Rapor Transfer Musim Dingin EPL

Analisis

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Rapor Transfer Musim Dingin EPL

Liverpool

Sebelum jendela transfer musim dingin dibuka, Jürgen Klopp menyatakan jika jendela transfer ini akan menjadi saat-saat yang sepi bagi Liverpool. Pada kenyataannya, memang demikian: sepi. Klopp terkenal karena kehati-hatiannya dan perencanaan jangka panjangnya pada setiap jendela transfer. Jadi, mungkin kita semua percaya dengan manajer asal Jerman tersebut. Namun kehilangan Sadio Mané (Piala Afrika) dan Joël Matip (tidak diberikan izin bermain oleh FIFA) tidak berhasil disikapi dengan baik oleh Klopp. Hasilnya pun buruk bagi Liverpool sejauh ini.

Pemain masuk: Sam Hart (Port Vale, kembali dari pinjaman)

Pemain keluar: Tiago Ilori (Reading, £3.8m); Joe Maguire (Fleetwood, £50,000); Pedro Chirivella (Go Ahead Eagles, pinjaman); Lazar Markovic (Hull City, pinjaman); Cameron Brannagan (Fleetwood Town, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: D (untuk Diam saja)

Manchester City

Pep Guardiola menjadikan Manchester City sebagai salah satu kesebelasan terboros di jendela transfer kali ini. Padahal ia hanya mendatangkan Gabriel Jesus saja, meskipun di skuatnya saat ini ia sudah memiliki Jesus yang lain (Jesus Navas maksud saya, abaikan saja). Jesus langsung menunjukkan penampilannya dengan berhasil mencetak satu gol dan satu asis di debutnya. Namun, kita harus ingat kalau Guardiola, dengan gaya bermainnya itu, sejujurnya masih membutuhkan setidaknya satu bek sayap dan bek tengah yang ball-playing di kesebelasannya.

Pemain masuk: Gabriel Jesus (Palmeiras, £27m)

Pemain keluar: Bismark Adjei-Boateng (Colorado Rapids, £490,000); Ian Lawlor (Doncaster, £40,000); George Glendon (Fleetwood Town, free); Pablo Maffeo (Girona, pinjaman); Angelino (Girona, pinjaman); Manu García (NAC Breda, pinjaman); Bruno Zuculini (Hellas Verona, pinjaman); Billy O’Brien (St Mirren, pinjaman); David Faupala (Chesterfield, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: C-

Sebelum Anda melanjutkan membaca, Anda bisa baca juga beberapa tulisan terkait berikut ini:

Transfer Sepakbola Seperti Acara Gosip

Setiap Hari adalah April Mop di Sepakbola

Cara Mengetahui Kebohongan Media Terkait Rumor Transfer

6 Langkah Terjadinya Transfer Pemain Sepakbola

Hal Apa Saja yang Dipertimbangkan Pemain untuk Menyetujui Kontrak?

Basa-basi Tes Medis di Tenggat Bursa Transfer

Tips Mendekati Perempuan Idaman Anda dari Proses Transfer Pemain

Manchester United

“Tidak ada [pemain] yang masuk dan tidak ada [pemain] yang keluar,” kata José Mourinho pada deadline day. Ia kembali berhasil menyelesaikan semua urusan transfernya sebelum tenggat waktu. Tepatnya, ia tidak mendatangkan satu pemain pun meskipun sempat dihubung-hubungkan dengan banyak pemain. Sebaliknya, Schneiderlin dan Memphis Depay justru berhasil ia jual. Sejujurnya, patut disayangkan United bisa sampai kehilangan kedua pemain ini. Bisnis mereka sebenarnya bisa dinilai D karena tidak mendatangkan satupun pemain, tapi mengingat dua pemain berhasil dijual dengan harga mahal, Mourinho berhasil mendapatkan dana surplus sebesar 35,3 juta paun di musim dingin ini. Mereka juga bisa saja kehilangan Ashley Young atau Wayne Rooney (atau yang lainnya) ke Tiongkok karena deadline di Tiongkok masih akhir bulan Februari ini.

Pemain masuk: Joel Castro Pereira (Belenenses, kembali dari pinjaman)

Pemain keluar: Morgan Schneiderlin (Everton, £20m); Memphis Depay (Lyon, £14.8m); Sean Goss (Queens Park Rangers, £500,000); Sam Johnstone (Aston Villa, pinjaman); Joe Riley (Sheffield United, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: C-

Middlesbrough

Sempat mengincar Snodgrass, Jesé, dan Bojan Krkic, Aitor Karanka malah tidak berhasil mendatangkan ketiganya. Tapi ia berhasil mendatangkan dua penyerang (Rudy Gestede dan Patrick Bamford), satu gelandang (Adlène Guedioura), dan satu pemain sayap (Mikael Soisalo) sampai deadline day; berhasil mempertahankan Gastón Ramírez dan membuang surplus penyerang dalam diri David Nugent; bisnis yang cukup baik bagi Karanka.

Pemain masuk: Rudy Gestede (Aston Villa, £6m); Patrick Bamford (Chelsea, £6m); Adlène Guedioura (Watford, £4m); Mikael Soisalo (Ilves Tampere, £170,000)

Pemain keluar: David Nugent (Derby, £2.5m); Emilio Nsue (Birmingham, £1m); Arnel Jakupovic (Empoli, £860,000); Jonny Burn (Bristol Rovers, £60,000); Bryn Morris (Shrewsbury, gratis); Mark Kitching (Rochdale, undisclosed); Julien De Sart (Derby, pinjaman); Tomás Mejías (Rayo Vallecano, pinjaman); Carlos de Pena (Real Oviedo, pinjaman); Callum Cooke (Crewe, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: B+

Southampton

Kehilangan Graziano Pellè di awal musim langsung bisa ditutupi oleh penampilan gemilang Charlie Austin. Tapi sejak Austin cedera bahu, kesebelasan Claude Puel terlihat kesulitan di depan gawang. Untuk itulah ia mendatangkan Manolo Gabbiadini dari Napoli. Sementara di lini belakang, penampilan gemilang Maya Yoshida seolah bisa menutupi kepergian José Fonte ke West Ham. Tapi kesuksesan transfer Puel bukan pemain baru mereka, melainkan pemain yang berhasil ia pertahankan. Pemain tersebut adalah properti panas di jendela transfer musim dingin: Virgil van Dijk.

Pemain masuk: Manolo Gabbiadini (Napoli, £14m); Mouez Hassen (Nice, pinjaman)

Pemain keluar: José Fonte (West Ham, £8m); Jason McCarthy (Walsall, pinjaman); Dominic Gape (Wycombe, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: B-

Stoke City

Stoke City menandakan jendela transfer musim dingin dengan berhasil mendatangkan Saido Berahino dari West Brom. Mark Hughes berharap bahwa penyerang Inggris tersebut bisa menemukan penampilan terbaiknya kembali di Stoke. Penjaga gawang Lee Grant juga berhasil mereka permanenkan. Kepergian Bojan sebagai pemain pinjaman menjadi satu-satunya kepergian yang mungkin saja membuat The Potters menyesal.

Pemain masuk: Saido Berahino (West Brom, £12m); Lee Grant (Derby County, £1.3m)

Pemain keluar: Jakob Haugaard (Wigan Athletic, pinjaman); Ryan Sweeney (Bristol Rovers, pinjaman); Ollie Shenton (Wrexham, pinjaman); Joel Taylor (Rochdale, pinjaman); Dionatan Teixeira (dilepas); Moha El Ouriachi (Heart of Midlothian, pinjaman); Bojan Krkic (Mainz, pinjaman); Sergio Molina (Albacete, undisclosed); George Waring (Carlisle, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: B

Sunderland

David Moyes menghabiskan jendela transfer musim dinginnya dengan mendatangkan bekas pemain-pemain Everton dan Manchester United. Tengok saja nama-nama ini: Bryan Oviedo, Darron Gibson, dan Joleon Lescott; yang datang menyusul Jack Rodwell, Steven Pienaar, dan Victor Anichebe sebagai bekas pemain Everton; serta John O’Shea, Donald Love, dan Adnan Januzaj sebagai bekas pemain United (Januzaj masih berstatus sebagai pemain United). Kita bahkan bisa membuat susunan sebelas pemain bekas Everton dan United di Everton saat ini, kecuali pada posisi penjaga gawang (kenapa kamu tidak mendatangkan penjaga gawang eks Everton atau United, David?). Kepergian Van Aanholt sebaiknya tidak terlalu diratapi oleh Moyes meskipun ia berhasil mendatangkan Oviedo. Namun, Moyes patut lega karena ia berhasil mempertahankan Jermaine Defoe.

Pemain masuk: Bryan Oviedo (Everton, £5m); Darron Gibson (Everton, £2.5m); Joleon Lescott (tidak memiliki kesebelasan, gratis)

Pemain keluar: Patrick van Aanholt (Crystal Palace, £10.2m); Andrew Nelson (Hartlepool, pinjaman); Tom Beadling (Bury, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: C+

Swansea City

Paul Clement berhasil melewati jendela transfer musim dingin dengan baik. Ia mendatangkan Tom Carroll yang langsung nyetel di debutnya, begitu juga dengan Luciano Narsingh. Martin Olsson ia datangkan sebagai upgrade di posisi bek kiri. Kemudian setelah kehilangan André Ayew ke West Ham di musim panas, Swansea berhasil mendatangkan Ayew yang lain di musim dingin, yaitu Jordan Ayew. Jika ada satu yang kurang, itu adalah salah satu pekerjaan rumah utama Swansea dalam mencari pengganti kapten mereka yang pergi, Ashley Williams, di awal musim ini. Ternyata mereka belum berhasil mengerjakan PR mereka tersebut sampai musim dingin.

Pemain masuk: Tom Carroll (Tottenham Hotspur, £5m); Luciano Narsingh (PSV Eindhoven, £4m); Martin Olsson (Norwich City, £4m); Jordan Ayew (Aston Villa, £5m plus Neil Taylor)

Pemain keluar: Marvin Emnes (Blackburn, pinjaman); Neil Taylor (Aston Villa, kesepakatan penukaran); Modou Barrow (Leeds United, pinjaman); Ryan Hedges (Barnsley, undisclosed); Owain Jones (Yeovil Town, pinjaman)

Nilai transfer musim dingin keseluruhan: A-

Tottenham Hotspur

Komentar