Lawan Dinamo Zagreb U-19, Timnas Indonesia Perlu Maksimalkan Kecepatan

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Lawan Dinamo Zagreb U-19, Timnas Indonesia Perlu Maksimalkan Kecepatan

Timnas Indonesia U-19 bakal mengakhiri training center (TC) dan serangkaian uji tanding di Kroasia dengan menghadapi Dinamo Zagreb U-19, Senin (28/9/2020). Melawan tim Eropa yang unggul secara postur, Garuda Muda bisa mengandalkan kecepatan untuk membongkar pertahanan lawan.

Enam pertandingan telah dijalani David Maulana dan kawan-kawan. Secara hasil, performa skuad arahan Shin Tae-yong masih jauh dari harapan. Namun, melihat perkembangan para pemain dari satu laga ke laga lainnya, terdapat peningkatan yang cukup baik.

Usai kandas atas Bulgaria dan Kroasia di dua pertandingan awal, Timnas U-19 bermain cukup baik di laga ketiga melawan Arab Saudi. Kondisi fisik yang sempat dianggap menjadi salah satu kekurangan perlahan bisa diperbaiki.

Selanjutnya, dalam dua laga uji tanding melawan Qatar U-19, lini pertahanan pun mulai terlihat cukup solid. Bagas Kaffa dan rekan-rekan hanya kebobolan dua gol pada dua pertandingan tersebut. Padahal dari tiga pertandingan sebelumnya, Garuda Muda kebobolan 13 gol.

Teranyar, melawan Bosnia & Herzegovina, Shin Tae-yong berhasil membuat tim Eropa tersebut kesulitan. Meski kalah dengan skor 0-1, performa Merah Putih relatif cukup baik. Beberapa kali Timnas U-19 unggul dari segi kecepatan yang mampu dimaksimalkan lewat sayap.

Link streaming Timnas Indonesia U-19 vs Dinamo Zagreb U-19

“Kami masih banyak PR yang harus diselesaikan. Untuk pertandingan selanjutnya kami ingin pemain dapat berkembang semakin baik lagi,” ucap Shin Tae-yong.

Beberapa kelemahan yang perlu ditingkatkan oleh Garuda Muda yakni mengenai koordinasi dan konsentrasi selama 90 menit. Gol Bosnia di laga terkini yang diawali situasi bola mati dan berujung gol bunuh diri, misalnya, bisa diantisipasi seandainya komunikasi antarpemain terjalin dengan baik.

Di lain pihak, Dinamo Zagreb U-19 menuai hasil imbang kontra Lokomotiva Zagreb U-19 dalam laga terkini di Liga Kroasia U-19. Sebelumnya, skuad arahan Josip Simunic tersebut selalu menang dalam lima laga secara beruntun.

Dengan catatan tersebut, sulit rasanya untuk Garuda Muda meraih kemenangan. Namun, apabila merujuk pada target tim yang lebih mementingkan progres dibandingkan hasil, uji tanding melawan Dinamo Zagreb diperkirakan bakal menambah pengalaman Witan Sulaeman dan kawan-kawan.

Perkiraan Susunan Pemain Timnas U-19

(4-4-2): M. Adi Satryo; Bagas Kaffa, I Komang Teguh, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Brylian Aldama, M. Supriadi, Beckham Putra; Braif Fatari, Saddam Gaffar.

Pertandingan Indonesia U-19 melawan Dinamo Zagreb U-19 ditayangkan secara langsung di Mola TV dan dapat disaksikan secara gratis. Klik link ini lalu lakukan registrasi secara gratis tanpa dipungut biaya untuk bisa menyaksikan siaran langsung pertandingan Indonesia U-19.

Komentar