Baines, Raja Assist Pemain Belakang Liga Inggris

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Baines, Raja Assist Pemain Belakang Liga Inggris

Ketika Manchester United gagal mendapatkan Leighton Baines pada bursa musim panas 2013/2014, bisa dibilang sebagai salah satu penyesalan David Moyes. Kegagalan mendapatkan mantan anak asuhnya itu, menjadi salah satu kegagalan Moyes mengangkat performa The Red Devils.

Ia hanya berhasil membawa pergi Maroune Fellaini, akan tetapi tidak lengkap tanpa Baines. Maka Moyes hanya mengandalkan Patrice Evra di bek kiri yang ketika itu, kemampuannya di Liga Inggris sudah mulai habis.

Akhirnya harapan untuk merekrut Baines benar-benar sirna. Ketika pilar Tim Nasional Inggris itu tanda tangan perpanjangan kontrak Everton, saat transfer musim dingin. Ya, memang kegagalan transfer Moyes, disebut-sebut salah satu alasan ia didepak lebih cepat. Tetapi mungkin saja akan lain ceritanya jika ia mendapat dukungan melalui dana yang lebih besar seperti Van Gaal sekarang.

Kini penyesalan Moyes akan lebih kentara, usai pertemuan Liga Inggris pekan lalu. Satu umpan matang Baines kepada Steven Naismith berbuah gol.

Seperti ciri khasnya, umpan yang dilepaskan melalui tendangan bebas itu melengkung ke kotak penalti. Lalu disambar Naismith dan menyamakan kedudukan 1-1 dengan Manchester City di Goodison Park. Setelah The Toffees tertinggal terlebih dahulu oleh gol Fernandinho pada menit 74.

Tidak hanya menyeleamatkan kesebelasannya dari kekalahan. Akan tetapi umpan matang ketika empat menit sesudah ketertinggalan itu, mencatatkan namanya di sejarah Premier League.

Kini jumlah assist Baines di Liga Inggris sudah 45 kali, termasuk delapan assist yang ditorehkan selama musim ini. Satu angka di atas Graeme Le Saux, sekaligus mengalahkan Gary Neville (35 kali), Ashley Cole (31) dan John Arne Riise (30). Ia kemudian resmi menjadi pemain belakang paling banyak melakukan assist di era Premier League.

Penampilan pemain 30 tahun itu masih memukau pada musim ini. Selain sebagai pengoleksi assist terbanyak, ia menyumbangkan umpan kunci terbanyak di kesebelasannya. Dari 20 laga yang dilakoninya di Premier League 2014/2015, 27 kali umpan kunci berhasil dilepaskannya.

Musim ini Baines sudah mencetak dua gol bagi Everton. Memang masih kalah jauh dari torehan angka total yang dilesatkan oleh John Terry. Akan tetapi sumbangsihnya bagi skuat besutan Roberto Martinez, sangatlah berpengaruh.

Masih cukup berkemungkinan, jika torehan assist dan gol Baines bisa diperbanyak. Mengingat jika sisa pertandingan musim ini menyisakan waktu sekitar empat bulan lagi.

Jika Chelsea memiliki Terry sebagai bek pencetak gol terbanyak, maka Everton punya Baines si raja assist.

Baines assist_

Infografis oleh: Ludwika Dendy

Komentar