Liverpool Kemungkinan Masih Akan Tanpa Sturridge

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Liverpool Kemungkinan Masih Akan Tanpa Sturridge

Karakteristik permainan yang dimilikinya membuat Daniel Sturridge, dibanding para penyerang Liverpool yang lain, memiliki peluang terbesar untuk dipercaya menjadi penyerang utama oleh manajer baru the Reds, Jürgen Klopp. Namun dalam dua pertandingan yang sudah Klopp jalani sebagai manajer Liverpool, Sturridge tidak bermain. Hari Minggu (25/10), Klopp akan menjalani pertandingan ketiganya, dan Sturridge kemungkinan besar akan kembali tidak ambil bagian dalam permainan.

“Saya tadi berbicara (dengan Sturridge), kondisinya saat ini belum cukup baik,” ujar Klopp dalam jumpa pers prapertandingan, Jumat (23/10). “Kami harus memeriksa cedera Sturridge hari demi hari. Jika besok ia dapat berlatih dengan wajar sepenuhnya, maka ia akan menjadi pilihan.”

Manajer berkebangsaan Jerman tersebut menambahkan bahwa andai ia tidak bisa memainkan Sturridge sebagai starter, ia akan menempatkan pemain berusia 26 tahun tersebut di bangku cadangan. Tentu saja dengan catatan Sturridge sudah cukup bugar untuk sebuah pertandingan. Untuk diketahui, Sturridge menderita cedera lutut pada sebuah sesi latihan pekan lalu, dalam rangkaian persiapan Liverpool bermain melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane.

Pemeriksaan perkembangan penyembuhan cedera Sturridge hari demi hari bukan indikasi ketergantungan Liverpool terhadap seorang pemain. Setidaknya itulah yang disampaikan Klopp.

“Kami memiliki pemain-pemain yang kami butuhkan dan Anda tidak akan pernah mendengar dari saya: ‘bersama Sturridge kami dapat melakukan ini’ atau: ‘bersama Benteke kami dapat melakukan itu’,” ujar Klopp sebagaimana dikutip dari The Guardian. “Saya sudah puas dengan pemain-pemain yang dapat bermain.”

Klopp menambahkan; “Saya tidak mengatakan bahwa kami tidak membutuhkan penyerang. Kadang kita membutuhkan seorang finisher, pemain pencetak gol – selalu sama dalam sepakbola – namun jika karena sebuah alasan mereka tidak dapat bermain atau tidak sepenuhnya bugar, maka kita harus meningkatkan probabilitas kemenangan dengan pemain-pemain yang ada.”

Bersama Liverpool Sturridge telah mencetak lebih banyak gol ketimbang dengan kesebelasan-kesebelasan lain yang pernah ia bela seperti Manchester City dan Chelsea (serta Bolton Wanderers, tentu saja). Sejak bergabung pada 2012/13 Sturridge telah mencetak 43 gol dan 16 assist dalam 70 pertandingan di semua kompetisi. Dua gol di antaranya adalah hasil kerja kerasnya dalam tiga pertandingan yang telah ia jalani musim ini.

Tanpa Sturridge, Klopp kemungkinan besar akan mempercayakan peran penyerang utama kepada Christian Benteke. Pemain berkebangsaan Belgia tersebut absen karena cedera ketika Liverpool menghadapi Tottenham, namun bermain – walau tidak sebagai starter – di pertandingan melawan Rubin Kazan pada ajang Europa League tengah pekan lalu.

Komentar