Enam Penyerang Pengganti Lukaku yang Layak Dipertimbangkan Everton

Analisis

by Muhammad Firza Richsan 44422

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Enam Penyerang Pengganti Lukaku yang Layak Dipertimbangkan Everton

Everton saat ini tengah was-was. Di samping performa menanjak yang mampu mereka perlihatkan di sisa musim ini, muncul isu tak sedap yang dapat membuat mereka kelabakan. Sang penyerang andalan, Romelu Lukaku, dikabarkan telah menolak menandatangani kontrak baru yang disodorkan oleh pihak manajemen.

Lukaku sendiri saat ini memang menjadi figur utama di balik cemerlangnya performa The Toffees. Total, hingga pekan ke-29, pemain asal Belgia tersebut telah mengoleksi 21 gol, yang juga mengantarkan Everton bercokol di peringkat ketujuh untuk sementara ini. Hanya terpaut enam angka dari Liverpool yang berada di posisi keempat dengan 56 poin.

Sementara mengenai alasan sang pemain menolak menandatangani kontrak baru tersebut dikabarkan karena dirinya merasa frustrasi akibat dari kegagalan pihak kesebelasan mendaratkan para pemain bintang yang telah dicanangkan sebelumnya. Karena menurutnya, dengan gagalnya para pemain bintang untuk mendarat di Everton, itu berarti akan semakin menyulitkan kesebelasannya guna bersaing mendapatkan gelar juara.

Selain itu, Lukaku pun dirumorkan ingin segera mencicipi kerasnya Liga Champions UEFA, yang disebut-sebut tak akan bisa ia dapatkan jika masih tetap berseragam biru Everton.

"Kami selalu berbicara tentang itu (Everton) pada masa 1970-an sampai 1980-an dan itu hebat, tapi kami menginginkan fans membicarakan saat ini. Bukan bermaksud merendahkan, tetapi Anda ingin diingat juga. Anda tidak hanya ingin diingat dengan mencetak gol, tapi dikenang dengan memenangi piala," cetus Lukaku kepada Sky Sports, ketika mempertanyakan ambisi kesebelasan untuk menjadi bersaing meraih gelar juara.

"Saya tidak tahu apa rencana direksi, tapi ada beberapa pemain yang saya tahu bisa didapatkan kesebelasan tapi tidak dilakukan, dan mereka juga bermain di liga ini. Saya tidak mengatakan nama, tetapi mereka bermain bagus. Anda harus berpikir bagaimana kesebelasan ini harus tumbuh, bagaimana harus memperbaiki, pemain mana yang diboyong sehingga Anda bisa menantang memenangi kejuaraan," tambahnya.

Dan dengan munculnya rumor tersebut, kesebelasan-kesebelasan besar seperti Chelsea, Paris Saint-Germain, Juventus, Manchester United, Arsenal, Juventus, dan Atletico Madrid pun dikabarkan langsung berancang-ancang untuk mencoba menggoda Lukaku agar mau bergabung bersama mereka di musim depan nanti.

Everton sendiri dikabarkan mematok harga sebesar 75 juta paun bagi siapa pun yang berkeinginan untuk mengangkut sang pemain dari Goodisan Park. Di samping kerugian besar karena harus kehilangan mesin gol semacam Lukaku, Everton pun sebenarnya masih bisa mendapatkan untung yang sangat besar dengan harga penjualan tersebut.

Selain karena memperoleh keuntungan dari harga belinya yang hanya berharga 28 juta paun, dengan pendapatan tersebut, Everton pun cukup bisa dengan leluasa memilih pengganti sepadan bagi seorang Lukaku di lini depan. Dan berikut adalah beberapa pemain yang layak dipertimbangkan oleh Everton andai pemain berusia 23 tahun tersebut jadi hengkang di akhir musim nanti.

Moussa Dembele (Glasgow Celtic)

Di tahun perdananya memperkuat Celtic musim ini, Moussa Dembele langsung mampu memikat hati kesebelasan-kesebelasan top Eropa seiring dengan talenta menjanjikan yang diperlihatkannya. Sejauh ini, pemuda asal Prancis tersebut telah mencetak 32 gol dari 45 pertandingan yang telah dilaluinya bersama Celtic. Itu pun sudah termasuk lima gol yang mampu ia buat di ajang Liga Champions.

Apa yang diperlihatkan oleh Dembele sebetulnya tidak terlalu mengagetkan jika mengingat dirinya pernah sukses membuat satu rekor di Divisi Championship bersama Fulham pada musim 2015-16 lalu. Ketika itu, Dembele berhasil membukukan 15 gol dalam satu musim, yang juga menjadikan dirinya sebagai pemain pertama dengan usia di bawah 20 tahun yang sanggup melalukan hal tersebut.

Dengan gaya bermainnya yang sangat cepat dan bertenaga, juga berbahaya di dalam kotak penalti, Dembele menjadi pemain yang sangat layak untuk diperjuangkan oleh Everton.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Komentar