Mencari Pengganti Giroud untuk Arsenal

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Mencari Pengganti Giroud untuk Arsenal

Setelah mendatangkan Alexis Sanchez, Mathieu Debuchy, David Ospina dan Calum Chambers, Arsenal sempat terlihat menarik diri dari bursa transfer. Apalagi setelah berhasil menjuarai Community Shield beberapa waktu lalu, Arsenal seolah telah cukup puas dengan kegiatan transfernya.

Tapi kini tampaknya Arsenal memerlukan tambahan striker anyar setelah apa yang terjadi pada akhir pekan lalu. Olivier Giroud, penyerang yang paling diandalkan Arsenal, mengalami cedera engkel dan harus absen selama tiga bulan. Itu artinya, Giroud akan absen hingga awal Desember nanti.

Karena itu, untuk saat ini penyerang baru sepertinya sangat dibutuhkan Arsenal. Karena mengandalkan Alexis Sanchez  seorang untuk menggedor pertahanan lawan jelas bukan keputusan yang tepat. Contohnya pada babak pertama Arsenal melawan Everton sebelum Giroud masuk, Sanchez tampak kesulitan menembus pertahanan Everton seorang diri.

Lalu siapa yang kemungkinan bisa didapatkan Arsenal pada bursa transfer ini? Berikut merupakan nama-nama pemain yang berkemungkinan besar akan coba dijajaki Arsenal:

Radamel Falcao

Kualitas Falcao jelas tak diragukan lagi. 52 gol dari 67 penampilannya bersama Atletico Madrid membuat Monaco rela merogoh kocek £52 juta untuk mendatangkannya.

Bermain di Ligue 1, Falcao hanya bermain sebanyak 17 kali dan mencetak 11 gol. Cedera yang menghantamnya membuat Monaco tak bisa bersaing untuk memperebutkan mahkota juara dan merelakannya pada Paris Saint-Germain.

Meski Monaco berkali-kali menyatakan tak akan pergi ke mana pun, kabar kepindahan Falcao semakin menyeruak. Minim prestasi dikabarkan membuat Falcao mulai mempertimbangkan masa depannya. Nilai transfer yang mulai menurun akibat dari performanya yang belum stabil pun menjadi salah satu alasan klub-klub raksasa Eropa coba menjajakinya. Falcao terus diberitakan sedang didekati oleh klub-klub besar seperti Real Madrid, Liverpool, Juventus, dan AC Milan.

Maka tak menutup kemungkinan Arsenal pun akan mencoba untuk merekrut pemain tim nasional Kolombia ini. Apalagi dengan kekuatan finansial Arsenal yang telah sehat, jika mereka serius untuk mendatangkannya, melihat Falcao berkostum Arsenal tampaknya bukan hal yang mustahil terjadi.

Mattia Destro

Mattia Destro tak masuk dalam rencana  pelatih AS Roma, Rudi Garcia. Hadirnya Juan Iturbe untuk melengkapi winger Roma yang sebelumnya sudah memiliki Adem Ljajic, Alessandro FLorenzi, dan Gervinho membuat Destro terdepak dalam persaingan di lini depan Roma. Belum habisnya dua penyerang veteran, Marco Borriello dan Francesco Totti, pun menjadi alasan penyerang berusia 23 tahun ini tak memiliki tempat dalam skuat Roma.

Mendatangkan Destro tak akan menjadi pembelian mubazir bagi Arsenal. Selain masih muda, Destro pun bisa menempati penyerang sayap selain posisi aslinya sebagai penyerang tengah.

Masa depan Destro pun cukup menjanjikan. Ia menjadi langganan pelatih timnas Italia junior sejak berusia 16 tahun. Tercatat 50 kali ia membela timnas Italia U-16 hingga U-21. Dan jika melihat track record Arsenal yang kerap kali memaksimalkan pemain mudanya, maka kepindahan Destro ke Arsenal cukup memungkinkan.

Oleh karena itu, Arsenal tampaknya siap bersaing dengan AC Milan dan Chelsea yang juga dikabarkan tertarik untuk mendapatkan tanda tangan Destro. Banderolnya saat ini hanya sekitar 16 juta poundsterling, jika mengalami kenaikan pun tampaknya tak akan melebihi 20 juta pounds karena Destro memang tak dibutuhkan Roma.

Danny Welbeck

Penyerang Manchester United, Danny Welbeck, bisa jadi masuk dalam radar Arsenal. Keputusan Louis van Gaal membangku cadangkan Welbeck kala bertandang ke Sunderland, membuat media Inggris berspekulasi bahwa penyerang tim nasional Inggris berusia 23 tahun ini akan angkat kaki dari Old Trafford.

Mendatangkan Welbeck sangat mungkin terjadi dengan kondisi Arsenal seperti sekarang ini. Dan Welbeck pun tampaknya tak akan keberatan jika bermain untuk Arsenal. Tak menjamin akan bermain reguler memang, tapi dengan cederanya Giroud dan hanya akan bersaing dengan Yaya Sanogo, Chuba Akpom, dan Lukas Podolski (jika tak jadi pindah), kesempatan bermain Welbeck akan lebih besar ketimbang bermain untuk United (di mana ada Wayne Rooney, Robin van Persie, dan Javier Hernandez).

Situs transfermarkt memberi 17% kemungkinan hijrahnya Welbeck ke Arsenal. Wajar memang kemungkinan itu ada, karena selain banderol Welbeck yang tak jauh berbeda dengan banderol Destro, Welbeck tak perlu beradaptasi dengan sepakbola Inggris. Hal itu bisa menjadi alasan yang cukup masuk akal bagi Arsenal untuk merekrut Welbeck.

Sekarang, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah, apakah United rela melepas Welbeck ke rivalnya?

Loic Remy

Kepindahan Loic Remy dari Queen Park Rangers ke tim elit Inggris bukanlah sebuah berita baru. Tottenham, Everton, dan Liverpool berkali-kali dirumorkan terus berupaya untuk mendapatkan penyerang asal Prancis ini.

Pada bursa transfer musim panas ini, Remy nyaris bergabung dengan Liverpool. Namun sayangnya Remy gagal lolos saat menjalani tes medis. Remy pun urung bergabung dengan Liverpool.

Dengan cederanya yang semakin membaik, Remy mungkin masuk dalam radar Arsenal. Statusnya sebagai pemain Prancis (tipikal pemain yang disukai Arsene Wenger), lalu banderol yang cukup murah (10 juta pounds), dan bermain untuk tim sekelas QPR, menjadi nilai lebih bagi Arsenal untuk mendapatkan pemain berusia 27 tahun ini.

Pada dua laga pembuka QPR musim ini, Remy telah bermain full selama 180 menit. Namun, pemain yang musim lalu dipinjamkan ke Newcastle ini belum menunjukkan tajinya sebagai predator di lini depan. Maka dari itu, kedatangan Remy ke Arsenal sepertinya akan menjadi panic buying di detik-detik terakhir menjelang ditutupnya bursa transfer musim panas ini.

Edinson Cavani

Meski tak pernah merumput di liga Inggris, Cavani tak akan terlalu kesulitan untuk beradaptasi dengan permainan Arsenal. Tipikal permainannya tak jauh berbeda dengan Giroud, handal duel udara, bisa menjadi pemantul atau decoy, dan mampu menjadi pembagi bola di lini depan.

Nama Cavani ramai diperbincangkan pada bursa transfer karena kebintangannya semakin meredup setelah bergabung bersama Paris Saint-Germain. Namanya berada di bawah bayang-bayang Zlatan Ibrahimovic yang menjadi andalan PSG dalam urusan mencetak gol.

Di musim pertamanya bersama PSG, persentase gol Cavani hanya 0,54% per pertandingan. Berbeda ketika ia bermain bersama Napoli yang memiliki presentase gol 0,75% per pertandingan.

Berita kepindahannya mulai muncul setelah manajemen PSG memperbolehkan Cavani pergi hanya saja dengan nilai transfer yang tepat. Chelsea, Liverpool, dan Real Madrid dikabarkan sempat tertarik untuk mendatangkan penyerang asal Uruguay ini.

Namun cederanya Ibrahimovic beberapa waktu lalu sepertinya akan membuat Cavani tetap bertahan PSG. Namun tak ada yang tak mungkin dalam dunia sepakbola. Apalagi pada bursa transfer, hal yang tak mungkin bisa menjadi mungkin. Contohnya saja hengkangnya Mario Balotelli ke Liverpool.

***

Sebenarnya Arsenal memiliki penyerang lain yang siap menggantikan Giroud. Yaya Sanogo, Chuba Akpom, dan Lukas Podolski adalah pemain Arsenal lain yang memang disiapkan untuk menjadi backup Giroud. Namun terlalu beresiko jika ketiganya diproyeksikan menjadi penyerang utama selama Giroud absen.

Belum lagi Podolski yang kabarnya sudah tak kerasan bermain untuk Arsenal setelah hanya menjadi pemain cadangan dalam beberapa musim terakhir. Penyerang asal Jerman ini dikabarkan menjadi buruan Juventus, Wolfsburg, Schalke 04, dan M'Gladbach.

Keputusan membeli pemain baru atau tidak sepertinya akan diambil setelah laga play-off Liga Champions melawan Besiktas, Kamis dini hari nanti (28/08). Kemenangan akan mengantarkan skuat asuhan Arsene Wenger ini ke babak fase grup Liga Champions. Dan jika itu terjadi, penyerang berkualitas jelas dibutuhkan agar Arsenal bisa bersaing di kompetisi paling bergengsi di tanah Eropa tersebut. Jka sampai kalah, maka mempertahankan Podolski bukanlah opsi yang terlalu buruk.

Atau mungkin Arsene Wenger berminat merekrut kembaran Giroud dari Indonesia?

foto: dailymail.co.uk

Komentar