Kelas Menulis Sepakbola Pandit Football

Arsip

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Kelas Menulis Sepakbola Pandit Football

Bukan sekali dua kali kami mendapatkan pertanyaan dari pembaca tentang keinginan untuk belajar menulis sepakbola. Untuk itu kali ini kami kembali membuka kesempatan tersebut dengan membuat kelas menulis sepakbola. Kelas ini sebenarnya rutin kami laksanakan secara internal setiap minggunya, baik lewat pembicara dari redaksi maupun mengundang dari luar. Namun khusus untuk minggu ini kelas tersebut akan kami buka untuk umum dengan kuota terbatas.

Sesi kelas menulis kali ini mungkin akan dimulai dengan percakapan yang lebih umum. Pangeran Siahaan akan berbicara dan berbagi pengalaman sebagai seorang penulis (sepakbola) yang muncul, tumbuh dan kemudian punya reputasi di dunia digital. Internet memungkinkan siapa pun menerbitkan tulisannya tanpa harus melewati berbagai pintu editorial. Peluangnya sangat luas bagi siapa pun yang ingin menyalurkan kemampuan atau bakat atau hobi menulis, tapi jebakannya pun tidak sedikit: lekas puas, gampang merasa sudah menjadi penulis hanya karena di-RT banyak orang di twitter, dll.

Bagaimana menyikapi, merespons dan mengeksplorasi ruang yang begitu luas disediakan oleh internet bagi siapa pun yang ingin menjadi penulis inilah yang akan menjadi titik tolak pembicaraan bersama Pangeran Siahaan. Tidak ada yang lebih tepat, setidaknya di lapangan football writer, untuk berbicara perihal pokok persoalan itu selain Pangeran Siahaan.

Sementara Zen RS akan melanjutkan sesi kelas menulis dengan berbicara sebaliknya dari apa yang dibicarakan Pangeran Siahaan: bagaimana dunia offline sesungguhnya begitu penting dalam praktik kepenulisan walau pun tulisannya sendiri ditujukam untuk media digital. Zen yang tumbuh dari tradisi membaca dan menulis offline mengalami transisi dari dunia offline ke online dan mengalami pula dampak-dampaknya kepada dunia literasi di Indonesia.

Sepakbola tentu saja menjadi bagian penting dalam kelas menulis ini. Tapi itu bukan satu-satunya.

Jika tertarik Anda dapat mendaftar dengan cara berikut:

    • Dilaksanakan pada Senin, 8 Juni 2015 pukul 13.00 -Â 17.00. Peserta wajib mengikuti semua sesi hingga selesai.

    • Mengirim contoh tulisan baik yang sudah terbit maupun baru ke alamat sharingpandit@gmail.com

    • Kirim dengan subjek "Kelas Menulis Pandit Football" disertai dengan no kontak dan alamat domisili.

    • Diterima paling lambat Minggu, 7 Juni 2015 pukul 13.00 WIB

    • Bagi penulis yang pernah berkontribusi di Pandit Sharing, Anda hanya tinggal mengirimkan pernyataan ketersediaan dan link tulisan ke alamat di atas.

    • Bagi peserta terpilih akan kami hubungi secara langsung beserta pemberitahuan alamat lengkapnya,

Kelas menulis kali ini akan dipandu oleh Zen RS dan Pangeran Siahaan dengan topik tentang penulisan sepakbola di Indonesia. Anda juga dapat berdiskusi bersama peserta lainnya terkait teknik, pengalaman, dan sebagainya. Kelas menulis sementara ini akan dilakukan di Bandung dan tidak menutup kemungkinan akan hadir di kota lainnya di kemudian hari.

flyer kelas menulis PFI copy (1)

Komentar