Fabinho Cedera, Liverpool dalam Bahaya

Analisis

by redaksi

Fabinho Cedera, Liverpool dalam Bahaya

Liverpool gagal menyegel satu tempat di babak 16 besar Liga Champions 2019/20 pada pekan lima gara-gara ditahan imbang Napoli 1-1. Nasib The Reds, juga RB Salzburg dan Napoli, akan ditentukan pada laga terakhir. Skuat asuhan Juergen Klopp itu akan bertandang ke markas Salzburg di laga terakhir grup.

Tapi alih-alih membicarakan hasil imbang dan peluang lolos timnya, Klopp punya kekhawatiran lain usai laga melawan Napoli. Cedera Fabinho adalah hal yang paling dipikirkannya malam itu. "Hal terbesar dari laga itu adalah cedera Fabinho. Itu akan memberikan dampak besar [buat Liverpool]," kata Klopp usai pertandingan.

Klopp patut khawatir akan cederanya Fabinho. Gelandang asal Brasil itu telah menjadi nyawa di lini tengah Liverpool dalam dua musim terakhir. Musim ini ia hanya absen sekali di Liga Primer, yang hasilnya Liverpool kokoh di puncak klasemen. Dari 12 pertandingan, 11 di antaranya Fabinho bermain sejak menit pertama.

Live streaming gratis Liverpool vs Brighton and Hove Albion

Betapa pentingnya Fabinho bagi lini tengah Liverpool sudah membuat Klopp berpikir keras mencari waktu yang tepat untuk mengistirahatkannya. Ia tahu kalau ia tak bisa terus-terusan memforsir tenaga eks gelandang AS Monaco ini di setiap pertandingan. Tapi ia juga tahu bahwa belum ada pemain Liverpool lain yang bisa bermain seperti Fabinho. Akhirnya pertandingan melawan Aston Villa dipilih Klopp untuk jadi laga pertama Liverpool tanpa Fabinho.

"Pertandingan melawan Genk jadi contoh bagus tentang betapa hebatnya Fabi. Fabi harus melakukan banyak hal untuk memangkas ruang yang ada di berbagai situasi. Tugas seorang pemain nomor 6 modern memang sangat penting, akan semakin penting ketika lebih banyak pemain ofensif di sekitarnya. Tapi dia juga tidak hanya penutup ruang, atau seorang penduel atau apapun itu, pada dasarnya dia pesepakbola hebat," kata Klopp pada akhir Oktober silam.

Dalam catatan Whoscored, Fabinho merupakan pemain Liverpool dengan upaya tekel terbanyak, yakni 51 kali. Jordan Henderson, dengan jumlah pertandingan yang sama (12) hanya 36 kali. Sedangkan Georginio Wijnaldum dengan jumlah pertandingan yang lebih banyak (13) hanya melakukan 22 tekel. Tugasnya mengganggu dan menghentikan serangan lawan inilah yang membuat pemain berusia 26 tahun ini sangat penting.

Tidak hanya itu, Fabinho juga jadi gelandang yang rajin mengkreasikan serangan. Ia merupakan pemain keempat dengan jumlah operan terbanyak di Liverpool (725 operan). Jumlah operannya hanya kalah dari para pemain belakang, yakni Virgil Van Dijk (972), Andrew Robertson (899), dan Trent Alexander-Arnold (835).

Itu artinya baik saat menguasai bola maupun tanpa menguasai bola, Fabinho merupakan gelandang yang punya peranan terpenting. Menyerang atau pun bertahan, dia sama-sama sibuk. Bola pasti akan selalu berada di dekatnya.

"Dalam mengelola kekacauan seperti yang kami inginkan dan sukai, dia [Fabinho] adalah tumpuannya," kata asisten pelatih Liverpool, Pep Ljinders. "Dengan seorang pemain seperti Fabinho di lini tengah, bola akan selalu berada di sekitarnya. Momentumnya, visinya, ketenangannya, hal-hal itu memberikan dimensi lain pada lini tengah kami."

Entah berapa lama Fabinho akan absen atas cedera yang ia dapat setelah berduel dengan Hirving Lozano. Yang pasti, cedera atau tidak, dia dipastikan absen saat Liverpool menghadapi Brighton & Hove Albion pada Sabtu (30/11) karena akumulasi kartu. Melawan Brighton sudah dipastikan akan menjadi pelajaran lagi bagi Liverpool ketika harus bermain tanpa Fabinho.

Saat tampil tanpa Fabinho di laga melawan Aston Villa pada pekan ke-11, Liverpool begitu kerepotan. Villa unggul lebih dulu. Memang, Liverpool pada akhirnya tetap meraih kemenangan dengan skor 2-1. Tapi kedua gol Liverpool dicetak pada menit ke-87 dan 90+3. Melawan Brighton, jika Klopp masih belum menemukan formula pas tanpa Fabinho, boleh jadi Liverpool akan kembali kesulitan untuk meraih kemenangan. Absennya Fabinho menjadi tanda bahaya.

Saksikan pertandingan Liverpool vs Brighton pada Sabtu, pukul 21.00 WIB. Pertandinga ini bisa disaksikan secara streaming melalui aplikasi Mola TV. Gratis!

Komentar