Rekor Rúben Neves dan Isunya ke Liverpool

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Rekor Rúben Neves dan Isunya ke Liverpool

Pembelian Meireles lima tahun lalu itu bisa jadi awal dari kerjasama dan hubungan baik antara Liverpool dan FC Porto. Bukan tak mungkin pula terjadinya transfer Meireles pada lima tahun yang lalu itu, bisa mempermudah Liverpool untuk mendatangkan Neves tanpa harus membayar klausul penebusan yang mencapai 40 juta euro.

Tapi jika ditelisik lebih jauh, 40 juta euro akan bernilai sekitar 29 juta poundsterling jika dikonversikan. Nilai ini tak jauh berbeda dari nilai transfer Liverpool saat mendatangkan Roberto Firminho (28,7 juta) dari Hoffenheim. Sementara saat membeli Christian Benteke, Liverpool sampai harus mengeluarkan 32,5 juta pounds. Karenanya pembelian Neves bukan hal yang mustahil dengan klausulnya saat ini.

Tapi sebelum membelinya, Klopp harus meyakinkan diri, apakah level Neves benar-benar berada di atas gelandang-gelandang Liverpool yang ada saat ini? Walau menurut rekan-rekan setimnya di Porto, Neves disebut telah mencapai level Sergio Busquets atau Joao Moutinho.

Secara permainan, Neves memang memiliki kelebihan dalam akurasi operan, penjagaan daerah, visi bermain, pengambilan keputusan, intersep dan pemutus serangan lawan.  Meski ia merupakan seorang gelandang bertahan, tak akan mengecewakan pula jika ia diinstruksikan untuk ikut membantu serangan. Sedangkan menurut kolumnis ESPNFC, Nick Dorrington, kelemahan yang dimiliki Neves adalah soal penjagaan pemain dan kemampuannya dalam melepaskan tembakan (baru mencetak satu gol).

Dari atribut-atribut di atas, tampaknya gaya permainannya tak jauh berbeda dengan Lucas Leiva. Selain itu, Neves pun akan menjadi kompetitor utama bagi gelandang potensial asal Jerman, Emre Can.

Pada pertandingan perdana Liverpool bersama Klopp, saat melawan Tottenham Hotspur, The Reds menggunakan formasi 4-3-2-1. Tiga gelandang bertahan di belakang Philippe Coutinho dan Adam Lallana yang menjadi gelandang serang terdapat Leiva, Can dan James Milner.

Jika Neves datang, ia harus bersaing dengan ketiga pemain gelandang bertahan di atas, ditambah Joe Allen dan Jordan Henderson. Dengan status Henderson yang merupakan kapten kesebelasan, persaingan di tengah tentunya akan semakin sengit, apalagi jika Klopp menggunakan formasi 4-2-3-1.

Karenanya kedatangan Neves tampaknya bisa memiliki dua resiko: 1) Liverpool tak akan khawatir jika harus menjual Leiva, 2) Emre Can akan kesulitan mendapatkan menit bermain atau harus bermain pada posisi bek seperti era Rodgers. Atau tambahan resiko lain di mana Neves hanya akan menjadi pembelian gagal Liverpool berikutnya?

Hmm.. Tapi tenang, bursa transfer musim dingin masih lama dibuka. Siapa tahu juga isu ketertarikan Liverpool terhadap Neves ini hanya isapan jempol belaka yang dibuat-buat oleh media Inggris. Mari kita tunggu saja apa yang akan terjadi pada masa depan Neves berikutnya.

Bagaimana menurut pandangan pendukung Liverpool, apakah Neves layak untuk didatangkan untuk memperkuat lini tengah Liverpool bersama Klopp? Silakan beri pandangannya di kolom komentar.

foto: iconSport.com

Komentar