Intervensi yang 'Gagalkan' Nigeria Tampil di Piala Dunia Wanita U-20

Berita

by redaksi

Intervensi yang 'Gagalkan' Nigeria Tampil di Piala Dunia Wanita U-20

Federasi Sepakbola Nigeria (NFF) terus dirundung masalah. Sebelumnya, masalah bonus pemain timnas yang tak kunjung turun. Hari ini masalah skorsing dari FIFA yang tak memperbolehkan Nigeria, termasuk klub-klub yang ada, tampil di kancah internasional. Imbas dari intervensi yang dilakukan pemerintah Nigeria pada NFF. Sebuah permasalahan klasik di negara dunia ketiga.

Setelah tak mampu berbicara banyak di Piala Dunia Brasil tahun ini, karena hanya sampai fase 16 besar, kini NFF mendapat masalah baru, yaitu sanksi skorsing larangan tampil di kancah internasional dari FIFA. Ini merupakan buntut dari ikut campurnya pemerintah Nigeria ke dalam federasi sepakbola negeri yang terletak di Afrika Barat tersebut.

Sepulangnya dari Piala Dunia, Kamis (3/7) lalu, pemerintah Nigeria secara sepihak membubarkan NFF dan memecat Aminu Maigari, ketua NFF. Tak hanya memecat, pemerintah Nigeria juga menyeret beberapa petinggi NFF, termasuk Maigari, ke meja hijau untuk dimintai tanggung jawab atas carut marutnya federasi sepakbola Nigeria, selama ini.

Pasca memecat Maigari, Menteri Olahraga Nigeria, Tammy Danagogo, kemudian  menunjuk Lawrence Longyir Katiken sebagai administratur tunggal NFF. Hal inilah yang dinilai Komite Darurat FIFA melanggar isi statuta FIFA. Karena, dalam statuta FIFA pasal 13 paragraf 1 dan pasal 17 paragraf 1, sebuah federasi sepakbola harus independen, tidak boleh ada campur tangan dari pemerintah ataupun pihak ketiga.

Sebuah pernyataan dari Komite Darurat FIFA mengatakan: “Komite Darurat FIFA hari ini (9/7), memutuskan memberikan skorsing untuk NFF karena mendapat intervensi dari pemerintah.” Keputusan FIFA ini merupakan  tindak lanjut dari surat peringatan yang dikirim FIFA pada 5 Juli lalu. Dalam surat peringatannya itu, FIFA meminta NFF untuk menyelesaikan masalah ini selambat-lambatnya pada 8 Juli kemarin. Namun, lantaran, hingga tenggat waktu yang ditentukan, tak ada penyelesaian, maka FIFA pun menjatuhkan hukuman skorsing pada NFF hingga waktu yang belum ditentukan.

Dengan hukuman ini, timnas wanita U-20 Nigeria diragukan tampil dalam Piala Dunia Wanita U-20 yang akan diselenggarakan pada Agustus mendatanga di Kanada. Jelas sebuah pukulan telak bagi NFF.

(mul)

Komentar