Menilik Izin Kerja Pemain Asing di Liga Inggris

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Menilik Izin Kerja Pemain Asing di Liga Inggris

Jika kita melihat para pemain Manchester City, Newcastle United, Chelsea, dan beberapa tim Inggris lainnya, jumlah pemain asing dalam skuatnya sangat lah banyak. Bahkan untuk beberapa tim, seringkali mereka tak memakai satu pun pemain Inggris dalam starting line up-nya.

Ya, tim-tim di liga Inggris memang dipenuhi dengan pemain-pemain asing. Peraturan liga Inggris membebaskan klub-klub Inggris untuk merekrut para pemain asing. Tak sepenuhnya bebas memang, karena dari 25 pemain yang didaftarkan setiap tim, maksimal pemain asing yang bisa didaftarkan adalah 17 pemain.

Untuk pemain-pemain asing yang hendak berlaga di liga Inggris, ada persyaratan-persyaratan yang perlu dipenuhi pemain tersebut, khususnya pemain asing yang berkewarganegaraan non-Uni Eropa. Peraturan inilah yang kemudian membuat liga Inggris kebanjiran pemain asing.

Tak seperti liga Italia, liga Inggris tak membatasi jumlah pemain non-Uni Eropa. Liga Italia hanya memperbolehkan setiap tim untuk merekrut tiga pemain non-Uni Eropa setiap musimnya. Para pemain non-Uni Eropa adalah pemain-pemain yang bukan berasal dari negara Eropa yang termasuk dalam Wilayah Ekonomi Eropa.

European-Economic-Area-picture


Negara-negara yang termasuk Uni Eropa


Para pemain non-Uni Eropa tersebut harus memiliki izin kerja agar bisa bermain di kompetisi Inggris. Akan tetapi, jika pemain non-Uni Eropa tersebut memiliki keturunan Eropa, maka pemain tersebut tak perlu memiliki izin kerja.

Namun para pemain non-Uni Eropa tersebut tak serta merta mendapatkan izin kerja dengan mudah. Karena pemerintah Inggris ingin setiap pemain asing yang bermain di liga Inggris bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan sepakbola Inggris itu sendiri (alasan mengapa asal negara pemain asing harus berada di atas peringkat 70 dunia). Maka dari itu, selain karena surat izin kerja diproses dalam waktu yang lama, tak menutup kemungkinan pengajuan izin kerja pemain tersebut akan ditolak.

Jika pengajuan izin kerja pemain ditolak, setiap tim bisa mengajukan banding. Jika ini dilakukan, pemerintah akan menyertakan ofisial dari liga, pejabat federasi, dan perwakilan dari serikat pemain. Tak jarang pula mantan pemain profesional ikut dihadirkan untuk memberi pandangannya terhadap pemain tersebut.

Jika banding tersebut masih ditolak pemerintah, klub pemohon tak diperbolehkan untuk mengajukan banding selanjutnya hingga musim berikutnya.

Meskipun begitu, jarang sekali ada pengajuan izin kerja klub-klub Premier League yang ditolak pemerintah. Karena pemain-pemain yang direkrut biasanya merupakan pemain berkualitas sehingga dinilai bisa berkontribusi maksimal untuk memajukan persepakbolaan Inggris.

foto: mcfc.co.uk

Komentar