Kekuasaan Glazer di Man United Diperpanjang Hingga 2019

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Kekuasaan Glazer di Man United Diperpanjang Hingga 2019

“Kabar gembira untuk kita semua, Keluarga Glazer kini tak akan pindah,”

Tanggal 20 Agustus 2014 sepertinya menjadi hari yang berbahagia bagi fans rival Manchester United. Apa pasal? The Guardian mengabarkan bahwa Keluarga Glazer akan terus berkuasa di Old Trafford, setidaknya untuk lima tahun mendatang.

Glazer datang sebagai pemilik yang tak diharapkan. Lain cerita saat Roman Abramovic membeli Chelsea pada 2003 silam. Ia disambut karena begitu royal pada klub. Di musim pertamanya, ia mengucurkan dana hingga 100 juta pounds hanya untuk membeli pemain. Nilai yang cukup besar pada saat itu.

Namun, hal berbeda ditawarkan oleh Glazer. Pasca membeli United, ia malah menjadikan The Red Devils sebagai klub yang penuh hutang. Bukan karena klub yang merugi, tapi karena Glazer menjadikan United sebagai pohon uang mereka. Wajar jika banyak suporter United yang menolak kehadiran taipan asal Amerika tersebut.

Setelah wafat pada 28 Mei lalu, keenam anak Malcolm Glazer-lah yang kini berkuasa. Kekalahan United atas Swansea City pekan lalu, menjadi kekalahan pertama United di pertandingan pertama sejak Premier League bergulir. Rencananya para fans akan melakukan aksi protes besar-besar pada pertandingan kandang menghadapi Queens Park Rangers (QPR), pada 14 September mendatang.

Fans menganggap United tidak aktif dalam bursa transfer musim ini. Padahal, perlu ada sejumlah pembenahan di skuat yang menghuni peringkat tujuh musim lalu itu.

Beberapa waktu lalu, keluarga Glazer telah menjual lima persen saham mereka. Ini membuat mereka mendapatkan pemasukan sekitar 150 juta pounds. Selain itu, ada kemungkinan penjualan ini akan dinaikkan hingga 15 persen. Walaupun menjual sebagian sahamnya, tapi sepertinya keluarga Glazer belum berniat untuk segera hengkang. Mereka akan menikmati pemasukan dari Chevrolet dan Adidas untuk lima tahun ke depan.

Manchester United memang klub yang unik. Ia adalah brand yang begitu seksi untuk dijual. Majalah bisnis Forbes, pada Mei lalu menyatakan kini United telah bernilai 1,85 miliar pounds. Nilai yang luar biasa tentu saja akan didapatkan keluarga Glazer yang “hanya” membeli klub ini senilai 790 juta pounds pada 2005 lalu.

Fans rival tentu akan senang dengan kabar ini. Bukan apa-apa, United seolah tengah ada di bawah bayang-bayang gelap sang pengusaha real estate ini. Fans United yang tak senang, beramai-ramai memasang bendera dan skraf berwarna hijau dan kuning sebagai tanda perlawanan. Tidak lupa, hashtag “GlazerOut” pun tengah berteman mesra dengan twitter.

“Rahasia alam dari Amerika, penuh pesona, pesona Glazer, Glazer.. Gooddddd ” lagu itu pun berakhir dengan sumbang.

Sumber gambar: wikipedia.com

Komentar