Petteri Pennanen, Rekrutan Baru Tira-Kabo yang Serba Bisa

Analisis

by

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Petteri Pennanen, Rekrutan Baru Tira-Kabo yang Serba Bisa

Petteri Pennanen mendarat di Indonesia pada 14 Januari lalu untuk bergabung dengan Tira-Persikabo. Pemain berusia 29 tahun itu didatangkan dari tim Finlandia, Kupion Palloseura (KuPS). Berdasarkan Transfermarkt, Pennanen memiliki nilai pasar sebesar €450 ribu atau sekitar 6,7 miliar rupiah. Meski nilai transfernya tidak terungkap, namun Pennanen sebenarnya masih memiliki kontrak bersama KuPS hingga akhir tahun ini.

Pemain yang kerap diturunkan sebagai sayap kiri itu bukan pemain sembarangan di Veikkausliiga, divisi teratas piramida liga Finlandia. Ia merupakan kapten KuPS yang sukses menjuarai Veikkausliiga musim 2019 setelah klub asal kota Kuopion itu terakhir juara pada musim 1976.

Pennanen tampil 22 kali dengan catatan lima gol dan sembilan asis musim 2019/20. Pennanen berkontribusi dalam menanjaknya performa KuPS, ia datang di musim 2017 di mana KuPS selalu finis tiga besar hingga musim 2020, setelah mereka terakhir menembus urutan tiga teratas pada musim 2010.

VIDEO: Update informasi sepakbola dunia



CEO Persikabo, Rhendie Arindra mengungkapkan bahwa cara bermain Pennanen sudah dipelajari. "Profil dan video bermain dari pemain yang memiliki tinggi badan 181 cm itu sudah kami pelajari. Karakternya sangat cocok di Tira Persikabo yang sudah memiliki Ciro Alves," ungkap Rhendie Arindra. Bagaimana sebenarnya cara bermain Pennanen?

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225710945512476673">

Kekuatan

Bermain sebagai sayap kiri, Pennanen tidak hanya berbahaya ketika bola berada di sisi kiri. Ketika berada di sisi kanan, Pennanen kerap menimbulkan petaka bagi lawan dengan pergerakan dan determinasinya untuk berada di dalam kotak penalti. Tidak mengejutkan jika melihat tiga dari lima gol Pennanen di Veikkausliiga 2019 berawal dari kondisi umpan silang di sisi kanan.

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225711195937628160">

Pennanen juga memiliki visi yang baik dalam berbagai situasi. Ia kerap melepaskan umpan jauh dari area sendiri yang mampu menembus pertahanan lawan. Kondisi ini akan sangat berguna jika tim sedang dalam transisi bertahan ke menyerang karena umpan jauh pria kelahiran Finlandia itu bisa mempercepat serangan balik. Pengamatannya juga cukup bagus ketika rekan setim melakukan pergerakan menusuk sehingga peluang tercipta dari umpan terobosan yang ia lepaskan. Dilansir dari Instat, Pennanen mampu membuat 1,8 umpan kunci per pertandingan.

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225713289440583681">

Pennanen memang bukan tipe sayap yang memiliki kecepatan tinggi seperti Febri Haryadi atau Rico Simanjuntak. Tapi bukan berarti ia tidak lihai dalam mengolah si kulit bundar. Pennanen tidak segan melakukan trik untuk melewati lawan dan keluar dari tekanan. Ia tidak memiliki kecepatan tinggi, tapi penempatan waktu dan fisik yang kuat membuat ia tidak kesulitan dalam melewati lawan. Dilansir dari Instat, Pennanen mampu membuat 1,5 dribel per pertandingan.

Kemampuan dribel dan trik Pennanen kerap diteruskan dengan permainan kombinasi yang mampu mengacaukan pertahanan lawan. Pennanen menggunakan kemampuan dribelnya agar bisa keluar dari tekanan lawan untuk kemudian melakukan permainan kombinasi yang didasari oleh kerja sama tim yang baik. Hasilnya, KuPS mampu keluar dari tekanan dan memiliki ruang lebih besar untuk melancarkan serangan.

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225714952846995456">

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225715236025466881">

Era sepakbola modern mengharuskan penyerang juga berkontribusi ketika fase bertahan. Pennanen mampu mencatatkan 1,23 tekel per pertandingan. Determinasinya yang tinggi untuk merebut bola membuat ia bisa diandalkan ketika tim tidak menguasai bola. Kontribusi pertahanan Pennanen sangat terlihat ketika ia dipasang sebagai gelandang tengah. Dari empat pertandingan, Pennanen mampu membuat 16 intersep dan tujuh tekel.

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225716003507560449">

Kelemahan

Pergerakan Pennanen memang patut diacungi jempol karena mampu menjadi opsi umpan yang potensial dan melahirkan peluang. Namun gol Pennanen mungkin bisa lebih dari lima jika ia mempertajam kemampuan penyelesaian akhir. Pennanen beberapa kali gagal menciptakan gol meskipun memiliki peluang bagus setelah melakukan pergerakan yang baik.

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225716112333008897">

Potensi

Dengan usia yang sudah tidak muda lagi, kualitas Pennanen tampaknya tidak akan banyak berubah, apalagi dalam waktu singkat. Lagipula, cara bermain Pennanen tampak sudah pakem dan sulit untuk diubah. Potensi bagi Persikabo adalah bagaimana cara bermain Pennanen bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kaki terkuat Pennanen adalah kaki kanan dan ia beroperasi di sisi kiri sehingga ia kerap melakukan dribel ke dalam atau yang biasa disebut cut inside. Pennanen memang bukan sayap yang bisa melakukan cut inside dan melepaskan tembakan berbahaya dari luar kotak penalti. Tapi ketika berhadapan satu lawan satu di sisi kiri, Pennanen bisa membuat lawan keluar dari posisinya sehingga menciptakan ruang di sisi kiri yang bisa di eksploitasi oleh bek sayap.

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225716187591364608">

Ancaman

Meski memiliki rekam jejak yang bagus dan kemampuan yang baik, tidak serta merta Pennanen akan sukses bersama Tira-Persikabo. Ancaman terbesar bagi kesuksesan Pennanen untuk Persikabo tentu saja bagaimana ia beradaptasi di Indonesia, baik di dalam maupun luar lapangan. Tantangan ini bukan hanya bagi Pennanen, tapi berlaku pula untuk pelatih Tira-Persikabo, Igor Kriushenko. Mantan pelatih timnas Belarusia itu harus memutar otak untuk mengeluarkan kemampuan terbaik Pennanen.

https://twitter.com/dzikrylzs/status/1225716221166804993">

Kesimpulan

Pennanen bukan pemain sembarangan, bahkan ia merupakan pemain serba bisa. Kepercayaan diri Pennanen tentu cukup tinggi setelah mampu membawa KuPS juara dan ia memiliki berbagai kemampuan yang bisa dimaksimalkan oleh Persikabo. Menarik dinanti bagaimana sepak terjang Pennanen di Liga 1 2020.

Komentar