Berapa Orang yang Menyukai Cristiano Ronaldo? 100 Juta!

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Berapa Orang yang Menyukai Cristiano Ronaldo? 100 Juta!

Perdebatan tentang siapa pemain terbaik dunia mungkin tidak akan ada habisnya. Tetapi tentunya kita sama-sama bisa bersepakat untuk mengerucutkan pilihan kepada nama Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi.

Tidak bisa dipungkiri, jika kita melihat jauh ke belakang, ada banyak pemain yang diklaim lebih hebat daripada dua pemain di atas. Namun, kita hidup di saat ini dimana dunia sudah serba digital.

Untuk membuat pernyataan bahwa Ronaldo adalah pemain yang lebih populer daripada misalnya Pele, adalah sebuah pernyataan yang agak berani.

Padahal memang jika memakai alat ukur masa kini, pernyataan tersebut ada benarnya juga. Dari Facebook misalnya, pada Hari Selasa kemarin Ronaldo mencatatkan diri sebagai atlet pertama (dari berbagai cabang olahraga) yang menyentuh angka 100 juta like di Facebook.

Jika melihat ke masa kejayaan Pele, alat ukur like Facebook mungkin tidak akan terpikirkan sama sekali. Tentunya karena pada masa itu Facebook belum ada. Jadi dalam hal ini (dan dalam masa kini), membandingkan popularitas Ronaldo dan Pele adalah perbandingan yang absurd, tidak “apple to apple”.

Popularitas Ronaldo memang ia bangun dari dalam lapangan. Pemain Real Madrid ini telah membakar lapangan hijau dengan 18 gol dalam 14 pertandingannya musim ini. Pemain terbaik dunia dua kali ini sudah menjadi superstar di media sosial.

Satu-satunya orang yang berada di depannya untuk mencapai tingkat like Facebook tinggi adalah superstar pop Shakira. Musisi Eminem (96 juta) dan Rihanna (90 juta) adalah dua orang berikutnya yang siap membuntutinya di belakang, berdasarkan Facebook.

Ronaldo kemudian membukukan video di halaman Facebook-nya untuk berterima kasih kepada para penggemarnya atas pencapaian 100 juta like ini.

"Saya sangat terhormat telah mencapai 100 juta like di Facebook. Sungguh menakjubkan untuk mencapai tonggak yang luar biasa ini dan menghubungkan dengan semua fans di seluruh dunia. Dukungan luar biasa mereka menginspirasi saya dan saya berterima kasih kepada mereka semua," kata Ronaldo dalam video tersebut.

Rival terdekat Ronaldo di lapangan, Messi, juga memiliki penggemar Facebook yang luar biasa banyak. Meskipun masih berada di bawah Ronaldo, Messi menempati posisi nomor dua di antara para atlet dengan 74 juta like. Messi sendiri meraih peringkat kesembilan di antara semua orang (termasuk non-atlet).

Kedua superstar ini memiliki fans terbanyak di Facebook dari setiap tim olahraga dengan 77 juta (Barcelona) dan 75 juta (Real Madrid). Yang paling populer selanjutnya adalah atlet basket Amerika Serikat yang masih aktif, LeBron James, dengan hampir 22 juta like. Legenda NBA sendiri, Michael Jordan, memiliki 27 juta like.

Posting Ronaldo yang paling populer di Facebook dengan 3,4 juta like adalah foto dengan anaknya saat ia merayakan Hari Anak. Dia terus meng-update halaman Facebook-nya dengan posting mulai dari foto di tim nasional sampai foto saat ia berpose dengan semangka yang diukir dengan wajahnya.

Ronaldo sudah menggunakan Facebook untuk memberikan fans sekilas tentang cuplikan kehidupan bintang terbesar dalam olahraga terbesar di dunia.

Angka 100 juta like Ronaldo ini jika diibaratkan sebagai fans, maka akan bisa mengisi penuh 1.170 buah stadion Santiago Bernabeu dan mengisi penuh 10 kali lipat negara Portugal. Jadi kita sama-sama tahu bahwa angka 100 juta like itu adalah angka yang luar biasa banyak.

Selain itu, pada musim lalu tercatat Ronaldo adalah atlet dengan bayaran tertinggi kedua di dunia dengan pendapatan sebelum pajak mencapai 80 juta dolar, termasuk 52 juta dolar dari gaji dan bonus, serta 28 juta dolar dari pendapatan lainnya.

Ia sudah menjadi “papan iklan berjalan” bagi Nike, Tag Heuer, Emirates, dan Samsung Electronics, bahkan KFC. Lalu Ronaldo juga memiliki follower Twitter terbesar di antara para atlet dengan 30,5 juta follower, atau 10 juta follower lebih banyak dari pemain sepak bola Brasil, Kaka, yang menempati posisi kedua.

Secara kolektif, posting Ronaldo di Facebook sejak 2009 telah menghasilkan 232 juta like dan hampir 10 juta komentar. Ronaldo memang sudah sangat mencerminkan peran sepakbola sebagai sebuah permainan global.






Sumber gambar: dailymail.co.uk

Komentar