Hasil Dortmund vs Moenchengladbach: Debut Menjanjikan Jude Bellingham

Analisis

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Hasil Dortmund vs Moenchengladbach: Debut Menjanjikan Jude Bellingham

Pertandingan pekan perdana Bundesliga 2020/21 antara Borussia Dortmund vs Monchengladbach pada Sabtu (19/9/2020) di Stadion Signal Iduna Park berkesudahan dengan skor 3-0 untuk kemenangan tuan rumah. Bintang muda Jude Bellingham yang memainkan debut Bundesliga mampu tampil apik.

Pembelian Bellingham dari Birmingham City seharga 22,8 juta paun langsung membuahkan hasil. Ia diturunkan sebagai tandem Axel Witsel di posisi gelandang tengah. Bellingham langsung menyumbang satu asis kepada gol pertama Dortmund yang dicetak Gio Reyna.

Whoscored memberi nilai 7,2 berkat permainan solid pemain berusia 17 tahun tersebut. 83 persen umpannya sukses, satu kali melakukan tekel sukses, serta tidak pernah kehilangan bola. Selain itu, ia juga membuat satu dribel sukses.

Kendati Bellingham tampil bersinar, bintang pertandingan diberikan kepada Erling Braut Haaland. Penyerang asal Norwegia tersebut menyumbang dua gol dan diberikan nilai 8,3 oleh Whoscored. Itu merupakan gol ke-18 Haaland dari 20 penampilan bersama Die Borussen.

Highlight pertandingan Dortmund vs Moenchengladbach

Kemenangan Dortmund ini bertambah spesial lantaran disaksikan 10.000 suporter. Sesuai pedoman kesehatan di Jerman, suporter tim kandang diperbolehkan menonton dari dalam stadion, namun hanya 20 persen dari kapasitas maksimum. Sementara pendukung tim tandang belum diizinkan hadir.

"Ini hasil yang bagus buat kami. Saya senang dapat mencetak gol lagi, khususnya disaksikan 10.000 penonton yang datang ke stadion hari ini. Rasanya luar biasa mendapati mereka kembali ke sini," ungkap Erling Haaland dikutip dari situs resmi Dortmund.

"Mereka mendukung kami, dan kami membutuhkan hal tersebut hari ini. Para pendukung memberikan dorongan ekstra, dan tentu saja rasanya fantastis dapat mencetak gol kembali di depan mereka," tandas penyerang berusia 20 tahun.

Laga ini merupakan pertandingan kompetitif kedua Bellingham selama berseragam Die Borussen. Pada 15 September lalu, gelandang berkebangsaan Inggris tersebut menjalani debut dalam kemenangan 5-0 Dortmund atas Duisburg. Bellingham menyumbang satu gol dalam laga itu.

Selain Bellingham, nama Gio Reyna juga mencuri perhatian dalam laga Dortmund vs Monchengladbach. Pemain 17 tahun asal Amerika Serikat tersebut juga berperan di dalam gol pertama Erling Haaland. Aksi individunya di kotak penalti Monchengladbach berujung hadiah penalti dari wasit.

Pelatih Lucien Favre memuji penampilan skuad mudanya. Pemain yang turun sebagai starter di laga ini masih dikategorikan sebagai lapis kedua. Pasalnya, nama-nama seperti Julian Brandt, Marco Reus, hingga Thomas Delaney belum fit sepenuhnya dan hanya bermain babak kedua.

"Saya suka bekerja dengan pemain muda, tapi tentu saja saya suka bekerja dengan pemain berpengalaman juga. Variasinya sangat bagus, yang terlihat dalam kemenangan 3-0 kami hari ini,” ungkap pelatih berkebangsaan Swiss tersebut.

“Hummels memainkan bola ke depan, dan Jadon serta Erling berlari cepat di sepanjang lapangan. Itu adalah gol yang brilian di akhir pertandingan. Adanya variasi memberi kami perasaan yang luar biasa. Kami akan membutuhkan semua pemain kami selama musim yang panjang ini. Sekarang kami harus menganalisis pertandingan sebelum mengambil keputusan minggu depan,” tandas Favre.

Hasil ini menempatkan Dortmund di posisi tiga klasemen sementara, di bawah pemuncak Bayern Munchen dan Hertha Berlin. Pekan depan, Dortmund akan bertandang ke markas Augsburg sebelum melakoni laga final DFL Supercup kontra Bayern Munchen pada 1 Oktober mendatang.

Susunan Pemain

Dortmund (3-4-1-2): Roman Burki; Emre Can, Matt Hummels, Manuel Akanji; Thomas Meunier, Axel Witsel, Jude Bellingham, Thorgan Hazard; Gio Reyna; Erling Haaland, Jadon Sancho.

Monchengladbach (3-4-3): Yann Sommer; Matthias Ginter, Nico Elvedi, Ramy Bensebaini; Stefan Lanier, Florian Neuhaus, Christoph Kramer, Oscar Wendt; Hannes Wolf, Lars Stindl, Jonas Hofmann.

Saksikan pertandingan-pertandingan Bundesliga lainnya di Mola TV (klik di sini).

Komentar