Siapa yang Akan Degradasi di Wilayah Timur?

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Siapa yang Akan Degradasi di Wilayah Timur?

Hari ini merupakan pekan terakhir Liga Super Indonesia. Beberapa tim telah memastikan diri untuk ke babak delapan besar. Namun satu tiket terakhir masing-masing grup masih akan ditentukan melalui hasil pada laga hari ini.

Selain perebutan tiket terakhir babak delapan besar, satu tempat di zona degradasi pun masih menghantui beberapa tim di wilayah timur. Di mana masih ada tiga tim yang terancam turun ke Divisi Utama untuk menemani Persiba Bantul.

Tim wilayah timur yang masih memiliki kans untuk Degradasi itu adalah Persiram Raja Ampat, Persepam Madura, dan Perseru Serui. Saat ini, Perseru berada di zona degradasi dengan mengumpulkan 20 poin, selisih tiga poin dari Persiram dan Persepam satu strip di atasnya.

Persepam Madura memiliki kans terbesar untuk bisa selamat dari zona degradasi. Mereka hanya butuh hasil seri untuk memastikan diri bisa berlaga di kompetisi ISL musim depan. Namun mengingat lawan terakhir yang akan dihadapinya adalah sang juara bertahan, Persipura Jayapura, Persepam tentunya perlu harap-harap cemas dengan hasil antara Perseru melawan Persela.

Ya, laga paling menentukan pada zona degradasi ini sebenarnya laga Perseru Serui yang bertandang ke kandang Persela Lamongan. Jika Perseru kalah, maka Perseru-lah yang harus terlempar ke Divisi Utama. Namun jika Perseru berhasil menjungkalkan Persela maka posisi klasemen akhir akan ditentukan berdasarkan hasil dari laga Persepam-Persipura.

Untuk Persiram Raja Ampat, mereka hanya tinggal menunggu hasil pertandingan kedua laga tersebut. Pasalnya, Persiram adalah satu-satunya tim di wilayah timur yang telah menyelesaikan seluruh pertandingannya (di wilayah barat Semen Padang).

Lalu bagaimana jika pada akhirnya ketiga tim ini meraih poin sama (Persepam kalah, Perseru menang)? Mengacu pada regulasi ISL 2014 pasal 24 ayat b, di mana penentuan klasemen akhir ditentukan lewat head-to-head jika dua tim atau lebih memiliki nilai sama, Perseru bakal selamat dari jerat degradasi (vs Persepam = 1-1 dan 4-1, vs Persiram = 1-1, 1-0).

Itu tentunya akan menjadi kabar buruk bagi Persepam Madura. Dengan ketiganya yang memiliki poin sama, Persepam dapat dipastikan akan menemani Persiba Bantul ke Divisi Utama. Alasannya, head-to-head Persepam melawan dua pesaingnya tak memiliki hasil bagus (vs Persiram = 0-2 dan 2-1, vs Perseru = 1-1 dan 1-4).

Namun, jika Persepam secara mengejutkan mengalahkan Persipura dan Perseru mengalahkan Persela, maka Persiram lah yang harus turun kasta. Menangnya Persepam akan membuat tim yang memiliki seragam khas loreng Madura ini mengumpulkan 31 poin, di mana tentunya akan mengkatrol posisi mereka ke posisi 8. Dan melawan Perseru, Persiram tak memiliki rekor bagus dengan tak pernah mampu mengalahkan Perseru (1-1 dan 0-1).

Maka dari itu, nasib ketiga tim ini akan dilihat dari hasil pertandingan terakhir ISL nanti. Yang perlu menjadi catatan adalah lawan yang dihadapi Perseru dan Persepam (Persela dan Persipura) memiliki misi untuk tak kalah pada laga terakhirnya karena akan mempengaruhi nasib posisi mereka di babak delapan besar.

Jadi, siapakah yang akan terpeleset pada laga terakhirnya?

foto: ligaindonesia.co.id

Komentar