Kepada Frederik Roennow Schalke Bergantung

Analisis

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Kepada Frederik Roennow Schalke Bergantung

Remuk redam 0-8 dari Bayern Muenchen, ditekuk 1-3 oleh Werder Bremen, kemudian kebobolan empat gol tanpa sempat membalas kontra RB Leipzig, Schalke akhirnya memutus senaraia kekalahan di pekan 4 Bundesliga 1 2020/21 saat menahan imbang Union Berlin 1-1.

Pemain kunci dalam keberhasilan anak asuh Manuel Baum meraih angka pertama musim ini adalah dua pemain pinjaman dari Eintracht Frankfurt: pencetak gol penyeimbang, Goncalo Paciencia; juga penjaga gawang, Frederik Roennow. Nama terakhir berperan sangat krusial dan sebenarnya hanya kiper kedua Die Koenigsblauen.

Roennow memberi impak besar di lini pertahanan Schalke sebagai tim dengan jumlah kebobolan terbanyak di Bundesliga musim ini (16). Debutnya dimulai pada pekan ketiga saat melawan Leipzig, menggantikan kiper utama Ralf Faehrmann yang cedera di babak pertama. Hanya tampil 45 menit, Roennow melakukan tiga penyelamatan penting dan hanya kebobolan dari titik penalti.

Sedang di laga melawan Union Berlin, performanya semakin memikat. Roennow membuat enam penyelamatan penting dan menghindarkan Schalke dari kekalahan. Mengingat gawang Schalke di bawah penjagaan Faehrmann sudah kebobolan 14 gol hanya dari empat pertandingan, sulit untuk mengabaikan impak instan Roennow.

Link streaming Borussia Dortmund vs Schalke 04

Sebelum penampilan buruk Ralf Faehrmann di bawah mistar gawang Schalke pada 2020 ini, serta jauh sebelum munculnya Roennow, klub yang bermarkas di Veltins Arena terkenal memproduksi penjaga gawang jempolan.

Sebut saja nama Alexander Nuebel yang baru saja pindah ke Bayern Muenchen, Jens Lehmann, atau yang paling populer, Manuel Neuer. Semua nama tersebut adalah produk asli klub yang berdiri 116 tahun silam.

Lehman yang terkenal membawa Arsenal meraih kampiun Liga Inggris tanpa terkalahkan pada 2003/04, mengawali karier profesionalnya di Veltins Arena. Selain mencatatkan 247 penampilan, Lehmann mampu menghadirkan satu gelar Piala UEFA 1996/97. Itu merupakan gelar perdana Schalke di kancah kontinental.

Suksesornya, Manuel Neuer, dapat disebut sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah sepakbola. Berbagai gelar telah disabet Neuer, mulai dari delapan Bundesliga, enam DFB Pokal, dua Liga Champions, hingga Piala Dunia 2014. Di ranah individu, Neuer pernah meraih peringkat tiga Ballon d’Or 2014 dan dua kali masuk nominasi UEFA Men’s Player of the Year 2013/14 (peringkat 2) dan 2019/20 (peringkat 3).

Namun, kesuksesan Neuer berawal dari Schalke. Musim terakhirnya, 2010/11, Neuer diberi tanggung jawab menjadi kapten Die Koenigsblauen dan berhasil membawa timnya ke semifinal Liga Champions dan menjuarai DFB Pokal, gelar keduanya.

Sementara itu, meski bukan produk asli akademi Gelsenkirchen, kemunculan Roennow sebagai suksesor Lehmann atau Neuer bukanlah sesuatu yang terlambat. Umur 28 bagi seorang penjaga gawang terbilang masih muda. Neuer sendiri pindah ke Bayern Munchen pada umur 25.

Mengawali karier di klub lokal, AC Horsens, nama Roennow mulai mencuat saat bergabung dengan salah satu raksasa Superliga Denmark, Brondby pada 2015 silam. Selama tiga musim, Roennow mencatatkan 99 penampilan di semua kompetisi serta memberikan satu gelar Piala Denmark 2017/18.

Penampilan solidnya membuat Eintracht Frankfurt menggaetnya sebagai pengganti Lukas Hradecky, kiper yang juga didatangkan Eintracht dari Brondby. Pelatih Timnas Denmark saat itu, Age Hareide, memasukkannya ke daftar skuad Piala Dunia 2018 Rusia sebagai pelapis Kasper Schmeichel dan Jonas Lossl.

Selama di Frankfurt, Roennow kalah bersaing dengan Kevin Trapp. Selama dua musim, Roennow hanya mendapatkan 11 kesempatan bermain di Bundesliga. Memang terlalu dini menilai dua penampilan perdananya sebagai patokan di masa depan. Tetapi bisa jadi dua penampilan tersebut dapat membuat pelatih anyar Schalke, Manuel Baum, memberikannya menit bermain lebih.

Sabtu (24/10) esok, Roennow diperkirakan akan mendapat tugas berat membendung gempuran lini depan Dortmund dalam jadwal lanjutan Spieltag 5 Bundesliga. Meski tanpa kemenangan di 20 pertandingan terakhir Bundesliga, di laga bertajuk Revierderby ini, Schalke dan Dortmund sama-sama mengantongi dua kemenangan dari enam derbi terakhir.

Pertandingan Dortmund vs Schalke, seluruh laga Bundesliga 2020/21, beserta ulangan dan highlights pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini)

Komentar