[Preview] Barcelona vs Atletico Madrid

Berita

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Football Analyst | Promising Sports Brand Strategist | Liverpool #YNWA

[Preview] Barcelona vs Atletico Madrid

Barcelona harus menghadapi ujian berat kala menjamu juara bertahan La Liga, Atletico Madrid. Meski bermain di kandang sendiri, kondisi tidak kondusif yang sedang dialami Barcelona, membuat banyak pihak khawatir anak asuh Luis Enrique tidak bisa bermain maksimal.

Barcelona baru saja kehilangan Director of Football mereka, Andoni Zubizarreta, yang dipecat hari senin lalu. Hal ini kemudian bardampak pada pengunduran diri legenda Barcelona lainnya, Charles Puyol, yang sebelumnya menjabat sebagai asisten dari Zubizarreta.

Akibat hal ini, posisi Luis Enrique pun menjadi terancam. Beredar rumor bahwa pihak manajemen telah memberikan ultimatum kepada Luis Enrique akibat pemecatan Zubizarreta ini. Meskipun pelatih berusia menepis kebenaran rumor ini.

Tidak sampai situ, Barcelona juga sedang menghadapi masalah dengan mega bintang yang dimilikinya, Lionel Messi. Pemain terbaik pada Piala Dunia 2014 lalu dikatakan memiliki masalah dengan pemilihan taktik yang dimainkan Luis Enrique. Apalagi kebiasaan Enrique merotasi pemain membuat Messi beberapa kali dibangku cadangkan.

Ditambah lagi, catatan beberapa pertandingan terakhir menunjukan sulitnya Barcelona menaklukan Atletico Madrid. Musim lalu, kedua tim bertemu sebanyak 6 kali. Dari keenam pertemuan tersebut, 5 diantaranya berakhir dengan hasil imbang dan 1 kali dimenangkan oleh Atletico.

Dengan kondisi, sangat wajar jika banyak yang ragu Barcelona akan mampu meraih angka penuh pada pertandingan ini. Diego Simeone akan memanfaatkan kondisi ini untuk meningkatkan motivasi para pemainnya. Apalagi di tempat yang sama musim lalu, Simeone merayakan juara La Liga setelah menahan imbang Barcelona 1-1.

Meski begitu, Simeone juga harus waspada dengan mulai memanasnya trio Barcelona, Messi, Suarez, dan Neymar. Ketangguhan pertahanan Atletico Madrid akan kembali diuji oleh tiga penyerang kelas dunia ini.

Yang akan menjadi hal menarik dari pertandingan ini adalah kedua tim sama-sama masih menjadi tim yang paling sedikit mendapatkan ancaman di setiap pertandingan. Sama halnya dengan musim lalu, Barcelona (7,4 tembakan per pertandingan) dan Atletico (7,6 tembakan per pertandingan) adalah dua tim yang paling sedikit memberikan kesempatan bagi lawan untuk menendang ke gawang mereka.

Kedua tim menggunakan caranya masing-masing untuk bisa meraih hal ini. Barcelona memilih untuk bisa selama mungkin menguasai bola, sehingga lawan tidak memiliki kesempatan untuk menyerang. Sebaliknya, Atletico justru membiarkan lawan banyak menguasai bola, namun barisan pertahanan yang kompak membuat penguasaan bola lawan tidak berujung pada ancaman ke gawang Atletico.

Jika berhasil menang pada pertandingan ini, Atletico akan menggeser Barcelona dari posisi kedua dan akan semakin mendekati Real Madrid di puncak klasemen. Tentu saja hal ini akan menjadi motiovasi tersendiri bagi para pemain Atletico untuk bisa meraih tiga poin di Camp Nou. Jika hal tersebut bisa tercapai, bukan tidak mungkin jika jalan mereka untuk mempertahankan gelar juara kembali terbuka.

Berikut ulasan dalam sajian infografis:

previa FCB - ATM copy - Copy

Infohrafis oleh: Zakky BM ( @bmzakky )

Komentar