Resep Mengalahkan Liverpool Adalah Bermain dengan Blok Rendah

Analisis

by

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Resep Mengalahkan Liverpool Adalah Bermain dengan Blok Rendah

Kekalahan dari Leicester City merupakan kekalahan keenam Liverpool musim ini. Padahal musim lalu mereka hanya tiga kali kalah, dua diantaranya dialami setelah meraih gelar juara. Dari lima tim yang mengalahkan The Reds musim ini, hanya satu yang merupakan traditional big six.

Sisanya adalah tim papan tengah yang bermain blok rendah untuk menghadapi Liverpool. Burnley dan Brighton menerapkan pertahanan blok rendah untuk meminimalisir ruang. Aston Vill, Leicester, dan Southampton menurunkan intensitas pressing mereka ketika berhadapan dengan Liverpool. Bahkan, Pep Guardiola juga melakukan hal yang sama. Man City melakukan high pressing pada situasi tertentu saja, tidak secara konstan seperti biasanya.

Man City mencatatkan PPDA (passes per defensive action) sebesar 20,63 pada pertandingan melawan Liverpool. Rata-rata PPDA mereka musim ini adalah 10,45. Semakin kecil angka PPDA, semakin intens pressing yang diterapkan. Perbedaan yang sangat signifikan ini seolah menyimpulkan bahwa pertahanan blok rendah adalah resep utama mengalahkan Liverpool.

Melihat apa yang akan dilakukan Jurgen Klopp untuk mengatasi masalah ini akan lebih menarik jika sembari bermain fantasy sport yaitu Mobile Premier League (MPL) Fantasy. Anda ditantang untuk menyusun tim imajiner yang berisi pemain nyata. Poin diperoleh berdasarkan performa pemain di pertandingan sesungguhnya. Anda bisa merasakan tantangan menjadi manajer sepakbola karena sebagai pemain MPL Fantasy, Anda harus memahami permainan dan bisa membaca statistik sepakbola

MPL Fantasy tidak hanya menghitung gol dan asis sebagai poin, tapi juga beberapa statistik lain seperti tembakan tepat sasaran, umpan sukses, tekel sukses, dan lainnya. Anda bisa membaca panduan kami dalam bermain MPL Fantasy di sini. Kami akan memberikan rekomendasi pemain Liverpool untuk MPL Fantasy di akhir artikel.

Kembali ke permasalahan Liverpool ketika menghadapi lawan yang menerapkan blok rendah, hal ini semakin terlihat jika mengintip catatan Liverpool sejumlah tim yang dominan bermain dengan gaya seperti itu. Pada laga menghadapi Newcastle, Fulham, Burnley, West Brom, dan dua kali lawan Brighton, Liverpool hanya mendapatkan empat poin dari maksimal 18 poin.

Ruang yang sempit membuat para pemain Liverpool sulit bermain kombinasi umpan datar. Roberto Firmino tampak tidak lagi terlalu nyaman untuk bermain di ruang sempit. Gol-gol ketika menghadapi Tottenham dan West Ham adalah contoh sukses dari permainan kombinasi Liverpool. Sayangnya, musim ini mereka gagal melakukan hal tersebut secara konstan.

Garis pertahanan blok rendah juga membuat ruang di belakang lini terakhir tidak tersedia. Alhasil, Liverpool kesulitan melepaskan umpan terobosan ke trio lini depan. Absennya bek tengah juga berpengaruh terhadap suplai umpan panjang dari area rendah.

Sebagai pemain MPL Fantasy, terdapat beberapa hal yang bisa disimpulkan dari fenomena tersebut. Tim yang menghadapi Liverpool kemungkinan akan bermain reaktif dengan garis pertahanan blok rendah. Hal ini akan membuat Liverpool menguasai pertandingan dan mencatatkan banyak umpan. MPL memberi 0,5 poin untuk setiap 10 umpan sukses.

Karena itu, Jordan Henderson dan Thiago Alcantara bisa meraih banyak poin dari umpan sukses. Mereka merupakan dua pemain dengan umpan sukses per 90 menit terbanyak di Liverpool. Opsi lain adalah Andy Robertson, bek kiri Liverpool ini adalah pemain dengan total umpan sukses terbanyak di Premier League.

Apapun solusi yang dicoba oleh Klopp, hampir tidak mungkin tidak melibatkan Mohamed Salah dan Mane. Mereka berdua juga direkomendasikan untuk masuk ke tim MPL Anda karena Salah dan Mane secara konstan membuat tembakan tepat sasaran ke gawang lawan. Setiap dua tembakan tepat sasaran bernilai satu poin di MPL.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk bermain MPL. Terdapat fitur baru yaitu Tiket Spesial. Fitur ini membuat Anda bisa lebih hemat hingga 50% dalam mengikuti kontes di MPL Fantasy. Tiket Spesial bisa Anda gunakan hingga 20 pertandingan. Periode pertama Tiket Spesial akan dimulai pada 17-28 Februari.

Liverpool kembali harus menghadapi tim yang gemar bermain dengan blok rendah pada tiga laga ke depan. Mereka akan menghadapi Everton (21/2), Sheffield (1/3), dan Fulham (6/3). Bermain MPL Fantasy akan membuat pertandingan-pertandingan tersebut semakin menarik. Jika analisis Anda akurat, Anda bisa meraih poin tinggi dan mendapatkan Berlian Kemenangan yang bisa ditarik menjadi saldo GoPay atau LinkAja dari MPL Fantasy.

Komentar