Man City vs Brighton: Kemenangan Pertama The Citizen di Kandang?

Analisis

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Man City vs Brighton: Kemenangan Pertama The Citizen di Kandang?

Kemenangan atas Bourenmouth pada pekan ketiga Liga Primer Inggris 2019/20 membawa Manchester City kembali ke jalur kemenangan. Atas kemenangan tersebut, kini Man City berada di peringkat kedua dengan raihan tujuh poin, tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen sementara, Liverpool.

Tren kemenangan anak asuhan Pep Guardiola bisa berlanjut pada akhir pekan ini. The Citizen akan menjamu Brighton & Hove Albion yang berada di peringkat delapan di Etihad Stadium. Dari empat pertemuan kedua tim, Raheem Sterling dan kawan-kawan selalu mampu meraih kemenangan dengan mampu mencetak 11 gol dan hanya kemasukan dua gol.

Lini serang Man City menjadi lini serang terbaik di Liga Primer Inggris di tiga pekan terakhir. Sepuluh gol telah mereka ciptakan, di mana Sterling menjadi pemain paling banyak mencetak gol dengan lima gol. Selain itu, para pemain City juga menjadi yang terbanyak dalam melepaskan tembakan, total ada 63 tembakan dilepaskan (47 di antaranya ditembakan dari dalam kotak penalti).

Dari sini pertahanan, Man City juga termasuk yang terbaik. Meski bukan menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit (kebobolan 3 gol), Man City menjadi tim dengan paling sedikit ditembak lawan. Gawang yang dijaga oleh Ederson hanya ditembak sebanyak 18 kali selama tiga pekan. Selain itu, lini pertahanan City yang dijaga oleh Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Kyle Walker, dan Oleksandr Zinchenko menjadi yang paling sulit ditembus, tercatat hanya 11 peluang lawan tercipta di lini pertahanan City.

saksikan cuplikan pertandingan Manchester City pada link berikut ini.

Sang tamu sebenarnya bisa saja mengejutkan sang tuan rumah. Kemenangan atas Bristol City di ajang Piala Liga Inggris tengah pekan lalu, sedikit mengembalikan kepercayaan diri para pemain Brighton yang pada pekan ketiga Liga Primer gagal meraih kemenangan.

Brighton sempat mengejutkan di pekan awal, di mana mereka mampu mencuri tiga poin di kandang Watford dan mencetak tiga gol serta meraih nirbobol. Lini serang Birghton juga cukup menarik perhatian, dari tiga laga Liga Primer Inggris dan satu laga Piala Liga Inggris, mereka mampu menciptakan enam gol.

Untuk di Liga Primer, dari tiga laga terakhir, Brighton tercatat melepaskan 33 kali tembakan (10 tepat sasaran) yang berbuah empat gol. Selain itu dalam menciptakan peluang, Brighton mampu menciptakan 29 kali peluang (terbanyak ketujuh).

Untuk masalah pertahanan, anak asuhan Graham Stephen Potter juga patut diperhitungkan. Lini pertahanan mereka hanya ditembak sebanyak 31 kali (paling sedikit ketujuh). Selain itu, dari tiga pekan terakhir ini hanya 22 peluang lawan tercipta, di mana menjadi paling sedikit kedelapan di antara kesebelasan lain.

Melihat dari catatan statistik di atas, Man City punya peluang besar akan mampu meraih kemenangan, kemenangan pertama mereka di kandang musim ini. Tapi, dengan lini pertahanan Brighton yang terbilang cukup solid di musim ini, Sergio Aguero dan kawan-kawan akan bekerja lebih keras untuk mencetak gol.

Lini tengah Man City tetap akan menjadi poros penting dalam membangun serang. Kevin de Bruyne yang baru saja mencatatkan asis ke-50 di Liga Primer di akhir pekan pekan lalu tentu akan menjadi pilihan utama. Dia akan ditemani oleh David Silva yang baru mencatatkan laga ke-400nya bersama Man City. Sementara di lini depan, Raheem Sterling dan Sergio Aguero tentu akan menjadi senjata utama.

Sementara Brighton bisa saja mengejutkan. Lewat formasi 3-4-3 yang diterapkan, trio lini depan Brighton, Pascal Gross, Neal Maupay, dan Leandro Trossard bisa menyulitkan lini pertahanan Man City. Khusus Trossard, pemain berusia 24 tahun ini kini menjadi andalan baru bagi Birghton, tercatat dia punya rataan 2,5 shot per game dan telah menciptakan tujuh kali peluang di pertahanan lawan yang berbuah satu gol.

Pertandingan ini akan digelar pada Sabtu (31/08) pukul 21.00 WIB. Laga ini disiarkan langsung oleh TVRI atau bisa juga disaksikan secara gratis di mobile apps dan web Mola TV.





Komentar