Siapa yang Punya Jadwal Mudah di Awal EPL 2019/20?

Analisis

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Siapa yang Punya Jadwal Mudah di Awal EPL 2019/20?

Liga Primer Inggris akan memulai sepak mulanya pada Jumat, 9 Agustus 2019 malam waktu setempat (Sabtu dini hari WIB), dengan memainkan laga pembuka antara Liverpool berhadapan dengan kesebelasan promosi, Norwich City.

Para manajer asli di Liga Primer tentu sudah mempersiapkan tim terbaik mereka untuk musim 2019/20 dan kita juga sebagai manajer FPL harus segera mempersiapkan tim. Cara bermain FPL dapat dibaca pada tautan ini.

Salah satu yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan tim adalah melihat jadwal dari masing-masing kesebelasan peserta Liga Primer. Dengan mengetahui jadwal dari masing-masing kesebelasan, kita akan sedikit mudah untuk memilih pemain yang punya potensi mendulang poin di awal musim. Ayo, ngebut di awal!

Pekan-pekan awal adalah pekan yang krusial, maka dari itu dalam artikel ini kami akan memberikan daftar kesebelasan mana saja yang memiliki jadwal yang cukup mudah. Kami mengambil jadwal di enam pekan awal yang akan berlangsung di bulan Agustus hingga September. Namun jika mau diperkecil lagi, empat pekan awal mungkin lebih krusial karena akan ada jeda internasional sebelum pekan kelima dimulai.

Everton

Dari 20 kesebelasan yang ada, kami melihat Everton memiliki jadwal yang cukup ringan di atas kertas. Di enam gameweek awal, anak asuh Marco Silva tak akan berjumpa dengan enam kesebelasan papan atas Liga Primer (Man City, Liverpool, Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Manchester United).

Pekan pertama, Everton akan bertandang ke Selhurst Park Stadium, markas dari Crystal Palace. Melihat hasil di dua pertemuan musim lalu, Everton tak sekalipun kalah dari Palace. Richarlison dan kawan-kawan mampu menahan imbang Palace di kandangnya dan mengalahkan Palace ketika bermain di Goodison Park. Selain itu, Palace tak mampu sekali pun mencetak gol ke gawang Everton.

Selanjutnya di pekan kedua, Everton akan menjamu Watford di kandang sendiri. Dari 12 pertemuan terakhir, Everton punya catatan baik, di mana mereka mampu menang enam kali (empat kali menang di kandang), imbang tiga kali, dan kalah tiga kali.

Selanjutnya di pekan ketiga, Everton hanya akan berjumpa dengan kesebelasan promosi, Aston Villa, dan di atas kertas tentu Everton diunggulkan untuk meraih hasil maksimal.

Pekan keempat bisa dibilang pekan yang cukup berat, karena lawan yang di hadapi Everton adalah Wolverhampton Wenderers yang musim lalu finis di peringkat ketujuh. Tapi melihat kualitas pemain dua kesebelasan di musim ini yang cukup merata, laga ini menjadi laga yang seimbang.

Di dua pekan berikutnya (setelah jeda internasional), Everton akan berjumpa Bournemouth dan kesebelasan promosi lainnya, Sheffield United. Kala bertemu Borneomouth musim lalu, Everton tak terkalahkan di dua pertemuan. Sementara menghadapi Sheffield United di kandang sendiri, rasanya Marco Silva tidak akan menemukan kesulitan berarti.

Melihat jadwal di atas, para pemain Everton cukup recommended di enam pekan awal untuk kita miliki. Di posisi pemain belakang, Lucas Digne (£6.0) layak masuk daftar belanja untuk pekan pertama, apalagi pemain berposisi di bek sayap kiri ini musim lalu menciptakan 158 poin FPL. Untuk pemain lainnya, Gylfi Sigurdsson (£8.0) dan Richarlison (£8.0) adalah dua nama yang layak untuk masuk daftar belanja.

Baca juga: Tips Main FPL ala 7 Habits

Manchester City

Para pemain Manchester City di musim 2019/20 kemungkinann akan menjadi buruan dari para manajer FPL, melihat di musim 2018/19 lalu, para pemain seperti Raheem Sterling (£12.0), Sergio Agüero (£12.0), dan Bernardo Silva (£8.0) secara bergantian menghasilkan poin lebih di setiap gameweek-nya.

Di pekan-pekan awal ini, rasanya hal itu akan terjadi lagi, melihat jadwal pertandingan anak asuh Pep Guardiola tidak terlalu mengkhawatirkan. Man City hanya akan menemui lawan berat di pekan kedua, di mana mereka akan kedatangan Tottenham Hotspur di Stadion Etihad, dan selanjutnya baru akan menghadapi lawan berat lainnya di pekan ke-12, Liverpool.

Di enam pekan awal, Man City hanya akan berhadapan dengan West Ham United di pekan pertama, Bournemouth di pekan ketiga, Brighton & Hove Albion di pekan keempat, Norwich City di pekan kelima, dan Watford di pekan keenam.

Kesempatan bermain di kandang ketika menghadapi Brigton dan Watford rasanya akan sangat sangat pas untuk menjadikan para pemain Man City seperti Sterling yang mencetak 11 gol dan 9 asis di awal musim lalu, Agüero juga bisa dipercaya di mana dalam rentan waktu yang sama dia mencetak lima gol dan empat asis.

Lalu kita juga bisa memaksimalkan Ederson Moraes (£6.0) sebagai kiper utama, karena dalam 18 pertandingan kandang di awal Liga musim lalu, tak satupun gol bersarang ke gawangnya. Dari jajaran bek, Aymeric Laporte (£6.5) tergolong aman dari rotasi. Namun jika mau yang agak spekulatif, Oleksandr Zinchenko (£6.0) bisa kalian coba karena pos bek kiri di awal-awal ini sepertinya akan diisi olehnya, mengingat Benjamin Mendy yang belum sepenuhnya pulih serta Angeliño yang belum nyetel.

Liverpool

Jadwal pertandingan yang dimiliki Liverpool di enam pekan awal memang tak semenarik jadwal yang dimiliki Manchester City. Pasalnya, The Reds akan bertemu dua kesebelasan big six, Arsenal di pekan ketiga dan Chelsea di pekan keenam.

Namun itu nampaknya tak jadi masalah. Anak asuhan Jürgen Klopp akan menghadapi Arsenal di Anfield, di mana Mohamed Salah dan kawan-kawan pernah menghancurkan Arsenal dengan skor 5-1 pada musim lalu. Sementara untuk menghadapi Chelsea, The Reds juga cukup percaya diri karena di dua pertemuan terakhir musim lalu, Liverpool tak sekalipun menelan kekalahan.

Bagaimana dengan jadwal Liverpool lainnya?

Di pekan pertama, Liverpool akan langsung bermain di kandang sendiri ketika kedatangan kesebelasan promosi, Norwich City. Dengan jadwal ini rasanya akan sangat banyak para manager yang memiliki para pemain Liverpool seperti Mohamed Salah (£12.5) atau Sadio Mané (£11.5) untuk dijadikan kapten, dan Andrew Robertson (£7.0) dan/atau Trent Alexander-Arnold (£7.0) pantas mengisi lini belakang.

Selanjutnya di pekan kedua, Liverpool akan berhadapan dengan Southampton (tandang), di pekan keempat berhadapan dengan Burnley (tandang), dan pekan kelima bertemu dengan Newcastle United (kandang). Di atas kertas, Liverpool tampak tak akan kesulitan, apalagi pada pertemuan musim lalu Liverpool tak sekali pun menelan kekalahan dari tiga kesebelasan di atas dan selalu mencetak minimal tiga gol di setiap pertemuan.

Sedikit informasi tambahan, pada Desember nanti Liverpool akan bermain di Piala Dunia Antar Klub (Qatar), dan kemungkinan Liverpool akan memiliki blank gameweek dan juga double gameweek di akhir tahun 2019.

Baca juga: Dampak VAR untuk EPL dan FPL

Brighton & Hove Albion

Di musim ini sepertinya akan sangat sedikit manajer FPL yang akan memercayai satu posisi di skuat FPL untuk para pemain Brighton melihat performa di musim 2018/19 yang cukup mengecewakan. Apalagi ketika Brighton mendapat jatah double gameweek di gameweek 34, para manager sangat dikecewakan.

Karena penurunan performa di musim lalu, para pemain Brighton mengalami penurunan harga di musim 2019/20, salah satunya sang pemain penting Brighton, Pascal Groβ (£6.5).

Melihat penurunan harga dari para pemain Brighton, kami mencoba melihat jadwal pertandingan di enam pekan awal. Dan ternyata di pekan-pekan awal musim ini Brighton memiliki jadwal yang tidak terlalu berat, sehingga para pemain dengan harga murah dari Brighton bisa dimanfaatkan.

Bertandang ke Etihad Stadium markas dari Manchester City di pekan keempat menjadi satu-satunya laga terberat Brighton di enam pekan awal.

Di pekan pertama, Shane Duffy dan kawan-kawan akan bertandang ke Vicarage Road, markas dari Watford.

Di pekan lainnya, Brighton akan berhadapan dengan West Ham (pekan kedua), Southampton (pekan ketiga), dan Burnley (pekan kelima) – di mana tiga kesebelasan tersebut musim lalu merupakan kesebelasan dengan catatan gol dan tembakan ke gawang paling sedikit di antara kesebelasan lain. Dan di pekan terakhir, Brighton akan berkunjung ke markas Newcastle di mana musim lalu mereka mampu mencuri tiga poin di sana.

Bournemouth

Dua kali langsung bertemu dengan kesebelasan promosi, membuat kami memasukkan Bournemouth sebagai kesebelasan yang memiliki jadwal yang menjanjikan di pekan awal.

Anak asuh Eddie Howe akan berjumpa Sheffield United di kandang sendiri. Di musim lalu, Bournemouth langsung mengalahkan Spurs ketika pertama kali bermain di kandang. Bukan hal sulit bagi Bourenmouth untuk bisa mengalahkan Sheffield apalagi di musim lalu mereka cukup produktif mencetak gol di kandang sendiri.

Selanjutnya, Ryan Fraser dan kawan-kawan akan berkunjung ke Villa Park, kandang dari Aston Villa, kesebelasan yang promosi lewat jalur play-off Divisi Championship musim 2018/19.

Untuk pekan-pekan selanjutnya dari pekan ketiga hingga kelima, jadwal menakutkan menanti. Secara beruntun Bournemouth akan menghadapi Manchester City, Leicester City, dan Everton. Maka dari itu kami hanya merekomendasikan kalian apabila ingin memiliki para pemain Bournemouth yang berposisi lebih menyerang seperti Ryan Fraser (£7.5), Callum Wilson (£8.0), atau Joshua King (£6.5).

***

Itu adalah beberapa kesebelasan yang menurut kami memiliki jadwal cukup mudah di enam gameweek awal Premier League. Di bawah ini, kami juga menyertakan jadwal enam pekan awal dari semua kesebelasan Liga Primer (diurutkan berdasarkan tingkat kesulitan, subjektif menurut tim Pandit Fantasy Premier League Scout) sebagai pertimbangan tambahan:

  • Everton: CRY (T), WAT (K), AVL (T), WOL (K), BOU (T), SHU (K)
  • Man City: WHU (T), TOT (K), BOU (T), BHA (K), NOR (T), WAT (K)
  • Liverpool: NOR (K), SOU (T), ARS (K), BUR (T), NEW (K), CHE (T)
  • Brighton: WAT (T), WHU (K), SOU (K), MCI (T), BUR (T), NEW (T)
  • Bournemouth: SHU (K), AVL (T), MCI (K), LEI (T), EVE (K), SOU (T)
  • West Ham: MCI (K), BHA (T), WAT (T), NOR (K), AVL (K), MUN (T)
  • Palace: EVE (K), SHU (T), MUN (T), AVL (K), TOT (T), WOL (K)
  • Southampton: BUR (T), LIV (K), BHA (T), MUN (K), SHU (T), BOU (K)
  • Arsenal: NEW (T), BUR (K), LIV (T), TOT (K), WAT (T), AVL (K)
  • Aston Villa: TOT (T), BOU (K), EVE (K), CRY (K), WHU (K), ARS (T)
  • Man United: CHE (K), WOl (T), CRY (K), SOU (T), LEI (K), WHU (T)
  • Sheffield United: BOU (T), CRU (K), LEI (T), CHE (T), SOU (K), EVE (T)
  • Burnley: SOU (K), ARS (T), WOL (T), LIV (K), BHA (T), NOR (K)
  • Spurs: AVL (K), MCI (T), NEW (K), ARS (T), CRY (K), LEI (T)
  • Chelsea: MUN (T), LEI (K), NOR (T), SHU (K), WOL (T), LIV (K)
  • Watford: BHA (K), EVE (T), WHU (K), NEW (T), ARS (K), MCI (T)
  • Newcastle: ARS (K), NOR (T), TOT (T), WAT (K), LIV (T), BHA (K)
  • Wolves: LEI (T), MUN (K), BUR (T), EVE (K), CHE (K), CRY (T)
  • Leicester: WOL (K), CHE (T), SHU (LEI), BOU (K), MUN (T), TOT (K)
  • Norwich: LIV (T), NEW (K), CHE (K), WHU (T), MCI (K), BUR (T)

Ayo, ngebut dari awal! Salam panah hijau!

Komentar