Chelsea vs Sheffield United: Menang Lagi, Chelsea?

Analisis

by redaksi

Chelsea vs Sheffield United: Menang Lagi, Chelsea?

Chelsea punya modal bagus jelang menghadapi pekan keempat Liga Primer Inggris 2019/20 melawan Sheffield United. Skuat asuhan Frank Lampard itu baru saja menorehkan kemenangan pertama kala menaklukkan Norwich City dengan skor ketat, 2-3.

Sebelumnya, Chelsea kesulitan meraih kemenangan. Kalah 0-4 dari Manchester United pada laga perdana, The Blues diimbangi Leicester City (1-1) pada pekan kedua. Chelsea juga sempat takluk di tangan Liverpool pada pertandingan Piala Super Eropa.

saksikan cuplikan-cuplikan pertandingan Liga Primer Inggris di pada link berikut ini.

Kemenangan atas Norwich akan memunculkan kepercayaan diri para pemain Chelsea. Apalagi melawan Sheffield United, meski berstatus tim promosi, Sheffield bukan tim sembarangan.

Dari tiga laga, Sheffield United juga sama seperti Chelsea, menorehkan sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Tapi lebih dari itu, Sheffield menjadi kesebelasan yang sulit ditaklukkan.

Sheffield United hanya kalah tipis dari Leicester City (1-2). Sebelum itu mereka mengalahkan Crystal Palace dan imbang melawan Bournemouth. Kebobolan tiga gol dari tiga laga menjadi bukti bahwa Sheffield United punya pertahanan yang cukup baik.

Sheffield United yang bermain dengan pola dasar 3-5-2 mencatatkan 29 tembakan ke gawang mereka. Angka 9,7 tembakan lawan per pertandingan itu menjadi yang tersedikit ketiga bersama Manchester United dan Chelsea. Hanya Manchester City dan Everton yang punya catatan lebih sedikit.

Baca juga: Inovasi Baru di Liga Primer Inggris: CB Overlap Sheffield United

Fakta di atas tampaknya menjanjikan laga ini akan menjadi laga yang sengit. Kedua kesebelasan sama-sama sulit diserang. Namun Chelsea tampaknya masih punya pekerjaan rumah mengenai ruang-ruang di lini pertahanan sehingga lawan bisa memanfaatkan peluang sedikit berhasil menjadi gol. Chelsea sudah kebobolan 7 gol dari tiga laga ini.

Sialnya bagi Chelsea, mereka tampaknya akan kehilangan dua pemain andalannya; Mason Mount dan Pedro Rodriguez. Keduanya mengalami cedera pada laga melawan Norwich. Padahal, Mount adalah pemain yang sudah menyumbang dua gol untuk Chelsea sementara Pedro adalah pemain yang selalu diandalkan Lampard sejak pra-musim.

Maka Lampard akan berharap penuh pada penyerang lain yakni Christian Pulisic, Tammy Abraham, dan Willian Borges. Dua nama pertama sudah mulai menunjukkan pengaruh besarnya untuk ketajaman Chelsea, di mana Pulisic sudah menyumbang satu asis sementara Tammy sudah mencetak dua gol. Untuk nama terakhir, Willian, ia belum sekalipun tampil membela Chelsea pada musim ini karena telah bergabung usai membela Tim Nasional Perancis di Copa America 2019.

Namun Willian bisa jadi pembeda bagi lini serang Chelsea. Eks pemain Shakthar Donetsk itu punya kelebihan eksekusi bola mati. Hal tersebut bisa menjadi senjata alternatif bagi Chelsea.

Chelsea sebetulnya tetap menunjukkan diri sebagai kesebelasan yang bermain menyerang. Sudah 55 tembakan (terbanyak kedua bersama Liverpool) dilepaskan Pulisic cs., namun hanya empat yang berbuah gol. Tapi tetap saja pertahanan Sheffield akan dibuat kerepotan oleh lini serang Chelsea.

Melihat fakta di atas, laga ini tampaknya akan menjadi laga sengit antara sepakbola menyerang Chelsea melawan pertahanan kokoh Sheffield United. Pertandingan ini sendiri akan digelar pada Sabtu (31/08) pukul 21.00 WIB. Akan tetapi laga ini hanya akan disiarkan oleh Mola Polytron Streaming.



Komentar