Sir Alex dan Petuahnya untuk Para Rival

Berita

by redaksi

Sir Alex dan Petuahnya untuk Para Rival

Baru-baru ini, Sir Alex Ferguson mengomentari beberapa isu yang ada di Premier League; dimulai dari pengangkatan Juergen Klopp sebagai manajer anyar Liverpool, hingga isu Jose Mourinho yang digadang-gadang akan menyusul Brendan Rodgers menjadi pengangguran.

Dalam wawancara dengan ESPN, Sir Alex mengatakan bahwa dia sangat mendukung Juergen Klopp untuk bisa sukses di Liverpool. Akan tetapi, pelatih asal Skotlandia itu pun mengaku khawatir dampak dari potensi yang dimiliki oleh pelatih asal Jerman tersebut kepada Liverpool.

Klopp dikontrak tiga tahun oleh The Kop guna mengganti Rodgers yang sebelumnya tidak memberikan satupun gelar.. Dengan rasa optimisme dari Sir Alex, ia meyakini bahwa Kloop akan bekerja dengan baik dan memberikan gelar selama waktunya di Merseyside.

“Itu merupakan penunjukkan yang bagus, saya mengagumi dia. Saya mengetahui bahwa Kloop sangat baik ketika kami bertemu di kelas pelatih di Jenewa,” ucap Sir Alex. “Dia mempunyai kepribadian yang kuat, sangat keras kepala dan karirnya di Dortmund menandakan bahwa dia sudah menjadi manajer yang sedang menanjak. Saya pikir dia melakukannya dengan baik ketika di sana (Dortmund)."

Lain halnya dengan isu yang sedang terjadi pada rivalnya terdahulu selama masih aktif sebagai pelatih, Jose Mourinho. Sir Alex meyakini bahwa The Special One hanya butuh dukungan dari pemilik klub yang dalam hal ini Roman Abramovic guna melewati krisis yang sedang Chelsea alami saat ini.

SAF meyakini bahwa Mourinho akan mengangkat kembali performa dan prestasi Chelsea. “JIka kekuatan tim anda tidak dalam kondisi bagus, apakah Anda akan mengharapkan hasil yang konsisten? Saya rasa tidak," ucap Fergie.

“Media seharusnya sadar bahwa saat ini timnya telah kehilangan kiper fantastis, Thibaut Courtois. John Terry pun sedang mengalami kesulitan dalam menemukan kembali performa terbaiknya, Dia secepatnya akan menemukan solusi,” pungkas mantan pelatih Aberdeen tersebut.

Sir Alex pun tak lupa menyoroti tim-tim Premier League yang sering gonta ganti manajer. Ferguson menegaskan bahwa dengan kesabaran sebuah klub akan diganjar oleh sukses jangka panjang andaikata para pemilik klub tersebut bisa menahan diri untuk tidak terus menerus mengganti manajer.

Ia pun mempunyai penilaian kepada rivalnya, Arsene Wenger. Sir Alex beranggapan meski Wenger terakhir kali memberikan titel juara pada 2004, tapi ia yakin kalau klub London Utara itu akan kesulitan menemukan pengganti yang lebih baik dari The Professor.

"Siapa yang akan mereka datangkan untuk menggantikan Arsene Wenger ? Apakah ada yang yang lebih baik daripada Arsene Wenger ? Dan itulah kenapa mereka tak memecatnya, itulah kenapa mereka tetap bertahan dengannya," ujar Sir Alex.

Sir Alex Ferguson memang sudah pensiun dari dunia kepelatihan. Akan tetapi hal ini tidak menjadikan mantan pelatih Manchester United selama 27 tahun ini melepaskan diri begitu saja dari dunia yang telah membesarkan namanya tersebut. Suka atau tidak, komentar Fergie pantas untuk dipertimbangkan karena ia adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah ada.

Sumber : The Guardian, ESPN

Sumber Foto : The Guardian

Komentar