Babak Baru Masalah Transfer Neymar

Berita

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Babak Baru Masalah Transfer Neymar

Barcelona seakan selalu akrab dengan kontroversi yang mendera para skuatnya. Setelah beberapa pekan lalu kasus Lionel Messi mengenai ancaman penjara karena penggelapan pajak, kini tandem Messi di lini depan Blaugrana yaitu Neymar Jr (lagi-lagi), tersangkut perihal transfer dirinya yang sudah rumit sejak awal kedatangannya pada musim panas 2013 lalu.

Meski sudah dua musim berseragam Blaugrana, ternyata Santos yang notabenenya adalah klub professional pertama dari Neymar saat awal-awal karirnya bersepakbola, menuntut FIFA agar menghukum Neymar agar tidak bermain selama enam bulan.

Tentu kabar ini sangat mengejutkan beberapa pihak termasuk Neymar Sr, ayah sekaligus agen dari sang anak Neymar Jr.

“Sulit berkomentar tentang (kasus transfer) ini. Santos datang dengan segala tuduhannya terhadap urusan saya dan Neymar Jr. Mereka juga berhadapan dengan Barcelona,” ungkap Neymar Sr kepada Fox Sport Brazil seperti dinukil dari laman ESPN. “Pihak Santos ingin kompensasi dari transfer Neymar tapi dalam hal ini, mereka aka melawan idola mereka sendiri."

Santos sendiri sampai saat ini belum bergeming atas keputusannya, dan mereka akan melaporkan tindakan tersebut karena Neymar telah melanggar kode disiplin FIFA artikel 63. Dalam laporan yang telah dikirim ke FIFA, pihak Santos menyebutkan bahwa Neymar juga melanggar peraturan transfer FIFA terutama artikel 17(3) dan 17(5). Sejumlah uang yang ditaksir hingga 55 juta euro juga menjadi tuntutan Santos untuk Neymar.

kasus neymar copy

Presiden Santos saat ini yaitu Modesto Roma Jr. kini mengklaim bahwa pihak FIFA sedang menginvestigasi dan mencari bukti yang cukup kuat apakah tuduhan Neymar Jr ini terbukti atau tidak untuk melakukan langkah selanjutnya.

“Pihak Santos hanya menagih hak-haknya dan memperoleh dari perjanjian yang telah dirusak sebelumnya. Bukti-bukti pelanggaran kontrak dan konsekuensinya adalah tanggung jawab dari Komisi Sengketa FIFA” sahut pihak klub yang diwakili oleh sang presidennya.

Sang presiden menambahkan bahwa pihak Santos tidak memegang kendali atas keputusan FIFA nantinya terhadap kasus ini. Karena menurut peraturan FIFA, prosedur pengambilan keputusan tersebut  bersifat rahasia dan Santos tak terlibat apapun.

Cukup pelik memang kasus transfer Neymar jr dari Santos ke Barcelona ini. Kasus ini bahkan “memakan korban” yaitu pelengseran presiden Barcelona tahun 2013 lalu, yaitu Sandro Rosell, yang menjadi salah satu dalang kepindahan Neymar jr menuju kesebelasan yang berjuluk Blaugrana tersebut.

Jika saja tuntutan kesebelasan Santos tersebut dimenangkan oleh pihak FIFA dan pengadilan dalam waktu dekat ini, maka siap-siap saja skuat asuhan Luis Enrique tersebut harus kehilangan (lagi) penggawanya musim ini setelah beberapa waktu lalu juga kehilangan kapten dan wakil kapten mereka yaitu Andres Iniesta dan Lionel Messi karena cedera. Hal itu tentunya akan menjadi masalah baru bagi penampilan Barcelona untuk mengarungi sisa musim ini.

Foto: CNN

Komentar