Prediksi Dortmund vs Moenchengladbach: Memaksimalkan Dukungan Suporter

Analisis

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Dortmund vs Moenchengladbach: Memaksimalkan Dukungan Suporter

Borussia Dortmund mendapatkan angin segar jelang laga melawan Borussia Moenchengladbach pada gameweek pertama Bundesliga 2020/21, Sabtu (19/9/2020) pukul 23.30 WIB. Pasalnya, otoritas kesehatan Kota Dortmund memberikan izin kepada suporter tuan rumah untuk menyaksikan penampilan Die Borussen di Stadion Signal Iduna Park meskipun dalam jumlah terbatas.

Dari sisi non-teknis, keputusan tersebut menjadi keuntungan bagi anak asuh Lucien Favre. Namun, dari segi kekuatan tim, Moenchengladbach tak bisa dipandang sebelah mata. Finis di peringkat lima musim lalu membuktikan bahwa Marcus Thuram dan kolega berpotensi menyulitkan tuan rumah.

Hal itu disadari oleh gelandang Dortmund yang sempat memperkuat Moenchengladbach , Thorgan Hazard. Meski secara head to head Dortmund mendominasi lantaran selalu menang dalam 10 pertemuan terakhir, Die Fohlen cukup kuat dari segi tim dan kolektivitas permainan.

“Moenchengladbach adalah tim yang sangat bagus dan sulit untuk dikalahkan. Kami ingin menang. Kami mesti menang untuk memulai dengan baik,” kata Hazard sebagaimana dilansir laman resmi klub.

Pernyataan Hazard diamini pula oleh Lucien Favre selaku pelatih. Beberapa penggawa seperti Roman Burki dan Raphael Guerreiro yang masih diragukan tampil karena cedera membuat pria asal Swiss tersebut mesti menimbang benar-benar susunan pemain yang akan diturunkan sejak sepak mula.

“Kami menegaskan sejak menit pertama bahwa, sebagai tim yang diunggulkan, kami ingin memenangkan pertandingan. Kami butuh performa berkualitas maksimal lawan tim semacam itu untuk memenangkan pertandingan pada Sabtu malam,” papar Favre.

Link streaming Dortmund vs Moenchengladbach

Moenchengladbach Minimalisasi Kesalahan

Di lain pihak, pelatih tim tamu, Marco Rose, menginstruksikan skuadnya untuk meminimalisasi kesalahan selama 90 menit pertandingan. Menurutnya, Dortmund merupakan tim yang bisa memanfaatkan peluang jika Patrick Herrmann dan rekan-rekan sering melakukan kesalahan yang tidak perlu.

Lebih lanjut, kekuatan tuan rumah juga tak banyak berubah. Hal ini, kata Rose, merupakan keuntungan karena tak perlu adaptasi berlebih. Rose juga menyambut baik kabar hadirnya para pendukung tuan rumah.

“Kami senang dengan adanya suporter di tribun pada laga Sabtu nanti, meskipun mereka adalah pendukung tuan rumah. Kami mengharapkan suasana yang baik di Dortmund dengan 10.000 suporter yang hadir,” ucapnya.

Sebelum menjalani laga perdana Bundesliga musim ini, kedua tim telah memainkan pertandingan di ajang DFB Pokal. Dortmund menang 0-5 atas MSV Duisburg sedangkan Moenchengladbach menaklukkan Oberneuland 0-8.

Dukungan suporter Dortmund diperkirakan dapat membuat atmosfer pertandingan kian menarik. Situasi ini bisa membuat tim tamu memperoleh tekanan lebih besar. Oleh karena itu, tuan rumah diprediksi bisa meraup tripoin perdananya musim ini di kandang sendiri.

Head to Head Dortmund vs Moenchengladbach

08/03/2020: Moenchengladbach vs Dortmund 1-2

31/10/2019: Dortmund vs Moenchengladbach 2-1

19/10/2019: Dortmund vs Moenchengladbach 1-0

18/05/2019: Moenchengladbach vs Dortmund 0-2

22/12/2018: Dortmund vs Moenchengladbach 2-1

Perkiraan Susunan Pemain

Dortmund: Roman Burki; Emre Can, Mats Hummels, Manuel Akanji; Thomas Meunier, Axel Witsel, Jude Bellingham, Raphael Guerreiro; Jadon Sancho, Marco Reus; Erling Haaland.

Moenchengladbach : Yann Sommer; Stefan Lainer, Nico Elvedi, Matthias Ginter, Ramy Bensebaini; Jonas Hofmann, Lars Stindl, Hannes Wolf, Christoph Kramer, Patrick Herrmann; Marcus Thuram.

Pertandingan Dortmund vs Monchengladbach dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar