Konspirasi Chelsea dan Everton dalam Bursa Transfer

Berita

by redaksi

Konspirasi Chelsea dan Everton dalam Bursa Transfer

Sekilas tak ada yang aneh ketika Chelsea melepas Romelu Lukaku ke Everton. Ketika Chelsea masih kebingungan menentukan nasib Lukaku, Everton datang dengan sebuah tawaran yang menggiurkan. Lukaku tentu saja tak akan terpakai, mengingat Chelsea memiliki stok striker yang lebih punya nama seperti Diego Costa, Fernando Torres dan Didier Drogba.

Pun begitu dengan Christian Atsu yang dipinjamkan ke Everton. Jika Atsu masih berada di Chelsea, ia harus bersaing dengan nama-nama seperti Eden Hazard, Andrea Schuerrle, Willian, Mohammed Salah, dan Marco van Ginkel untuk mengisi pos winger.

Namun tampaknya, transfer ini memiliki makna lain bagi Chelsea. Selain menambah pemasukan dari transfer Lukaku (£28 juta) dan juga memberikan kesempatan jam terbang lebih bagi Atsu, dalam dua transfer ini, sejatinya Chelsea memiliki tujuan terselubung. Di mana transfer ini, nantinya justru akan menguntungkan tim asal London itu sendiri.

Lalu apa yang sebenarnya diincar oleh Chelsea?

Kedua pemain ini sudah barang tentu akan menambah kekuatan Everton untuk musim ini. Pada musim lalu, Lukaku yang berstatus pemain pinjaman bagi Everton ini menjadi top skorer tim dengan 15 gol. Sedangkan Atsu, penampilannya bersama tim nasional Pantai Gading pada Piala Dunia lalu akan memberikan dimensi berbeda pada posisi winger.

Dengan penambahan kekuatan ini, Chelsea berharap agar Everton bisa mengalahkan tim-tim yang bersaing di empat besar. Everton diharapkan bisa mempermulus langkah Chelsea untuk meraih titel juara Premier League dengan menjegal langkah-langkah tim-tim yang juga mengincar trofi Premier League.

Meskipun sebenarnya hal tersebut bisa juga menjadi bumerang bagi tim Chelsea sendiri, tapi setidaknya transfer ini bisa menjalin hubungan baik antara Chelsea dan Everton. Tujuannya adalah agar di masa yang akan datang, jika Chelsea mengincar pemain Everton, mereka tak perlu lagi kesulitan untuk merayu Everton. Atau mungkin jika pemain Everton sedang diincar oleh banyak klub, Everton akan mengutamakan Chelsea untuk menerima tawaran pada pemainnya tersebut.

Seperti yang diketahui, dalam skuat Everton saat ini ada dua nama yang digadang-gadang akan menjadi pemain bintang di masa yang akan datang. Mereka adalah Ross Barkley dan John Stones. Untuk membentengi keduanya, Everton telah memperpanjang durasi kontrak mereka agar tak diincar oleh klub lain.

Nama Barkley memang sempat menjadi incaran tim-tim top Inggris, dan salah satu tim peminatnya adalah Chelsea. Jadi mungkin skenarionya adalah, jika di masa yang akan datang Chelsea ingin merekrutnya, Chelsea menjadi tim yang paling diprioritaskan Everton sebagai buah dari hubungan baik keduanya ini.

Manajer Roberto Martinez pun tak memungkiri adanya hubungan baik antara Chelsea dan Everton. Hal itu ia katakana langsung ketika diwawancarai oleh Guardian, “Kami memiliki hubungan yang baik dan profesional. Saya ingin Chelsea percaya pada kami bahwa kami bisa mengembangkan pemain pinjamannya.”

Namun Martinez pun menampik hubungan baik kedua tim ini akan berdampak pada kegiatan transfer di masa yang akan datang, “Pemilik klub, Bill Kenwright, telah menjadi jembatan bagi dua tim ini untuk berhubungan baik. Ia telah mengarahkan hubungan ini agar bisa memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Tapi, tak ada komitmen khusus untuk kegiatan transfer di masa yang akan datang.”

Martinez mungkin boleh menyangkal akan adanya kerja sama lain di masa yang akan datang. Tapi pernyataannya tentang pemilik Everton yang menjembatani hubungan baik Everton-Chelsea ini bisa menjadi kunci kerja sama antara keduanya. Jadi, jika Chelsea menginginkan Barkley atau siapa pun pemain Everton dan pemilik Everton mengijinkannya, bukankah Martinez tak bisa berbuat apa-apa?

foto: mirror.co.uk

[ar]

Komentar