[Preview] Barcelona vs Atletico Madrid

Analisis

by redaksi

[Preview] Barcelona vs Atletico Madrid

Pekan terakhir Liga Spanyol menyisakan satu pertandingan terbesarnya. Pertandingan ini sekaligus menjadi penentuan siapa yang akan keluar menjadi juara La Liga musim ini. Pemuncak klasemen sementara, Atletico Madrid, harus datang ke kandang Barcelona di laga pamungkas ini.

Kendati harus bertandang ke Nou Camp, Atletico punya posisi yang lebih baik dibanding lawannya. Atletico cukup meraih hasil seri untuk bisa meraih gelar juara. Raihan satu poin sudah cukup untuk mengulang kenangan manis Simeone pada tahun 1996 kala membawa Atletico meraih trofi La Liga.

Sementara bagi Xavi, dkk., menang menjadi syarat yang tak bisa ditawar. Hanya kemenangan yang bisa membuat Blaugrana mempertahankan gelar juara La Liga. Berapa pun skornya, asal menang, Barcelona sudah pasti menjadi juara.

Tugas meraih tiga poin ini bukan pekerjaan mudah. Catatan statistik menyebutkan: Barcelona belum pernah meraih kemenangan pada lima pertandingan terakhir mereka melawan Atletico di semua kompetisi. Pertemuan kedua tim di La Liga sebelumnya berakhir tanpa gol di Vicente Calderon. Tapi Atletico sendiri lebih sering keteteran jika bermain di Nou Camp. Calon lawan Real Madrid di final Liga Champions 2013/2014 ini belum pernah menang atas Barca dari lima lawatan terakhir mereka di Nou Camp.

Dari sisi tim, Atletico masih memiliki masalah dengan striker andalannya, Diego Costa, yang masih diragukan tampil. Pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak dari Los Rojiblancos ini memang sudah absen sejak pekan lalu saat melawan Malaga. David Villa bisa menjadi pilihan sebagai striker utama seperti yang sudah dilakukan Simeone minggu lalu. Di posisi lain, Simeone akan menurunkan pemain terkuatnya, termasuk bek tengah mereka, Diego Godin.

Ketika Atletico pusing memikirkan siapa yang akan mengisi posisi penyerang, Barcelona justru sedang kekurangan tenaga di sektor pertahanan. Beberapa bek tengah mereka seperti Gerard Pique, Marc Bartra, dan sang kapten yang akan pensiun, Carles Puyol, diragukan bisa tampil. Tata Martino masih harus menunggu kabar terakhir dari tim dokter untuk menentukan pemain mana yang siap mendampingi Javier Mascherano sebagai bek tengah.

Simeone kemungkinan akan menggunakan formasi 4-4-2 yang sudah teruji di berbagai kompetisi termasuk La Liga. Tiago dan Gabi akan menjadi poros penting untuk sektor tengah Atletico. Barcelona akan mencoba menerapkan formasi 4-3-3 dengan Lionel Messi sebagai playmaker Barcelona. Pertarungan antara pemain-pemain tengah kedua tim jelas akan berlangsung ketat.

Selain mempertemukan dua tim peringkat tertinggi Liga Spanyol musim ini, pertandingan ini juga mempertemukan dua tim yang memiliki pertahanan terkuat di Liga Spanyol musim ini. Atletico dan Barcelona merupakan tim dengan jumlah kemasukan paling sedikit di Liga Spanyol musim ini. Atletico hanya kemasukan 25 gol, sementara Barcelona kemasukan 32 gol.

Sebagai dua tim dengan angka kebobolan paling sedikit, kedua tim punya cara bertahan yang bertolak belakang. Atletico bertahan dengan membiarkan lawan memegang bola termasuk membiarkan lawan masuk ke daerah pertahanan mereka sendiri. Mereka bersabar menunggu dan melakukan tekel di saat yang tepat. Dengan cara bertahan ini, Los Rojiblancos memiliki angka tekel tertinggi di antara klub-klub La Liga lainnya.

Sebaliknya, Barcelona justru bertahan dengan mengusai bola. Strategi six second rule yang sudah terkenal dari Barcelona masih terus mereka pertahankan dan berhasil membuat mereka sulit untuk kebobolan musim ini. Barca mempertahankan bola dalam daerah lawan sehingga pertahanan mereka bisa lebih menekan ke depan. Xavi Hernandez dan Iniesta akan mencari celah untuk memberi operan mematikan ke dalam kotak penalti.

Maka dari itu, jalannya pertandingan nanti malam sepertinya dapat ditebak dengan mudah. Barcelona akan menguasai pertandingan sedangkan Atletico akan menunggu di daerah pertahanannya sendiri sambil mencari kesempatan melancarkan serangan balik. Barcelona akan mencoba membuat gol cepat agar bisa mendominasi di sisa waktu pertandingan. Atletico tidak boleh kecolongan atau mereka akan sulit membalikkan keadaan.

Kunci permainan Blaugrana tidak akan jauh dari Lionel Messi. Messi akan turun menjemput bola dari lini tengah dan memulai arah serangan. Sayangnya, Simeone memiliki Tiago yang dapat mengawal ketat pemain asal Argentina ini. Celah yang ditinggalkan Tiago akan diisi oleh Gabi untuk menutup serangan Barca yang dilakukan pemain lain. Siasat Atletico ini efektif kala anak asuhan Simeone menang 1-0 dari Barca di Champions League musim ini. Tata harus berpikir matang untuk melakukan alternatif pola serangan.

Atletico mengandalkan tekel dan intercept yang mereka lakukan untuk mengawali serangan balik. Gabi yang menjadi pemain penghubung antar lini bisa menginisiasi serangan Atletico. Koke atau Arda Turan bisa berakselerasi cepat ke arah sayap dan melakukan cutting inside di pertahanan Barca. Sergio Busquets mesti awas dengan tipe serangan kilat ini. Umpan silang Atletico ke dalam kotak penalti harus digagalkan oleh kedua full-back Barcelona, Jordi Alba dan Dani Alves.

Pertandingan ini akan menjadi pertandingan yang sempurna untuk menutup Liga Spanyol musim ini. Dua tim terkuat dengan gaya permainannya masing-masing akan saling beradu untuk menentukan siapa yang lebih layak menjadi juara. Siapapun yang keluar menjadi juara nanti, Liga Spanyol musim ini telah berhasil mendatangkan tontonan yang luar biasa, setidaknya dibandingkan beberapa musim terakhir yang hanya menyisakan Barcelona dan Real Madrid sebagai sepasang kompetitor.

Perkiraan Susunan Pemain

Barcelona: Pinto, Alves, Pique, Mascherano, Alba, Xavi, Busquets, Iniesta, Sanchez, Messi, Pedro

Atletico Madrid: Courtois, Juanfran, Miranda, Godin, Luis, Turan, Gabi, Tiago, Koke, Costa, Villa

(ab) (rd)

Komentar