Tottenham vs Newcastle: Hasil Akhir Pertandingan Kembali Ditentukan VAR

Analisis

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Tottenham vs Newcastle: Hasil Akhir Pertandingan Kembali Ditentukan VAR

Laga pekan ketiga Premier League 2020/21 antara Tottenham Hotspur vs Newcastle United yang berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur, Minggu (27/9/2020) berakhir dengan skor imbang 1-1. VAR (video assistant referee) menjadi penyebab kegagalan Spurs memetik tiga poin yang sudah ada di depan mata.

Keunggulan 1-0 Tottenham sejak menit 25 lenyap setelah Eric Dier kedapatan handball di kotak penalti pada penghujung laga. Wasit Peter Bankes tidak melihat kejadian tersebut dan memberikan hadiah penalti setelah meninjau ulang melalui tayang VAR. Callum Wilson mengeksekusi penalti dan membuat The Magpies membawa pulang satu poin.

Akan tetapi, pelatih Newcastle, Steve Bruce merasa kecewa dengan hasil tersebut. Bruce memprotes aturan handball yang menurutnya "tidak masuk akal". Ia juga merasa timnya tidak pantas mendapat poin lantaran didominasi tuan rumah sepanjang pertandingan berjalan. Spurs memiliki 12 tembakan tepat sasaran dan 65% penguasaan bola, berbanding Newcastle yang hanya memiliki satu tendangan ke arah gawang, itu pun dihasilkan dari penalti Callum Wilson.

“Ini omong kosong, aturan yang tidak masuk akal. Kami memang diuntungkan hari ini — namun, itu menggelikan. Mungkin kita harus menanyakan aturan baru ini dan siapa yang membuatnya. Saya pikir VAR akan diterima untuk sesuatu yang jelas. Ini menggelikan. Saya bukan orang yang menyukainya,” ungkap Bruce dikutip dari The Guardian.

“Kami melihat Roy Hodgson tadi malam. Itu tidak masuk akal. Kami melihat hal konyol kemarin dengan Everton dan gol kemenangan mereka; kami melihat yang sama konyolnya hari ini. Saya harusnya senang tapi saya tidak bisa mengatakan saya setuju dengan VAR," tandasnya.

Highlights pertandingan Tottenham Hotspur vs Newcastle United

Delapan pertandingan gameweek tiga kali ini telah menghasilkan tujuh penalti. Tiga di antaranya ditentukan melalui VAR dan sangat krusial.

Selain gol kemenangan Everton yang disebut Bruce, Brighton dirugikan VAR saat laga melawan Manchester United (26/7). Hasil imbang The Seagulls setelah menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit 90+3 raib lantaran wasit memberikan hadiah penalti usai meninjau ulang handball Neal Maupay meski peluit panjang telah dibunyikan.

Hasil ini membuat Tottenham tertahan di peringkat tujuh dengan raihan empat poin dari tiga laga, sama seperti Newcastle tetapi dengan selisih gol yang lebih baik.

Terlepas dari VAR, statistik menunjukkan Tottenham arahan Jose Mourinho kembali gagal mencetak lebih dari satu gol kala memiliki rata-rata penguasaan bola lebih dari 50%. Termasuk laga kali ini, total Spurs hanya mencetak empat gol di enam laga terakhir dengan ball possession lebih dari 50% (tiga imbang, dua kalah, satu menang).

Sementara itu, satu asis Harry Kane kepada gol Lucas Moura membuatnya telah mengemas lima asis. Hanya pada musim 2016/17 (tujuh asis) dia memiliki catatan asis terbanyak sepanjang kariernya di Premier League. Sebelum 2020/21, ia tercatat hanya membuat lima asis dari 55 penampilan terkini di ajang liga.

Susunan Pemain Inti

Tottenham (4-2-3-1): Hugo Lloris; Matt Doherty, Davinson Sanchez, Eric Dier, Ben Davies; Pierre-Emile Hojbjerg, Harry Winks; Lucas Moura, Giovani Lo Celso, Son Heung-Min; Harry Kane.

Newcastle (5-4-1): Karl Darlow; Javier Manquillo, Isaac Hayden, Jamaal Lascelles, Federico Fernandez, Matt Richie; Miguel Almiron, Jonjo Shelvey, Jeff Hendrick, Joelinton; Callum WIlson.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar