Cetak Gol ke Gawang Manchester City, Penantian Panjang Rodrigo Moreno Berakhir

Analisis

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Cetak Gol ke Gawang Manchester City, Penantian Panjang Rodrigo Moreno Berakhir

Rodrigo Moreno mencetak gol perdana untuk Leeds United saat timnya menahan imbang Manchester City di Elland Road, Sabtu (3/10/2020). Penyerang asal Spanyol itu membatalkan keunggulan The Citizens yang memimpin lebih dulu lewat aksi Raheem Sterling.

Eks penyerang Valencia tersebut masuk menggantikan Tyler Roberts pada menit 56. Ia memberi dampak instan ke daya gedor Leeds. Pada menit 59, memanfaatkan kesalahan antisipasi Ederson, Rodrigo melesakkan bola dari jarak dekat.

Gol itu adalah gol kedua Rodrigo di ajang Liga Inggris. Sebelumnya, pemain kelahiran Rio de Janeiro itu sempat berkiprah di Inggris saat dipinjam Bolton Wanderers pada 2010/11. Rodrigo mencetak satu gol Liga Inggris saat membela Bolton. Ia mencetak gol ke gawang Wigan Athletic saat bermain imbang 1-1 pada 5 Januari 2011.

Setelah membela Bolton, Rodrigo menghabiskan 10 musim di Portugal dan Spanyol. Ia baru kembali ke Inggris setelah direkrut Marcelo Bielsa.

Highlights pertandingan Leeds United vs Manchester City

Rodrigo harus menunggu selama sembilan tahun dan 272 hari untuk kembali mencetak gol Liga Inggris. Namun, penantian panjangnya dibayar hasil yang sepadan. Berkat golnya, The Whites sukses menahan imbang Man City dan nyaman di peringkat lima klasemen sementara.

Masuknya Rodrigo merupakan salah satu momen pembeda dalam laga Leeds vs Man City. Berperan sebagai gelandang serang, pergerakannya sering merepotkan lini pertahanan lawan. Meski hanya bermain selama 34 menit, Rodrigo membuat tiga tembakan (dua tepat sasaran) dan dua umpan kunci.

Eks penyerang Benfica itu juga hampir mencetak gol kedua dalam laga ini. Tembakannya dari jarak dekat memaksa Ederson membuat penyelamatan herois.

Leeds sendiri tampil berani saat menjamu The Citizens. Skuad asuhan Bielsa unggul penguasaan bola (53%), jumlah operan (429), dan jumlah tembakan tepat sasaran (tujuh berbanding dua). Leeds mampu bangkit kendati terdesak dan kebobolan di awal laga.

“Awal pertandingan dan akhir pertandingan adalah milik Manchester City. Akhir babak pertama dan awal babak kedua adalah milik kami,” ucap Bielsa menanggapi laga Leeds vs Man City.

“Bagi kami, untuk dapat mengimbangi lawan, kami harus berupaya sampai batas kami. Ini adalah laga di mana kedua pihak mencoba menang, dan hasil ini adalah kesimpulan pertandingannya,” tambah pelatih berusia 65 tahun tersebut.

Pertandingan ini sekaligus menjadi pertemuan keempat antara Bielsa dan Pep Guardiola. Bielsa belum berhasil mengalahkan pelatih yang mengaku terinspirasi sosoknya itu. Pada 2011/12, Athletic Bilbao asuhan Bielsa menelan dua kekalahan dan satu hasil imbang lawan Barcelona arahan Pep.

Susunan Pemain Leeds vs Man City

Leeds (4-1-4-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Liam Cooper, Stuart Dallas; Kalvin Phillips; Helder Costa, Tyler Roberts (Rodrigo Moreno), Mateusz Klich (Leif Davies), Ezgjan Alioski (Ian Poveda); Patrick Bamford.

Man City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy (Nathan Ake); Kevin De Bruyne, Rodrigo, Phil Foden; Ferran Torres (Bernardo Silva), Riyad Mahrez (Fernandinho), Raheem Sterling.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar