Prediksi La Liga: Siapa Paling Berpeluang Juara?

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi 152614

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi La Liga: Siapa Paling Berpeluang Juara?

Pertandingan El Clasico antara Real Madrid menghadapi Barcelona, Senin (24/4) dini hari WIB di Stadion Santiago Bernabeu, menyajikan drama dalam 90 menit. Sempat imbang 2-2 hingga menit ke-90, Lionel Messi berhasil mengakhiri laga menjadi milik Barcelona lewat golnya sehingga Barcelona menang dengan skor 2-3.

Kemenangan ini sangat krusial bagi Barcelona dalam perburuan gelar. Tiga poin di kandang Real Madrid tersebut membuat mereka untuk sementara menempati posisi puncak. Meskipun begitu, Real Madrid bisa kapan saja kembali merebut posisi puncak klasemen karena masih memiliki satu laga tunda melawan Celta Vigo.

Keduanya kini memiliki poin sama, 75 poin. Jika misalnya di akhir kompetisi poin keduanya masih sama, maka Barcelona-lah yang akan meraih kampiun juara. Hal ini dikarenakan pada El Clasico pertama musim ini, kedua kesebelasan bermain imbang 1-1. Ini artinya Barcelona memiliki keunggulan head-to-head. Selain itu Barca juga memiliki selisih gol memasukan-kemasukan lebih tinggi dari Real Madrid (lihat tabel di bawah).

La Liga Spanyol sendiri memang tinggal menyisakan Real Madrid dan Barcelona sebagai kandidat juara di lima partai sisa. Walaupun sebenarnya Atletico Madrid dan Sevilla masih punya peluang juara secara matematis, namun dengan penampilan Real Madrid dan Barcelona yang cukup konsisten sepanjang musim ini, cukup sulit bagi Atleti dan Sevilla untuk terus menang sementara mereka juga harus berharap Real Madrid dan Barca terus menderita kekalahan. Saat ini, Atleti terpaut tujuh poin sementara Sevilla terpaut 10 poin.

Klasemen sementara La Liga hingga pekan ke-33. (via: worldfootball.net)

Lalu sebenarnya bagaimana peluang kedua kesebelasan? Siapa saja yang mereka akan hadapi di sisa kompetisi ini? Siapa yang lebih diuntungkan? Sebelum lanjut membahas, mari kita simak jadwal kedua kesebelasan hingga pekan ke-38 nanti lewat grafis di bawah ini:

Jika dilihat dari grafis di atas, maka Real Madrid memiliki tantangan lebih berat dibandingkan Barcelona. Pertama, mereka masih berlaga di Liga Champions, sementara Barcelona sudah tersingkir. Lawan yang dihadapinya pun Atletico Madrid, dua leg pula. Kedua, Real Madrid juga masih akan menghadapi Valencia dan Sevilla. Pada pertemuan pertama, kedua kesebelasan tersebut berhasil mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-1 di kandang mereka masing-masing.

Dari Barcelona, di atas kertas lawan yang cukup berat ada di pekan ke-35 dan 36, yakni menghadapi Espanyol dan Villarreal. Namun menghadapi Espanyol, Barca memiliki rekam jejak yang lebih baik karena mereka berhasil meraih empat kemenangan dan satu kali imbang di derby Katalan ini. Praktis hanya Villarreal, yang sedang mempertahankan posisi lima hingga akhir klasemen, yang bisa memberikan perlawanan sengit untuk Barcelona.

Bersambung ke halaman berikutnya, Real Madrid Krisis Bek Tengah....

Komentar