : Daily Mail, Metro

Komentar