Usaha Chelsea Mengobati Luka dengan Kalahkan Spurs

Analisis

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Usaha Chelsea Mengobati Luka dengan Kalahkan Spurs

Laga yang cukup ramai dalam ajang Liga Primer akan dihelat pada Minggu (20/8/2017). Bertempat di Stadion Wembley, London, Inggris, Tottenham Hotspur akan menjamu Chelsea dalam lanjutan pekan ke-2 Liga Primer musim 2017/2018.

Sebenarnya pertemuan antar keduanya bisa dibilang tidak panas-panas amat. Baik itu Chelsea maupun Spurs tidak memiliki sejarah pertemuan yang panas, layaknya Manchester United dan Liverpool ataupun Spurs dengan Arsenal. Namun sejak musim 2015/2016, seusai kejadian koboi-koboi di Stamford Bridge yang berujung pada juaranya Leicester City, pertemuan Chelsea dan Spurs sedikit memanas.

Jelang pertemuan perdana keduanya di ajang Liga Primer 2017/2018, Chelsea pun bertekad untuk mengobati luka yang mereka dapat usai kekalahan di laga perdana atas Burnley. Di sisi lain, Spurs pun ingin menorehkan kemenangan perdana mereka di Wembley pada musim ini, kandang sementara mereka saat White Hart Lane sedang dibangun.

Masalah Costa, dan Spurs yang akan tampil dengan kekuatan penuh

Masalah pemain masih merundungi Chelsea jelang laga melawan Spurs ini. Banyaknya pemain yang absen, baik itu karena cedera maupun karena hukuman akumulasi kartu, sedikitnya memengaruhi kekuatan dari Chelsea. Pedro masih berkutat dengan cedera. Gary Cahill dan Cesc Fabregas pun harus absen akibat hukuman kartu merah yang mereka terima di laga perdana. Kondisi Eden Hazard pun masih meragukan untuk tampil, meski ia sudah pulih.

Namun, dalam jumpa pers jelang pertandingan di Cobham, Jum`at (18/8/2017) Conte menyebut bahwa ia sudah memainkan pemain anyarnya, Tiemoue Bakayoko. Dengan opsi pemain tengah yang tidak kelewat banyak, Bakayoko bisa menjalani debutnya di Liga Primer untuk The Blues dalam laga melawan The Lilywhites ini.

Bakayoko sudah bisa tampil, menurut Conte

Di sisi lain, Spurs akan tampil dengan kekuatan terbaiknya menghadapi Chelsea. Meski ada beberapa pemain yang absen seperti Erik Lamela, Danny Rose, Georges-Kevin Nkoudou, serta Kieran Trippier. Pochettino masih memiliki pemain-pemain lain yang bisa menggantikan peran dari ketiga pemain tersebut.

Christian Eriksen dan Dele Alli masih akan menjadi pilihan di lini depan Spurs, menemani Harry Kane sebagai penyerang tunggal. Untuk posisi sayap, ada nama Kyle Walker-Peters dan Ben Davies yang bisa menjadi andalan. Terkhusus untuk Walker-Peters, ia tampil baik dalam laga melawan Newcastle. Di lini tengah, ada nama Moussa Dembele dan Victor Wanyama yang akan menjadi dinamo permainan Spurs.

Catatan menarik: Spurs yang kuat di kandang, dan Chelsea yang tangguh di tandang

Jelang pertemuan antara Chelsea dan Spurs, ada catatan menarik yang meliputi dua kesebelasan tersebut. Catatan tersebut menunjukkan bahwa Spurs kuat ketika main di kandang, sementara itu Chelsea tangguh ketika menghadapi laga tandang.

Dari 14 laga kandang terakhir yang The Lilywhites jalani, mereka kerap meraih kemenangan. Catatan ini menunjukkan betapa superoiornya Spurs ketika tampil di hadapan pendukungnya sendiri. Sebagai pengingat, mereka adalah tim yang berhasil menghentikan rekor kemenangan Chelsea di musim 2016/2017 kala menaklukkan The Blues 2-0 di White Hart Lane.

Namun, kali ini Spurs bukan berkandang di White Hart Lane, melainkan di Wembley. Catatan mereka di Wembley pun bisa dibilang tidak terlalu baik, apalagi mereka pernah dikalahkan oleh Chelsea dengan skor 4-2 dalam babak semifinal Piala FA musim 2016/2017 di Wembley.

Sedangkan Chelsea, mereka menjadi tim yang tampil cukup baik ketika berlaga di laga tandang. Total dari enam laga tandang terakhir yang mereka jalani, mereka berhasil mencatatkan lima kemenangan. Apalagi sekarang Chelsea akan tampil di Wembley, tempat ketika mereka menaklukkan Spurs di babak semifinal Piala FA.

Kemungkinan Chelsea untuk menang cukup besar, namun mereka juga harus waspada karena Spurs dalam kondisi yang lebih baik saat ini.

Wembley, tempat Chelsea dan Spurs pernah bertemu di semifinal Piala FA

Prediksi line-up, serta prediksi hasil pertandingan

Untuk prediksi hasil pertandingan, dengan kekuatan skuat yang ada serta merujuk kepada hasil pertandingan sebelumnya, Spurs seharusnya bisa meraih kemenangan. Tidak tampilnya beberapa pemain pilar Chelsea bisa menjadi keuntungan tersendiri, apalagi Mauricio Pochettino pun adalah orang pertama sekaligus orang yang tahu celah dari skema tiga bek yang diterapkan Conte.

Namun, jika Spurs lengah, maka mereka harus waspada. Apalagi Conte dikenal sebagai manajer yang cukup lihai dalam soal taktik. Ia bisa saja akan menemukan solusi tersendiri dari krisis yang dialami Chelsea sekarang. Bukan tidak mungkin akan ada sebuah terobosan baru yang ia tampilkan dalam laga melawan Spurs di Wembley nanti. Untuk hasil akhir, tampaknya di laga ini Spurs masih akan unggul tipis dari Chelsea.

Berikut adalah prediksi susunan pemain yang akan diturunkan oleh kedua kesebelasan.

Komentar