Manchester City vs Leicester: Duel Bintang Belgia di Lini Tengah

Analisis

by Redaksi 7

Redaksi 7

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Manchester City vs Leicester: Duel Bintang Belgia di Lini Tengah

Laga Manchester City vs Leicester City dijadwalkan dalam pekan ketiga Liga Inggris 2020/21 di Stadion Etihad, Minggu (27/9/2020) pukul 22.30 WIB. Pertandingan ini mempertemukan gelandang kreatif dari “generasi emas” Belgia di kedua pihak.

Di kubu City, Kevin De Bruyne berpotensi memberi The Foxes banyak masalah dari lini tengah. Eks gelandang Chelsea tersebut masih dipercaya Pep Guardiola sebagai playmaker andalan. Pep tentu mengharap De Bruyne mampu melanjutkan performa impresif usai menyamai rekor 20 asis Premier League musim lalu.

De Bruyne pun menegaskan bahwa ia masih bisa diandalkan. Di partai perdana, pemain berusia 29 tahun itu menyumbang satu gol dan satu asis melawan Wolves. Ia juga memenangkan penalti yang dikonversinya dengan sempurna.

Jelang laga ini, kreativitas De Bruyne akan diadu dengan rekan senegaranya yang lebih muda, Dennis Praet dan Youri Tielemans. Dua gelandang ini adalah motor serangan yang membantu The Foxes meraih dua kemenangan beruntun di awal musim ini.

Link streaming Manchester City vs Leicester City

Khusus untuk Praet, pemain berusia 26 tahun ini menunjukkan bahwa ia layak dipercaya Brendan Rodgers. Musim lalu, eks gelandang Sampdoria tersebut hanya tampil 12 kali sebagai starter. Dengan cederanya James Maddison, Praet diturunkan sejak awal dalam laga kontra West Brom dan Burnley.

Praet pun diberi peran lebih menyerang oleh Rodgers untuk menambal absennya Maddison. Melansir data Stats Bomb, Praet lebih leluasa membantu serangan pada awal musim ini. Ia sepuluh kali menyentuh bola di kotak penalti dan 50 kali di sepertiga akhir pada dua pertandingan awal.

Eks pemain RSC Anderlecht itu mampu tampil impresif dalam membantu serangan The Foxes. Ia tercatat membuat lima umpan ke kotak penalti dan mengemas satu gol serta satu asis di Premier League sejauh ini.

Praet tentu hendak melanjutkan performa impresif tersebut saat bertandang ke Etihad. Pemain bernomor punggung 26 ini wajib menjaga konsistensi untuk menjaga persaingan dengan Maddison di pos gelandang serang.

Saat menghadapi City, Praet akan bekerja sama dengan Youri Tielemans untuk membuka lini pertahanan tuan rumah. Tielemans sendiri tampil apik di jantung lini tengah Leicester pada awal musim. Dari dua pertandingan, Tielemans membuat 15 umpan progresif dan 14 umpan sukses ke sepertiga akhir (terbanyak di antara skuad Leicester).

Selain Praet dan Tielemans, Timothy Castagne adalah pemain Belgia lain yang wajib diwaspadai City. Baru didatangkan dari Atalanta, Castagne langsung berperan signifikan.

Bek berusia 24 tahun itu mencetak gol debut saat menghadapi West Brom. Kala bersua Burnley, Castagne juga membuat satu asis dan memaksa Erik Pieters mencetak gol bunuh diri. Pergerakannya dari sayap kanan berpotensi memberi masalah serius bagi The Citizens.

Apabila menilik statstik di atas, duel lini tengah dapat menjadi faktor krusial dalam laga City vs Leicester. Daya kreasi Praet dan Tielemans wajib diwaspadai The Citizens jelang laga ini. Sebaliknya, Caglar Soyuncu dan kawan-kawan tentu sudah paham dengan ancaman De Bruyne.

Untuk meredam gelandang serang Leicester, Pep dapat menurunkan Rodri dan Fernandinho sebagai double pivot. Dengan cederanya sejumlah pilar — termasuk dua striker inti — Pep diprediksi kembali menurunkan formasi 4-2-3-1 dengan Raheem Sterling sebagai penyerang tengah.

Kyle Walker dkk sendiri patut optimistis jika meninjau rekor head to head lawan Leicester. City selalu menang dalam empat pertemuan terkini di Etihad. Menghadapi The Foxes, City terakhir kali kalah di Etihad saat Leicester juara Liga Inggris pada 2015/16.

Perkiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, John Stones, Nathan Ake, Benjamin Mendy; Rodri, Fernandinho; Riyad Mahrez, Kevin De Bruyne, Phil Foden; Raheem Sterling.

Leicester (4-1-4-1): Kasper Schmeichel; Timothy Castagne, Jonny Evans, Caglar Soyuncu, James Justin; Nampalys Mendy; Ayoze Perez, Dennis Praet, Youri Tielemans, Harvey Barnes; Jamie Vardy.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar