Preview Liverpool vs Leeds United: Potensi Tercipta Banyak Gol

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Preview Liverpool vs Leeds United: Potensi Tercipta Banyak Gol

Duel Liverpool vs Leeds United pada pekan perdana Liga Inggris 2020/21 bakal digelar di Stadion Anfield, Sabtu (12/9/2020) pukul 23.30 WIB. Jika berkaca pada rekor head to head lima pertemuan terakhir, The Reds jelas diunggulkan.

Sebagai juara bertahan, Liverpool menginginkan awal yang baik di pertandingan pertama Premier League musim ini, sekaligus membuktikan bahwa performa Mohamed Salah dan kawan-kawan tetap berada di level teratas. Pasalnya, dari sejumlah laga uji tanding pramusim, skuat arahan Jurgen Klopp terlihat belum terlalu optimal.

Sempat meraih kemenangan atas Stuttgart (3-0), Liverpool hanya imbang melawan Salzburg (2-2) dan kalah dari Arsenal lewat adu penalti di ajang Community Shield. Sementara pada uji tanding terakhir melawan Blackpool, The Reds menang dengan skor 7-2.

Situasi diperkirakan bakal berbeda pada laga malam nanti. Apalagi kini Jurgen Klopp bisa sedikit bernapas lega dengan kembalinya sejumlah pemain yang sebelumnya absen karena berlaga di UEFA Nations League seperti Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, dan Virgil van Dijk.

Kendati sang lawan merupakan tim promosi, Klopp menilai anak asuh Marcelo Bielsa tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari kacamata Klopp, pertandingan bakal berlangsung dengan tempo cepat dan membutuhkan kesigapan dari tiap pemain yang diturunkan.

“Jika kami tidak siap dengan intensitas pertandingan, berarti kami memiliki masalah, 100 persen, karena mereka [Leeds United] akan selalu siap,” papar Jurgen Klopp dalam konferensi pers jelang laga.

Tidak hanya unggul dari rekor pertemuan, Liverpool asuhan Klopp juga memiliki rekor apik ketika melakoni laga perdana Liga Inggris. Sejak kehadirannya di Anfield, pelatih asal Jerman tersebut meraih tiga kemenangan dan sekali imbang.

Di lain pihak, Leeds United cukup antusias menjalani pertandingan perdananya di Premier League sejak terakhir kali tampil di divisi teratas 16 tahun silam.

Di atas kertas, materi pemain Leeds berada di bawah tuan rumah. Meski demikian, instruksi Marcelo Bielsa untuk tampil penuh determinasi sepanjang laga dapat menjadi pembeda.

“Saya pikir para pemain, staf, dan semua orang di klub sangat senang, terutama suporter yang tidak sabar menyaksikan kami menjalani pertandingan besar,” ucap gelandang Leeds United, Pablo Hernandez dikutip laman resmi klub.

Keseriusan Leeds untuk tidak sekadar “numpang lewat” di Premier League pun terlihat dalam bursa transfer. Mereka melakukan pembenahan dengan merekrut Rodrigo Moreno dari Valencia yang menjadikannya rekor pembelian termahal klub (26 juta paun).

“Ini kehormatan bagi saya untuk menjadi rekrutan termahal klub. Namun, ini bukanlah tekanan berlebih. Premier League istimewa karena sangat kompetitif. Kami selalu ingin berjumpa Liverpool, Tottenham, atau Manchester City,” kata Rodrigo.

Link Streaming Liga Primer Inggris musim 2020/21

Potensi Lahir Banyak Gol

Musim lalu di Divisi Championship, Leeds United menjadi tim tersubur kedua setelah Brentford dengan 77 gol. Pun demikian dengan Liverpool. The Reds tercatat sebagai tim paling produktif kedua di Premier League setelah Man City, menyarangkan 85 gol musim lalu.

Dari sisi permainan, kedua tim diperkirakan bakal tampil menyerang. Jika tuan rumah didukung oleh para pemain top seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino, maka Leeds kemungkinan bakal mengandalkan ketahanan fisik dan konsistensi dalam hal organisasi permainan.

Peluang lahirnya banyak gol juga didukung oleh rekor Jurgen Klopp ketika menjalani laga perdana di tiap musim baru bersama Liverpool di ajang Liga Inggris. Sejak 2016, setidaknya tiga gol selalu tercipta di partai perdana Liverpool.

Pada 2016, Liverpool menang 3-4 atas Arsenal. Anak asuh Klopp kemudian imbang 3-3 lawan Watford pada 2017. Setahun berselang, Liverpool menang atas West Ham 4-0 dan terakhir pada musim lalu, James Milner dan kolega meraup tiga poin berkat hasil 4-1 lawan Norwich.

Dengan catatan-catatan tersebut, Liverpool diprediksi bisa meraih kemenangan pada pertandingan perdana malam nanti, meskipun tidak dengan cara yang mudah.

Perkiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold; Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita; Sadio Mane, Mohamed Salah, Roberto Firmino.

Leeds United (4-5-1): Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Liam Cooper, Stuart Dallas; Helder Costa, Mateusz Klich, Kalvin Phillips, Pablo Hernandez, Jack Harrison; Rodrigo Moreno.

Pertandingan Liverpool melawan Leeds dapat Anda saksikan di Mola TV. (Klik di sini)

Komentar