Conte Selalu Menemukan Cara untuk Menang bagi Chelsea

Analisis

by Sandy Firdaus 33936

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Conte Selalu Menemukan Cara untuk Menang bagi Chelsea

Antonio Conte kembali menemukan cara untuk menang di Chelsea. Kali ini, walau tanpa kehadiran Eden Hazard, Conte berhasil menemukan solusi sehingga The Blues mampu menang 1-2 atas tuan rumah Stoke City dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (18/3/2017) malam.

Sebelum laga melawan Manchester United dalam babak delapan besar Piala FA, Conte mengungkapkan sesuatu yang mencerminkan etos kerja yang ia miliki di Chelsea. Sembari menanggapi komentar psywar Jose Mourinho, ia menyebut bahwa ia tidak menekankan serangan balik sebagai pola utama serangan Chelsea. Lebih jauh, ia menyebut serangan balik sebagai satu dari sekian banyak kemungkinan yang akan ia terapkan dalam skuat The Blues.

"Saya harus mengatakan satu hal. Saya tidak menekankan tim saya untuk bermain dengan menggunakan serangan balik. Tidak hanya di sini, tapi juga di tim-tim lain tempat saya pernah menjadi manajer sebelumnya. Bagi saya, serangan balik hanyalah salah satu opsi untuk menyerang di antara opsi-opsi yang lain," ujar Conte.

"Yang saya kerap lakukan bersama para pemain saya di Chelsea adalah, berlatih untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di lapangan. Para pemain saya harus bisa merespon segala perubahan yang terjadi di lapangan dengan baik, karena dalam sebuah pertandingan, ada beberapa situasi yang bisa terjadi. Tim yang baik adalah tim yang mampu merespon situasi dan perubahan tersebut," tambahnya

Melihat ucapannya tersebut, Conte seolah paham bahwa di dalam pertandingan akan ada banyak situasi yang terjadi, baik itu yang merugikan maupun menguntungkan timnya. Ia ingin para pemainnya merespon segala situasi dan perubahan yang ada di dalam pertandingan dengan baik, sehingga akan memberikan hasil yang baik juga bagi tim.

Dari berbagai macam situasi yang terjadi di dalam pertandingan, yang cukup sering dialami oleh Conte adalah perihal absennya pemain kunci. Sejauh ini, saat Chelsea menghadapi situasi tersebut, Conte selalu menemukan solusi yang baik, yang pada akhirnya berujung pada kemenangan tim.

Solusi Ketika N`Golo Kante dan Diego Costa Absen

N`Golo Kante dan Diego Costa adalah dua pemain kunci Chelsea di lini tengah dan lini depan. Oleh karena itu, kala keduanya absen dalam laga melawan AFC Bournemouth di Boxing Day akibat terkena akumulasi kartu kuning, Conte pun harus segera mencari solusi atas absennya dua pemain tersebut. Apalagi ketika itu Kante dan Costa menjadi sosok tak tergantikan di skuat The Blues (keduanya selalu bermain dalam 17 pertandingan yang dijalani Chelsea sampai saat itu).

Pertandingan pun dilangsungkan, dan Chelsea meraih kemenangan 3-0 dalam laga tersebut. Bagaimana caranya Conte mengatasi kehilangan Kante dan Costa? Mengatasi kehilangan Kante, manajer asal Italia itu memasang kembali duet Matic-Fabregas di lini tengah. Sedangkan untuk mengatasi absennya Costa, Conte melakukan inovasi yang cukup menarik. Ia memasang Eden Hazard sebagai false nine, ditopang oleh Pedro dan Willian.

Sebuah solusi yang cukup baik dari Conte. Khusus untuk solusi absennya Costa, Conte kembali menggunakannya ketika pemain timnas Spanyol tersebut absen karena digosipkan akan hengkang ke Liga Super Tiongkok.


Baca Juga: Cara Conte Mengatasi Kehilangan Diego Costa dan N`Golo Kante


Solusi Ketika Eden Hazard Absen

Selain Costa dan Kante, sosok Hazard juga adalah sosok penting di Chelsea. Peraih penghargaan Goal of the Month pada Februari 2017 ini kembali kepada penampilan terbaiknya di bawah polesan Conte setelah tampil cukup buruk pada musim 2015/2016.

Maka, ketika Hazard absen (tercatat ia hanya absen dua kali musim 2016/2017 ini) dalam laga melawan Stoke City pada Sabtu (18/3/2017) malam, Conte pun harus segera kembali menemukan solusi absennya Hazard ini. Selain memasang Willian dan Pedro sebagai pengganti Hazard di posisi winger, Conte pun melakukan cara lain, yakni memasang tiga gelandang secara bersamaan. Kreativitas Cesc Fabregas dalam menyerang pun termaksimalkan.

Sadar bahwa dua wing-back mereka kerap ditekan para pemain Stoke City sehingga para inside forward tidak bisa berperan dengan baik, Conte memilih untuk memusatkan serangan di tengah lewat umpan-umpan Fabregas. Pemain yang masuk pada menit ke-70 ini langsung membuat perbedaan dengan kemampuan umpan yang ia miliki, sehingga set-piece serta kemampuan Willian dan Pedro dalam melancarkan serangan cepat bisa dimaksimalkan.

Ia juga yang menjadi pencipta kesempatan lewat set-piece, yang berujung gol penentu kemenangan bagi The Blues.

***

Sejauh ini, Conte selalu menemukan cara untuk menang bagi Chelsea dalam berbagai pertandingan sulit. Namun, alasan di balik bekerjanya solusi dan cara dari Conte ini tak lepas dari para pemain Chelsea yang dapat merespon segala situasi dan perubahan yang terjadi di lapangan dengan baik.

Simbiosis mutualisme antara solusi Conte dan respon para pemain The Blues inilah yang sampai sekarang berhasil membawa Chelsea meraih berbagai kemenangan. Jika ini terus berlanjut, peluang Chelsea untuk meraih gelar juara pada akhir musim 2016/2017 pun akan semakin terbuka lebar.

Komentar