Manchester City dan Ujian Bulan Januari

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Manchester City dan Ujian Bulan Januari

Manchester City rasanya tidak memiliki pilihan di bulan Januari nanti. Mau tidak mau, suka tidak suka, City harus mendatangkan pemain baru. Di bursa transfer paruh musim nanti, mereka harus menemukan pemain yang dapat menggantikan posisi Yaya Touré dan Sergio Agüero. Harus, karena tanpa pemain-pemain tersebut City pasti akan kesulitan mengejar Chelsea; pimpinan klasemen sementara.

Seperti banyak pemain andalan di tim nasional dari negara-negara yang berasal dari Benua Afrika, Touré akan meninggalkan klubnya untuk sementara. Tenaga Touré dibutuhkan oleh Pantai Gading yang akan berlaga di Africa Cup of Nations, yang akan dimulai pada 17 Januari dan baru berakhir pada 8 Februari.

Jika perjalanan Pantai Gading lancar sejak hari pertama hingga hari terakhir Africa Cup of Nations 2015, Touré akan melewatkan tiga pertandingan penting. Pada 18 Januari, City akan kedatangan Arsenal. Di hari terakhir pada bulan yang sama, City bertandang ke Stamford Bridge, kandang Chelsea. Satu hari sebelum final Africa Cup of Nations, City bertindak sebagai tuan rumah untuk Hull City. Jika Touré masih membutuhkan istirahat, ia juga mungkin akan absen dalam kunjungan ke Stoke City pada 11 Februari.

Kondisi yang akan dihadapi oleh City membuat Manuel Pellegrini, sang manajer, mengutarakan keinginannya untuk menahan Frank Lampard lebih lama. Keinginan Pellegrini, bagaimanapun, belum tentu terkabul karena sejauh ini belum ada kesepakatan mengenai perpanjangan masa pinjaman Lampard. Pellegrini sendiri mengatakan bahwa pihak klub masih berusaha agar Lampard mau bertahan lebih lama.

Selain sibuk mencari pemain yang sanggup memainkan peran Touré, City juga memiliki keharusan untuk mendapatkan seorang penyerang baru. Belum ada kepastian mengenai kapan Agüero dapat kembali, namun pantauan terbaru menyebutkan bahwa penyerang asal Argentina tersebut baru dapat kembali bermain di bulan Februari.

Berbeda dengan Touré, City tidak membutuhkan penyerang baru untuk bermain di tim utama. Peran tersebut akan dibebankan kepada Edin Džeko.

“Kami sangat mempercayai Edin. Musim lalu ia bermain sangat baik bersama kami. Ia baru saja memperbarui kontraknya. Ia melakukan hal tersebut karena kami percaya kepadanya dan sekarang adalah waktu yang tepat baginya untuk mencetak banyak gol dan kembali ke tingkat permainan yang ia tunjukkan sebelum ia cedera,” ujar Pellegrini sebagaimana dikutip oleh The Guardian.

Jika Džeko tidak berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, City juga masih memiliki Stevan Joveti?. Namun dua penyerang di tim utama jelas bukan kondisi ideal. Pellegrini disebut-sebut membutuhkan setidaknya satu orang pemain lagi dan ia tidak membantah hal tersebut.

Mengingat City hanya membutuhkan seorang pemain pelapis untuk jangka waktu yang tidak lama, janggal rasanya jika City sampai harus mendatangkan seorang pemain baru secara permanen. Karena memanggil pulang Álvaro Negredo (Valencia) dan John Guidetti (Celtic FC) bukanlah opsi, maka City bisa jadi hanya akan mendatangkan penyerang baru dengan status pinjaman.

Pertanyaannya adalah: siapa?

Komentar