Siapa yang Akan Menjadi Suksesor Gerrard?

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Siapa yang Akan Menjadi Suksesor Gerrard?

Keputusan Steven Gerrard sudah bulat. Ia akan meninggalkan Liverpool di akhir musim ini untuk memulai petualangan baru di Amerika Serikat. Tidak masalah jika Gerrard adalah pemain biasa. Namun ia, pada prakteknya, adalah sosok istimewa. Tak hanya menyandang status sebagai pemain andalan, Gerrard juga mengemban tugas sebagai kapten Liverpool. Karenanya, pihak klub pun kini memiliki tugas ganda.

Ya, selain harus menemukan kapten baru, Liverpool juga harus dapat menemukan seorang pengganti sepadan untuk mengisi tempat yang ditinggalkan oleh Gerrard. Mencari kapten baru bukanlah perkara sulit. Menemukan pemain yang mampu menjalankan tugas Gerrard di dalam pertandingan, bagaimana pun, lain cerita.

Peran kapten kemungkinan besar akan dipercayakan kepada Jordan Henderson, wakil kapten saat ini. Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan yang diberikan oleh manajer Liverpool, Brendan Rodgers, kepada the Guardian.

“Saya rasa Jordan Henderson memiliki semua atribut pemimpin. Itu adalah salah satu alasan yang membuat saya menjadikannya wakil kapten. Saya merasa bahwa ia tidak ada teladan yang lebih baik baginya ketimbang Steven. Henderson mendapatkan manfaat baik dari contoh yang diberikan Gerrard bahkan sebelum ia saya percaya menjadi wakil kapten, ujar Rodgers.

"Namun dalam posisi sebagai wakil kapten, ia berada di tempat yang paling baik untuk belajar dari sosok hebat, untuk belajar bagaimana pekerjaan dilakukan di dalam dan di luar lapangan. Sehingga ketika hari kepergian Steven benar-benar datang kami merasa memiliki seseorang yang dapat menawarkan kebijaksanaan dan pengetahuan yang sama, walaupun keduanya adalah tipe pemain yang berbeda,” tambah mantan manajer Swansea City tersebut.

Namun pertanyan berikutnya, siapa yang akan memainkan peran holding midfielder dalam skema permainan Rodgers ketika Gerrard benar-benar pergi nanti?

Dalam tim yang mereka miliki saat ini, Liverpool masih memiliki Lucas Leiva dan Joe Allen. Namun Rodgers tampaknya belum benar-benar puas dengan apa yang ia miliki. Masih kepada the Guardian, dalam kesempatan berbeda Rodgers pernah menyebutkan bahwa pengganti Gerrard haruslah seorang pemain yang sudah matang, seorang pemain yang sedang berada di puncak permainannya.

“Cara kerja kami sudah jelas; kami ingin membentuk pemain muda menjadi pemain kelas dunia. Namun hal tersebut memakan waktu yang lama dan prosesnya sulit. Pemilik klub mengetahui hal tersebut dan mereka juga paham bahwa tidak semua pemain muda dapat berkembang dengan cepat dan dapat diandalkan untuk membawa klub ini maju. Sebagian besar skuat kami akan tetap berisi pemain muda. Namun jika tujuannya adalah untuk maju saat ini juga, kami harus mendatangkan pemain yang sudah matang,” tegas Rodgers.

Liverpool Echo telah mengeluarkan beberapa nama yang berpotensi mengisi posisi Gerrard. Pemain-pemain yang dimaksud adalah trio Liverpool (Jordan Henderson, Emre Can, Jordan Rossiter), Paul Pogba (Juventus), William Carvalho (Sporting Lisbon), Sami Khedira (Real Madrid), Gianelli Imbula (Olympique de Marseille), Mateo Kovacic (Inter Milan), dan Roman Neustadter (FC Schalke 04). Namun mengenai siapa yang pada akhirnya secara terpilih menjadi pengganti Gerrard, biarlah waktu yang menjawabnya.

Komentar