Percuma Saja Tendangan Bebas Diambil Ronaldo

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Percuma Saja Tendangan Bebas Diambil Ronaldo

Ternyata sudah hampir satu tahun lamanya Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol lewat tendangan bebas. Terakhir kali ia mencetak gol di La Liga Spanyol lewat tendangan bebas adalah pada 26 Maret tahun lalu saat menghadapi Sevilla, sedangkan terakhir kali ia melakukannya di semua kompetisi adalah pada April tahun lalu saat menghadapi FC Bayern Munich di Liga Champions UEFA.

Padahal Ronaldo merupakan penendang utama jika Real Madrid mendapatkan tendangan bebas. Sekarang ini, para pendukung Madrid sampai-sampai bertanya apakah sebaiknya Gareth Bale saja yang mengambil tendangan bebas.

Jika dihitung sampai sekarang, pemain Portugal ini sudah gagal mencetak gol dalam 51 kali tendangan bebas terakhirnya.

Anehnya, dalam setiap voting mengenai siapa penendang tendanga bebas, Ronaldo selalu memuncaki daftar. Namun, statistik menceritakan angka yang sama sekali berbeda, sementara Bale yang dinilai terlalu egois akhir-akhir ini justru punya angka yang lebih mengesankan.

Dari 51 tendangan bebas terakhirnya, 21 tendangan Ronaldo langsung terbentur dinding pagar betis, kemudian 14 tendangan melambung tinggi atau melebar dari sasaran, sementara sisanya adalah tendangan yang bisa diatasi penjaga gawang atau membentur tiang atau mistar gawang.

Berseberangan dengan CR7, Bale memang hanya berhasil mencetak satu gol dari tendangan bebas musim ini, tetapi gol tersebut adalah satu-satunya gol El Real yang berasal dari tendangan bebas langsung.

Bale mencetak gol tendangan bebasnya saat Madrid berjumpa Espanyol. Jika dirata-rata, Ronaldo mencetak gol dari tendangan bebas setiap 15,6 kali percobaan, sementara Bale hanya 9,5 saja.

Bale bahkan lebih baik daripada Lionel Messi (14) dan Andrea Pirlo (10,5). Sebenarnya Madrid memiliki pilihan lain untuk eksekutor tendangan bebas pada diri Toni Kroos dan Isco.

Tanpa bermaksud merendahkan Ronaldo, rekor mencetak golnya memang sungguh fantastis, yaitu 30 gol dalam 22 pertandingan di La Liga, tapi ketika sudah membicarakan eksekusi tendangan bebas, Ronaldo bukanlah pemain terbaik.

Salah satu cara menendang tendangan bebasnya mungkin sangat unik sampai-sampai Kota Madeira, kota kelahiran Ronaldo, membuat patungnya. Tendangan knuckle shot-nya pun sangat mematikan. Tapi tendangan knuckle shot CR7 mungkin bisa dihitung dengan jari, sementara percobaannya bisa mencapai angka ratusan.

Pada pertandingan melawan Athletic Bilbao dini hari nanti, kita bisa melihat apakah Ronaldo tetap mengambil tendangan bebas, atau Bale, atau bahkan yang lain yang akan mengambil tendangan bebas.

Komentar